Kamis, Mei 30, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

4 Kelebihan Seres E1 Dibanding Wuling Air EV, Yakin Beli!

by Tigor Sihombing
Seres E1 Type L vs Type B

Kali ini Moladin akan membahas soal kelebihan Seres E1 yang diperkenalkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2023 (PEVS 2023) pada 17 Mei 2023. Di Indonesia sendiri, SERES adalah brand baru saudara DFSK yang akan berfokus pada kendaraan listrik.

Seres Group nantinya akan membawahi inti baterai, motor elektrik, dan controller berikut dengan research and development (R&D), manufacturing, penjualan, hingga layanan purna jual. Hanya saja untuk jaringan penjualan dan bengkel akan menebeng kepunyaan DFSK.

“Kata Seres diadopsi dari Bahasa Yunani yang memiliki makna negara Sutra, melambangkan Timur, dan memiliki arti kelas atas. Ini berarti SERES akan membuka ‘Jalan Sutera’ dengan produk kelas atas, keterbukaan, dan menuju perusahaan bertaraf global,” kata Chief Operating Officer PT Sokonindo Automobile, Franz Wang, 17 May 2023 di JIExpo Kemayoran Jakarta.

Sedangkan Seres E1 adalah produk mobil listrik pertama dari Seres Group di Indonesia. Model ini akan dipasarkan pada pertengahan 2023 dan diproduksi di Tanah Air. Walau demikian, Seres seungguhnya merek global yang sudah lebih dahulu dipasarkan di beberapa negara di Eropa, Amerika, serta Cina.

Kalau di Indonesia sendiri, Seres E1 nantinya bersaing dengan Wuling Air EV. Lalu mana yang sebaiknya dibeli? Oleh karena itulah kami bahas mengenai kelebihan Seres E1 dibanding Wuling Air EV. Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga  Jokowi Undang Elon Musk ke Indonesia, Bikin Mobil Listrik Lokal?

1. Ekterior Sudah Ada Roof Rail

kelebihan Seres E1

DFSK Seres E1, mobil listrik murah

Kelebihan Seres E1 dibanding Wuling Air EV adalah adanya roof rail. Fitur ini membuat mobil listrik mungil tersebut jadi lebih gagah. Sejatinya, roof rail juga bisa menambah kapasitas bagasi di atap dengan cara meletakan roof rack dan roof box. Hanya saja belum jelas, apakah roof rail milik Seres E1 kuat untuk dudukan menaruh barang.

Secara desain, tampilan eksterior Seres E1 cukup imut. Di atas kertas punya panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, serta jarak sumbu roda 1.960 mm. Kemudian untuk sistem pencahayaan depan sudah pakai LED.

Spesifikasi lengkap dari mobil listrik ini memang belum diumumkan secara gamblang. Walau begitu, sumber Moladin membeberkan bahwa tersedia empat pilihan warna: elegant white, mist rose, fairy green, dan oxygen blue.

2. Ukuran Velg Lebih Besar

kelebihan seres e1 - velg besar 13 inch

Seres E1 pakai velg 13 inch

Kelebihan Seres E1 selanjutnya ada di ukuran velg 13 inch dengan ban 145/60. Ini tentunya menjadikan tampilan mobil lebih gagah, sekaligus banyak opsi untuk melakukan penggantian velg dan ban versi aftermarket.  Velg Seres E1 juga sudah mengadopsi model alloy. Oleh karenanya, tampilan mobil listrik tersebut lebih modern.

Baca juga  Pesan Mobil Listrik Nissan Ariya Limited, Bayar Rp 6,5 Juta

Bandingkan dengan Wuling Air EV yang pakai velg 12 inch serta ban profil 145/70. Selain lebih kecil, pilihan ban aftermarket untuk ukuran tersebut juga lumayan sulit. Kemudian untuk velg-nya, Air EV masih pakai gaya kaleng atau steel velg.

3. Charger Type 2 yang umum digunakan mobil listrik

kelebihan Seres E1

Produksi mobil listrik Seres E1 dilakukan di Indonesia

Sebagai sumber tenaga, Seres E1 ini menggunakan baterai Lithium berkapasitas 16,8 kWh, lebih kecil dari Wuling Air EV tipe Standard Range yang berdaya 17,3 kWh. Meski begitu karena berkapasitas lebih kecil, daya pengisiannya jadi lebih cepat. DFSK mengklaim untuk kondisi pengisian dari 10% ke 90%, bisa sekitar 3 jam menggunakan charger berkekuatan 3,3 kWh.

Di samping itu, kelebihan Seres E1 sudah menggunakan jenis colokan Type 2 AC Charging. Di mana charger tersebut paling banyak digunakan oleh mobil listrik di Indonesia. Jadi untuk cas baterai mobil Seres ini, tidak perlu pakai konverter atau adaptor tambahan alias tinggal colok.

Wajar kalau kehadiran charger Type 2 AC di Seres 1 disebut sebagai keunggulan, lantaran kompetitornya yaitu Wuling Air EV masih pakai model Type GB/T. Di mana sangat jarang, mobil listrik lain yang menggunakan model tersebut alias tidak umum untuk Indonesia.

Baca juga  SUV Listrik Nissan, Inikah Juke Elektrik?

4. Harga Lebih Murah dari Wuling Air EV

kelebihan Seres E1

Interior baris kedua Seres E1

Meski belum diumumkan secara resmi, beberapa sumber menyebut harga mobil ini akan dipasrkan lebih murah dibanding Wuling Air EV. Wajar, karena memang kapasitas baterainya juga lebih kecil

Bocoran harga Seres E1 di Indonesia, kisarannya mulai Rp 190 juta (OTR Jakarta) untuk varian Standard. Sementara varian Luxury tembus Rp 230 juta (OTR Jakarta). 

Harga jadi kelebihan Seres E1, lantaran lebih itu lebih terjangkau dari Wuling Air EV. Di mana pabrikan lima berlian, menjual produknya mulai Rp 243 juta untuk varian Standard dan Rp 299,5 juta buat Long Range.

Demikian ulasan 4 kelebihan Seres E1. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika