5 Penyebab Keracunan AC Mobil Yang Patut Diketahui, Jangan Anggap Remeh!

by Firdaus Ali
Harga Suzuki Karimun bekas

Berikut kami ulas mengenai 5 penyebab keracunan AC mobil yang patut diketahui. Bukan tanpa alasan, dibeberapa kasus, keracunan AC bisa mengakibatkan korban jiwa.

AC di mobil merupakan salah satu komponen penting yang hampir selalu digunakan oleh pemilik mobil saat melakukan perjalanan. Fungsinya adalah untuk mendinginkan kabin interior dari udara panas serta mendukung kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Meski begitu, AC mobil juga bisa menjadi momok menakutkan jika tidak dirawat dengan baik. Bahkan, efek terburuk dari AC mobil adalah bisa mengakibatkan keracunan pada yang menghirupnya. Berikut 5 penyebab keracunan AC mobil:

1. Filter AC kotor 

Penyebab keracunan AC mobil yang pertama adalah filter AC yang kotor. Sebagaimana diketahui folter AC merupakan komponen AC yang berfungsi menyaring udara sebelum udara dialirkan ke bagian kabin. Filter AC yang kotor dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, bakteri dan mikroorganisme lainnya sehingga dapat memicu terjadinya alergi, infeksi saluran pernapasan dan keracunan pada pengemudi dan penumpang yang menghirupnya.

2. Kebocoran freon

Kebocoran freon juga bisa menjadi salah satu penyebab keracunan AC mobil. Freon merupakan material atau zat pendingin pada sistem AC mobil, apabila freon mengalami kebocoran maka udara di dalam kabin mobil akan tercemar dan dapat menimbulkan gejala keracunan seperti sakit kepala, pusing hingga masalah pernapasan.

Baca juga  Perbedaan AC Single dan Double Blower di Mobil

3. Polusi udara dari luar yang masuk ke dalam kabin mobil 

Ketika pengemudi membuka jendela mobil dalam jangka waktu yang cukup lama, maka potensi polusi udara dari luar dapat masuk ke kabin mobil dan mengkontaminasi udara di kabin mobil.

Imbasnya, polusi udara dari luar tersebut dapat menyebabkan keracunan apabila bercampur dengan udara yang dikeluarkan oleh AC. Sebab polusi udara biasanya mengandung debu, kotoran, dan berbagai zat polutan yang dapat menyebabkan alergi dan infeksi saluran pernapasan.

4. Bahan kimia dari produk interior mobil

Penyebab keracunan AC mobil selanjutnya juga bisa disebabkan oleh bahan kimia dari produk interior mobil seperti pengharum mobil.

Memang tidak semua, namun ada beberapa pengharum mobil mengandung bahan karsinogen berupa formaldehid dan phthalate, serta pembersih interior. Nah jika zat tersebut terkontaminasi dengan udara dari sistem AC maka bisa berakibat kurang bagus untuk pernafasan dan kesehatan.

5. Kebocoran gas buang pada mesin

Mesin yang mengalami kebocoran pada sistem gas buang juga dapat menyebabkan pengemudi dan penumpang mengalami keracunan AC mobil. Sebab kebocoran tersebut dapat masuk melalui sistem ventilasi AC mobil.

Baca juga  5 Rekomendasi Tempat Service AC Mobil Jakarta dan Sekitarnya

Sebagaimana diketahui, gas buang dari mesin mobil banyak mengandung nitrogen dioksida dan karbon monoksida yang dapat memicu seseorang terkena alergi, infeksi saluran pernapasan, hingga keracunan yang serius.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika