oleh

5 Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil yang Ampuh

Buat para perokok yang hobi mengemudi, sebaiknya mengetahui cara menghilangkan bau rokok di mobil. Tujuannya tentu menjaga kualitas udara di dalam kabin tetap dalam kondisi terbaik.

Seperti diketahui, sering merokok di dalam mobil mengakibatkan timbulnya bau yang tidak sedap di dalam kabin. Pasalnya asap rokok memiliki aroma yang kuat, dan biasanya membekas.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik kendaraan untuk mengetahui cara menghilangkan bau rokok di mobil secara tepat. Asap rokok biasanya menempel di sejumlah bagian, seperti jok, langit-langit mobil, setir dan sejumlah bagian lainnya di mobil.

Ketika hal ini terjadi, biasanya menyebabkan pengemudi maupun penumpang jadi tidak nyaman ketika berkendara. Belum lagi biasanya menyebabkan timbulnya berbagai bercak kuning hingga kehitaman di interior, dan buka tidak mungkin bara rokok dapat merusak interior seperti jok mobil dan bagian lainnya.

Bagi kamu yang ingin mengetahui cara menghilangkan bau rokok di mobil. Berikut ini Moladin akan memberikan solusinya dengan tepat.

Harapannya dengan mengetahui cara menghilangkan bau rokok di mobil. Kalian bisa mengembalikan udara di dalam kabin kembali normal.

1. Bukalah Kaca Mobil, Jadi Cara Menghilangkan Bau Rokok di Mobil

Cara menghilangkan bau rokok di mobil
Berikut cara menghilangkan baru rokok di mobil paling simpel

Membahas mengenai cara menghilangkan bau rokok di mobil, biasanya dilakukan dengan cara membuka kaca ketika berkendara. Langkah ini dianggap cukup ampuh untuk mengurangi aroma rokok yang ada di dalam kabin.

Baca juga  Kisaran Biaya Kursus Mengemudi Mobil, Mahal?

Dengan membuka kaca, setidaknya dapat menurunkan aroma kuat rokok yang ada di dalam mobil. Udara di dalam mobil akan berganti dengan udara baru, dengan begitu aroma rokok bisa keluar dari kabin terbawa angin.

Namun ketika berkendara, kalian juga tak perlu membuka kaca terlalu lama. Biasanya hanya dalam waktu 5 hingga 10 menit saja.

Saat kamu membuka kaca, pastika jika kondisi lalu lintas tidak terlalu ramai. Karena jika dalam kondisi macet, justru asap dari kendaraan lain yang masuk ke dalam kabin yang justru mengganggu pernapasan.

2. Pakai Pengharum Ruangan

Ilustrasi cara menghilangkan bau rokok di mobil
Ilustrasi cara menghilangkan bau rokok di mobil

Selanjutnya cara menghilangkan bau rokok di mobil mungkin kalian bisa menggunakan pengharum mobil. Sejatinya menggunakan pengharum, tentu biasa digunakan oleh pemilik kendaraan.

Kehadiran pengharum mobil, setidaknya mampu menghilangkan dan juga menetralisir bau yang tidak sedap akibat aroma rokok. Penggunaan pengharum sendiri bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan ketika berkendara.

3. Gunakan Bahan Alami

Aroma rokok yang melekat di kabin tentunya menurunkan kenyamanan ketika berkendara
Aroma rokok yang melekat di kabin tentunya menurunkan kenyamanan ketika berkendara

Ketika kedua cara menghilangkan bau rokok di mobil di atas kurang ampuh. Kamu bisa mencoba dengan menggunakan bahan alami yang dapat digunakan dengan mudah.

Setidaknya ada empat bahan alami yang mampu menghilangkan bau rokok di dalam mobil. Seperti bubuk kopi, bubuk kayu manis, bubuk vanilla dan baking soda.

Baca juga  Kenali Gejala Steering Rack Avanza Bermasalah

Masing-masing bahan tersebut memiliki keunggulan. Contohnya bubuk kopi, cara penggunaannya kamu cukup menaburkan bubuk kopi ke sejumlah bagian seperti di bawah karpet atau jok.

Selain itu, kalian bisa menggunakan bubuk kayu manis yang memiliki aroma kuat dan mampu membuat kabin jadi wangi. Cara penggunaannya, kamu bisa mencampurkan seperempat gelas bubuk kayu manis dengan setengah gelas cuka apel.

Aduk hingga merata, dan letakkan di wadah seperti bekas kaleng permen yang memiliki penutup. Setelah itu tutup bagian atas kamu bisa lubangi sebagai jalan udara dan letakkan di salah satu sudut kabin.

Sedangkan jika kamu menggunakan bubuk vanilla, rasa bisa jadi solusi. Karena vanilla memiliki aroma yang kuat dan mampu menyerap bau tidak sedap dan membuat kabin jadi terasa wangi.

Penggunaannya pun mudah, kamu cukup membungkus bubuk vanilla dengan kain tipis. Lalu kain tipis tersebut letakkan di bawah kursi atau di sudut kabin yang aman.

Terakhir bahan alami yang cukup jitu menghilangkan bau rokok di mobil adalah baking soda. Cara menggunakan bahan satu ini begitu mudah.

Kalian cukup menyiapkan sebuah kotak yang dilubangi atau hanya dengan menyebarnya pada kabin mobil. Setelah itu diamkan selama beberapa hari, lalu bersihkan.

Baca juga  Beda Spooring dan Balancing, Kapan Harus Dilakukan?

4. Bersihkan Interior Secara Menyeluruh

Langkah tepat menghilangkan bau rokok di mobil
Langkah tepat menghilangkan bau rokok di mobil

Menyoal cara menghilangkan bau rokok di mobil selanjutnya, mungkin pemilik mobil bisa membersihkan kabin dengan vacuum cleaner hingga ke sela-sela terkecil. Terpenting untuk kalian bersihkan adalah bagian bawa karpet dan dekat tuas transmisi.

Kedua bagian itu rentan sekali mengumpulkan abu, atau bekas bara rokok. Selanjutnya kamu bisa lap interior mobil cairan pembersih, mulai dari kaca bagian depan, dasbor, jok, hingga langit-langit kabin.

5. Serahkan ke Salon Mobil

Menghilangkan bau rokok di mobil? Bukan perkara sulit
Menghilangkan bau rokok di mobil? Bukan perkara sulit

Nah, cara menghilangkan bau rokok di mobil yang terakhir. Jika kalian tidak memiliki waktu untuk membersihkan secara mandiri. Mungkin bisa membawa mobil ke salon mobil.

Kamu tak perlu repot atau mengeluarkan tenaga, cukup menyiapkan dana. Pengerjaannya pun cenderung cepat dan biasanya hasilnya optimal.

Aroma rokok hilang, dan kabin jadi wangi, serta seluruh bagian mobil akan menjadi rapi dan bersih. Semoga informasi mengenai cara menghilangkan bau rokok di mobil ini bisa bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru