Wednesday, February 8, 2023
Banner

6 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil, Dijamin Ampuh!

by Deni Ferlindungan

Buat para perokok yang hobi mengemudi, sebaiknya mengetahui cara menghilangkan bau rokok di mobil. Tujuannya tentu menjaga kualitas udara di dalam kabin tetap dalam kondisi terbaik.

Seperti diketahui, sering merokok di dalam mobil mengakibatkan timbulnya bau yang tidak sedap di dalam kabin. Ketika hal ini terjadi, biasanya menyebabkan pengemudi maupun penumpang jadi tidak nyaman ketika berkendara. Pasalnya asap rokok memiliki aroma yang kuat, dan biasanya membekas. Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengetahui cara menghilangkan bau rokok di kabin mobil secara tepat. 

Harapannya dengan mengetahui tips ini, kamu bisa mengembalikan udara di dalam kabin kembali normal dan segar.

1. Bukalah Kaca Sambil Mobil Berjalan

Cara menghilangkan bau rokok di mobil

Berikut cara menghilangkan baru rokok di mobil paling simpel

Membahas mengenai cara menghilangkan bau rokok di mobil, paling mudah dilakukan dengan membuka kaca ketika berkendara. Langkah ini dianggap cukup ampuh untuk mengurangi aroma rokok yang ada di dalam kabin.

Dengan membuka kaca, setidaknya dapat menurunkan aroma kuat rokok yang ada di dalam mobil. Udara di kabin otomatis akan berganti dengan udara baru, dengan begitu aroma rokok bisa keluar terbawa angin. Namun ketika berkendara, kalian juga tak perlu membuka kaca terlalu lama. Biasanya hanya dalam waktu 5 hingga 10 menit.

Saat kamu membuka kaca, pastikan juga kondisi lalu lintas tidak terlalu ramai. Karena jika dalam kondisi macet, justru asap dari kendaraan lain yang masuk ke dalam kabin yang justru menghadirkan bau tidak sedap lainnya.

2. Pakai Semprotan Penghilang Bau Rokok dengan Bahan Aktif

Ilustrasi cara menghilangkan bau rokok di mobil

Ilustrasi cara menghilangkan bau rokok di mobil

Tips menghilangkan bau rokok di kabin mobil berikutnya adalah pakai semprotan berbahan aktif khusus. Di beberapa situs jual beli online, banyak yang menjual merek seperti X-MOS dan HazeOdor.

Baca juga  6 Cara Mengatasi Mobil Mati di Tanjakan, Rem Tangan!

Ambil contoh, X-MOS dengan kandungan bahan Zinc Rinoleate yang diklaim bisa menetralkan aroma bau mengganggu termasuk bau rokok. Menariknya lagi, ada tambahan aroma wangi sehingga menjadikan kabin lebih segar. Ada pula merek lain seperti HazeOdor Eliminator yang fungsinya kurang lebih sama dengan X-MOS.

Cara pakai penghilang bau rokok ini cukup menyemprotkannya ke dalam kabin mobil secara merata. Kemudian diamkan sekitar 10 menit dengan kondisi AC mobil menyala. Setelahnya, bau rokok akan hilang berganti dengan harum pewangi.

Tertarik coba? Harga X-Mox dan HazeOdor Eliminator sebagai parfum penghilang bau rokok di kabin mobil ini mulai Rp 50 ribuan.

3. Gunakan Bahan Alami Seperti Kopi, Kayu Manis, Vanilla, hingga Baking Soda

Aroma rokok yang melekat di kabin tentunya menurunkan kenyamanan ketika berkendara

Aroma rokok yang melekat di kabin tentunya menurunkan kenyamanan ketika berkendara

Ketika kedua cara menghilangkan bau rokok di mobil di atas kurang ampuh. Kamu bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami yang dapat dtemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari

Setidaknya ada empat bahan alami yang mampu menghilangkan bau rokok di dalam mobil. Seperti bubuk kopi, bubuk kayu manis, bubuk vanilla, dan baking soda. Keempatnya dianggap bisa menyerap bau rokok, sekaligus mengharumkan interior mobil.

Masing-masing bahan tersebut bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Contohnya kalau kamu suka aroma kopi, maka pakailah bubuk kopi untuk menghilangkan bau rokok di kabin mobil. Cara pakainya bisa dengan taburkan bubuk kopi ke sejumlah bagian seperti bawah karpet dan jok. Lalu diamkan satu malam.

Setelahnya, bubuk kopi yang bereserakan di mobil, bisa kamu bersihkan pakai vacuum cleaner. Dijamin bau rokok akan hilang dan berganti jadi aroma kopi. Hal serupa juga bisa kamu terapkan dengan baking soda.

Baca juga  7 Penyebab Persneling Mobil Tidak Bisa Masuk Gigi, Cek Segera!

Pakai Bubuk Kayu Manis

Selain itu, kalian bisa menggunakan bubuk kayu manis yang memiliki aroma kuat dan mampu membuat kabin jadi wangi. Cara penggunaannya, kamu bisa mencampurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel.

Aduk hingga merata, dan letakkan di wadah seperti bekas kaleng permen yang memiliki penutup. Setelah itu, bagian atasnya kamu bisa lubangi sebagai jalan udara dan letakkan di salah satu sudut kabin. Dijamin aroma rokok akan hilang dan berganti dengan kayu manis.

Penggunaan Vanilla

Sedangkan jika kamu menggunakan bubuk vanilla, rasa bisa jadi solusi. Karena vanilla memiliki aroma yang kuat dan mampu menyerap bau tidak sedap dan membuat kabin jadi terasa wangi.

Penggunaannya pun mudah, kamu cukup membungkus bubuk vanilla dengan kain tipis. Lalu kain tipis tersebut letakkan di bawah kursi atau di sudut kabin yang aman.

4. Bersihkan Interior Secara Menyeluruh

Langkah tepat menghilangkan bau rokok di mobil

Langkah tepat menghilangkan bau rokok di mobil

Menyoal cara menghilangkan bau rokok di mobil selanjutnya, mungkin pemilik mobil bisa membersihkan kabin dengan vacuum cleaner hingga ke sela-sela terkecil. Terpenting untuk kalian bersihkan adalah bagian bawa karpet dan dekat tuas transmisi. Kedua bagian itu rentan sekali mengumpulkan abu, atau bekas bara rokok.

Selanjutnya kamu bisa lap interior mobil cairan pembersih, mulai dari kaca bagian depan, dasbor, jok, hingga langit-langit kabin. Banyak sekali cairan pembersih interior yang bisa dipakai, seperti STP Tuff Stuff. Umumnya cairan ini ketika disemprotkan memiliki bentuk foam. Adapun harganya bervariasi mulai Rp 70-80 ribuan per keleng tergantung ukuran dan merek. Kamu dapat membelinya di berbagai toko online.

Baca juga  Syarat, Lokasi, dan Jam Buka Samsat Drive Thru

Cara pakai cairan pembersih interior mobil ini sangat mudah, cukup semprotkan ke bagian yang mau dibersihkan misal langit-langit atau jok kain. Lalu diamkan beberapa saat, selanjutnya lap dengan kain hingga bersih. Di samping bisa interior jadi bersih, bau-bau rokok atau bau tidak sedap dijamin hilang dari kabin.

5. Serahkan ke Salon Mobil

Menghilangkan bau rokok di mobil? Bukan perkara sulit

Menghilangkan bau rokok di mobil? Bukan perkara sulit

Nah, cara menghilangkan bau rokok di mobil selanjutnya adalah serahkan ke ahlinya. Apalagi jika kalian tidak memiliki waktu untuk membersihkan secara mandiri. Segeralah bawa ke salon mobil terdekat.

Kamu tidak perlu repot atau mengeluarkan tenaga, cukup menyiapkan dana. Pengerjaannya pun cenderung cepat dan biasanya hasilnya optimal. Biasanya kamu bisa pilih paket pembersihan interior, termasuk fogging dengan tarif sekitar Rp 500 ribuan. Mahal memang, tapi dijamin interior kamu bersih dan bau asap rokok juga hilang!

6. Gunakan Air Purifier

cara menghilangkan bau rokok - air purifier

Air purifer merek Sharp untuk mobil, harganya Rp 1 jutaan

Cara menghilangkan aroma rokok di mobil yang terakhir bisa pakai air purifier. Saat ini banyak produk yang bisa dipakai untuk kabin mobil, modelnya ringkas, serta harganya tidak mahal.

Fungsi dari Air Purifier di mobil adalah menyaring dan membuang segala macam polutan yang ada di kabin. Ada dua macam polutan yang biasa ditemui di udara, yakni yang berbentuk partikel mikroskopis dan berbentuk gas.

Polutan yang berbentuk partikel mikroskopis misalnya debu, serbuk, spora jamur, virus, dan bakteri. Sedangkan polutan yang berupa gas misalnya bau dari cat, produk – produk pembersih, pestisida, bau gas, atau asap rokok. Nah semua itu bisa hilang, kalau kamu menggunakan air purifier di kabin mobil. Efeknya bukan cuma membuat udara kabin jadi lebih bersih, tapi juga bau-bau tidak sedap seperti bau rokok akan hilang.

Salah satu air purifer mobil adalah merek Sharp dengan banderol Rp 1 jutaan. Kemudian merek Philips bahkan dijual Rp 1,9 jutaan. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika