by

Modifikasi Motor Kece Nggak Bikin Kere, Mulai Dari 5 Komponen Ini Sob!

Haloo sobat Moladiners. Jinny mau nanya sob, kira-kira diantara kalian lebih suka motor dibiarin standar pabrikan atau motor yang tampilannya beda dengan yang lain? Ya, sebagian besar anak muda udah pasti pengen tampilan motor kesayangannya terlihat beda dari pada yang lain, entah itu hanya menambahkan beberapa aksesoris, stiker dll. Nah, di artikel kali ini, Jinny mau sharing tips modifikasi motor dengan 5 komponen simpel yang nggak bakal bikin kantong bolong.

Tentunya saat ini udah banyak banget rupa-rupa parts modifikasi yang beredar dipasaran, mulai dari parts yang bergenre touring, harian maupun racing. Nah, terkadang dari sini lah awal aliran modifikasi apakah yang bakal dijadikan “kiblat” dan bikin bingung parts mana kah yang lebih dulu harus dibeli. Oleh karena itu, sebelum kalian memulai modifikasi motor, kalian harus menentukan kiblat-nya terlebih dahulu. Seringkali tindakan yang asal modif dan pasang parts aftermarket malah bikin tampilan motor jadi makin aneh dan malah terkesan alay. Dengan 5 parts di bawah ini bisa kalian jadikan inspirasi memulai modifikasi motor kesayangan, simak sob!

1. Ganti Knalpot

modifikasi motor
Yamaha Nmax Modifikasi Knalpot Aftermarket

Yup, knalpot merupakan komponen pertama kali bisa bikin motor kalian terlihat berbeda. Tapi jangan salah faham dulu ya sob, ubahan pada komponen ini nggak harus membuat suara knalpot motor kalian jadi bising ala knalpot racing. Bisa saja kalian mengubah knalpot pabrikan dengan comot knalpot standar milik motor lain. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pun ngga bakal terlalu berisik banget, sob. Memilih knalpot aftermarket bisa dijadikan alternatif, selain motor terlihat lebih sporty, performa motor pun bisa meningkat dengan penyesuaian settingan motor.

2. Handle / Lever

Modifikasi Motor Harian
Modifikasi Motor Harian Menggunakan Handle Rem, Handgrip Dan Spion Aftermarket.

Yang kedua, part satu ini memiliki banyak nama, brosis. Handel rem / kopling, tuas rem / kopling, brake lever atau pun clucth lever, semuanya sama kok. Handel ini nggak cuma bikin motor kalian terlihat beda sob, tapi juga memberikan feeling berkendara yang berbeda. Sebab, dari sekian banyak brake lever aftermarket yang tersebar dipasaran, tuas rem jenis ini memiliki media kontak terhadap jari yang lebih besar dibanding milik pabrikan. Asiknya lagi, handle / lever aftermarket ini memiliki warna yang bervariatif, jadi kalian bisa memilih warna senada dengan bodi motor.

3. Modifikasi Motor Dengan Spion Aftermarket

Ada beberapa jenis dan model untuk parts satu ini sob, salah satunya model spion tomok. Model spion seperti ini biasanya memiliki material bahan dari alumunium yang dibentuk dengan mesin CNC dan kualitasnya pun beragam. Pilih spion variasi dengan kualitas dan visibilitas yang baik, sebab parts ini mempengaruhi faktor keamanan saat berkendara di jalan raya. Maka dari itu, Jinny harap jangan sampai berkompromi dengan part satu ini, pilih spion aftermarket yang benar-benar berkualitas, ya.

4. Handgrip + Bar End

Untuk parts modifikasi motor satu ini, tak sedikit yang dijual sepaket berupa handgrip dan bar end (jalu stang) sekaligus. Handgrip atau selongsong gas ini banyak dijual di toko sparepart dan aksesoris, mulai dari merk terkenal maupun buatan lokal. Pilihan warna dan motif yang beragam mampu mendongkrak level kegantengan motor kalian, tinggal menyesuaikan warna yang kalian minati, brosis. Selain fungsi handgrip & jalu stang ini bisa bikin motor terlihat lebih eye-cacthing, kedua komponen ini membuat pengalaman berkendara kalian makin nyaman loh, guys. Tentu saja, sebab motif dan material handgrip ini bikin tangan nggak licin. Sedangkan bar end atau jalu stang ini berfungsi sebagai penyeimbang bobot stang dan menyerap getaran dari mesin maupun jalanan.

5. Sokbreaker Model Tabung

Modifikasi sokbreker
Sokbreaker Model Tabung Bawaan Yamaha Aerox, Alternatif Sokbreker Aftermarket

Nah yang terakhir, biar kenyamanan dan tampilan motor makin maksimal, nggak ada salahnya jika kalian mencoba melakukan ubahan pada bagian ini. Kebanyakan bikers lebih memilih mengganti sok belakang motor kesayangannya dengan model tabung, dengan begitu sektor kaki-kaki terlihat jauh lebih kekar, sob. Tak hanya itu, beragam fitur yang ditawarkan sokbreker aftermarket mampu meningkatkan performa handling motor kalian. Biasanya, sokbreaker non-pabrikan memiliki fitur setelan rebound atau pre-load, bahkan ada pula yang memiliki keduanya. Namun pastikan sokbreaker yang akan kalian beli memiliki kualitas yang bagus, ya brosis.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terbaru