Friday, February 3, 2023
Banner

5 Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro, Layak Beli?

by Firdaus Ali
Kekurangan Chery Tiggo 8 Pro

Ada beberapa kelebihan Chery Tiggo 8 Pro yang menarik untuk dibahas. Beberapa diantaranya adalah performa mesin yang mumpuni, desain mirip mobil Eropa, dan fitur modern dibanding kompetitor.

Buat yang belum tahu, Chery Tiggo 8 Pro merupakan pemain baru di kelas SUV bongsor. Mobil merek Cina ini mempunyai tampilan eksterior yang elegan dan kabin besar khas 7-seater. Ketika orang awam baru pertama kali melihatnya, kemungkinan mereka tidak akan menebak bahwa mobil ini buatan Cina, karena desainnya Eropa banget.

Kemudian soal mesin juga jangan digarukan. Chery memberinya jantung mekanis 2.000 cc turbo yang performanya buas dan sukses mengalahkan para kompetitor. Lalu fitur keselamatannya juga lengkap, terintegrasi dengan advanced driver assistance system (ADAS).

Terkahir yang tidak kalah penting, keunggulan dari Tiggo 8 Pro adalah harga yang terjangkau. Nah, biar tidak penasaran dengan kelebihan lain Chery Tiggo 8 Pro. Mari kita simak ulasannya berikut ini:

1. Desain Khas SUV Eropa

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro

Seklias tampilan Chery Tiggo 8 Pro yang bongsor, mirip SUV Eropa

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro yang pertama adalah tampilan khas SUV Eropa. Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang 4.722 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.746 mm. Kemudian untuk wheelbasenya di angka 2.710 mm dan ground clearance 190 mm.

Bagian depannya menampilkan perpaduan yang apik. Desain honeycomb 3D pada grill dengan logo Chery di bagian tengahnya dipadukan dengan LED headlamp menyerupai eagle eyes. Semua itu selaras dengan bumper dan garis lekukan tegas menjadi daya tarik tersendiri.

Pada bagian belakangnya, Chery Tiggo 8 Pro memang tidak mengusung desain yang agresif. Namun justru terlihat ‘dewasa’ menyelaraskan tampilan depannya. Meski tidak heboh, bagian belakang Tiggo 8 Pro memunculkan aura sporty dengan adanya 4 lubang knalpot.

Baca juga  Kia Sonet Masuk Indonesia, Harga Rp 200 Jutaan?

Untuk mendukung penampilannya, Tiggo 8 Pro menggunakan velg alloy berukuran 18 inch yang dibalut ban berprofil 235/55R18. Oh ya, yang juga jadi kelebihan dari Chery Tiggo 8 Pro adalah tampilan mesinnya rapi tertutup kover. Jadi ketika kap mesin dibuka, terkesan sekali bahwa ini mobil dengan aura mewah.

Ada lagi, Chery Tiggo 8 Pro juga mempunyai teknologi Intelligent Key Connection. Dimana pemilik selain bisa membuka dan mengunci pintu mobil, juga bisa membuka pintu bagasi hanya dengan menggunakan remote. Menarik bukan?

2. Performa Mesin Mumpuni Buas

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro

Mesin Tiggo 8 Pro

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro yang pertama adalah dari sisi jantung pacunya yang buas. Mobil SUV ini menyematkan mesin bensin dengan kubikasi 2.0-liter turbo yang dikombinasikan dengan transmisi DCT 7-percepatan. Di atas kertas mampu melontarkan torsi puncak hingga 400 Nm dan tenaga maksimal 250 hp.

Performa Chery Tiggo 8 Pro ini lebih baik dibanding beberapa rivalnya seperti Hyundai Santa Fe dan Mazda CX-8. Tidak percaya? Cek saja mesin Santa Fe bensin yang pakai kubikasi 2.500 cc, cuma bisa melontarkan torsi 232 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga 180 PS pada 6.000 rpm. Kemudian mesin Mazda CX-8 dengan kapasitas 2.500 cc, hanya mampu menggelontorkan torsi 252 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 190 PS pada 6.000 rpm.

Kalau mesin Chery Tiggo 8 Pro dibandingkan dengan Toyota Fortuner 2.7 Liter, SUV Cina ini juga masih unggul dalam hal performa. Pasalnya Fortuner bensin cuma bisa mengeluarkan torsi 242 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 164 PS pada 3.400 rpm.

Baca juga  Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Dirilis Resmi untuk Pasar Indonesia

Beberapa waktu lalu kami juga mendapat kesempatan untuk menguji kelebihan Chery Tiggo 8 Pro dalam sesi test drive. Benar saja, tarikan mobil SUV ini terasa responsif. Kemudian untuk mencapai kecepatan 100 km/jam juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Klaim Chery, Tiggo 8 Pro mampu berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,3 detik. Lalu bicara konsumsi BBM SUV Cina ini tembus 13 km/liter.

“Sesuai hasil uji pada proses homologasi, Tiggo 8 Pro memiliki tingkat konsumsi bahan bakar minyak sampai 13 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan,” seperti dikutip dalam rilis resmi Chery Indonesia.

3. Kabin Interior Mewah

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro

Interior Tiggo 8 Pro mewah

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro selanjutnya ada di kabin interior yang mewah. Dimana pada bagian jok, dashboard dan doortrim terlihat mewah berkat warna beige dan menggunakan material kulit yang berkualitas.

Dibagian tengah dashboard, terdapat headunit touchscreen berukuran 10,25 inchi yang berfungsi untuk pengaturan audio, kamera 360 derajat dan kamera parkir, serta bisa mirror link yang mempermudah untuk terkoneksi dengan smartphone.

Sementara itu, untuk cluster meter juga sudah digital dengan ukuran 12,3 inchi. Tampilan dari cluster meternya menarik, warnanya bisa berubah menyesuaikan mode berkendara yang dipilih, serta bisa menampilkan beberapa informasi kendaraan.

Selanjutnya, untuk pengaturan AC sudah menggunakan digital dengan layar touchscreen yang posisinya berada di bawah headunit. Satu lagi, di bawah pengaturan AC touchscreen itu terdapat wireless charging yang tentunya akan memudahkan mengisi daya gawai.

Baca juga  Spy Shots Hyundai Santa Fe 2024, Mirip Land Rover!

Untuk mendukung kenyamanan dan memanjakan penumpang, Chery Tiggo 8 Pro dilengkapi dengan pengaturan jok elektrik serta terdapat 8 speaker premium merek Sony. Oh ya, Tiggo 8 Pro juga terpasang panoramic sunroof yang ukurannya besar, sehingga kabin terlihat lebih lega dan mewah.

3. Fitur Keselamatan Lengkap

Kelebihan Chery Tiggo 8 Pro

Fitur Tiggo 8 Pro lengkap

Selanjutnya, kelebihan Chery Tiggo 8 Pro adalah fitur keselamatan yang tergolong lengkap. Dimana mobil buatan Cina ini terdapat fitur ADAS (Advanced Driver Assistance System) yang mencakup fitur E-PB + Auto Hold, Brake Priority & Brake Force Control System, Traction Control System, Hill Assist Control, Hill Decent Control, dan Adaptive Cruise Control.

Ada pula fitur Tire Pressure Monitoring System, 360 HD Panoramic Image, Reverse image (w/dynamic auxiliary line+Reversing radar), Lane Departure Warning, Forward Collision Warning, serta fitur-fitur canggih lainnya.

4. Harga Kompetitif

mobil chery - tiggo 8 pro

Tiggo 8 Pro punya harga kompetitif

Membahas kelebihan Chery Tiggo 8 Pro tentu kurang afdhol jika tidak mengulas harganya. Yup, Chery Tiggo 8 Pro dijual dengan harga Rp 518,5 juta untuk varian Luxury dan Rp 548,5 juta untuk varian Premium.

Disebut lebih kompetitif dari para rivalnya karena memang harga Chery Tiggo 8 Pro lebih murah. Cek saja harga Hyundai Santa Fe bensin mulai Rp 569 juta, bahkan varian tertinggi yang punya fitur selengkap Tiggo 8 Pro dibanderol Rp 678 juta. Kemudian Mazda CX-8 yang dijual Rp 795,5 juta. Kalau pembandingnya adalah Toyota Fortuner yang harganya Rp 588,65 juta, SUV Cina tersebut juga masih lebih murah.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa kelabihan Chery Tiggo 8 Pro. Kamu tertarik membeli? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Chery Tiggo 8 Pro, Fortuner Kalah Mewah!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika