Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Merek Mobil Listrik Seres Hadir di PEVS 2023, Produksi Cikande!

by Tigor Sihombing
DFSK Gelora E

Merek mobil listrik Seres resmi hadir Indonesia, bertepatan dengan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023. Sebenarnya Seres bukanlah merek baru, melainkan sudah eksis di Cina dan berbagai negara lain. Kehadirannya di Tanah Air, sesungguhnya merupakan bagian dari PT Sokonindo Automobile yang juga pemegang merek DFSK.

“Seres sudah tersedia di beberapa negara dan merupakan strategi global yang sudah sangat diterima,” kata Chief Operating
Officer PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Fokus Seres, menghadirkan kendaraan energi terbarukan dengan mengedepankan teknologi cerdas. Bisnis yang dijalankan berada di koridor kendaraan energi baru dengan inti baterai, motor listrik, dan controller, research and development (R&D), manufacturing, penjualan, hingga layanan purna jual. Hal ini sekaligus menjadikan Seres menjadi merek otomotif di Indonesia yang 100 persen menghadirkan kendaraan berbasis elektrifikasi.

Dalam rilis resmi yang kami terima, nama Seres sendiri berasal dari bahasa Yunani yang memiliki makna negara Sutra. Ini melambangkan Timur dan memiliki makna kelas atas. Dengan demikian, merek mobil listrik Seres akan membuka Jalan Sutera dengan produk kelas atas, keterbukaan, dan menuju perusahaan bertaraf global.

Baca juga  MAB Perkenalkan Double Cabin Listrik di PEVS 2023, Berapa Harganya?

Lantaran masih saudara dengan DFSK, maka merek mobil listrik Seres langsung punya jaringan yang luas di Indonesia. Dengan kata lain, seluruh diler dan bengkel DFSK juga siap melayani produk-produk dari Seres.

Istimewanya lagi, Seres pun langsung memproduksi kendaraannya secara lokal dengan memanfaatkan pabrik DFSK di Cikande, Banten. Mereka bahkan berjanji siap memajukan industri otomotif dalam negeri dengan mengekspor produk-produknya ke berbagai negara.

“Pabrik kami akan memproduksi mobil-mobil listrik Seres, tidak hanya untuk kebutuhan domestik tapi juga ekspor. Ini kontribusi kami untuk Indonesia,” tambah Franz Wang.

Seres E1 Jadi Produk Mobil Listrik Pertama

DFSK Seres E1

Seres E1 merupakan mobil listrik pesaing Wuling Air EV

Kehadiran merek mobil listrik Seres di Indonesia juga diikuti oleh pengenalan produknya yaitu Seres E1. Ini adalah mobil mungil yang bakal menjadi rival dari Wuling Air EV.

Saat ini Seres E1 belum dijual secara resmi di PEVS 2023. Walau demikian, para sales sudah mulai membuka pemesanan bila tertarik. Franz mengatakan, jika Seres E1 akan resmi dijual pada pertengahan 2023 ini, besar kemungkinan GIIAS 2023.

Baca juga  Mobil Listrik Seres E1 Raih 668 SPK di GIIAS 2023, Wuling Air EV Lebih Unggul!

Bicara spesifikasi mobil listrik Seres E1, punya dua kapasitas baterai: 13,8 Kwh (jarak tempuh 180 Km) dan 16,8 kWh (jarak tempuh 220 Km). Di mana untuk baterai tersebut, pakai teknologi lithium iron phosphate (IP67). Waktu casnya dari kondisi 10-90 persen cuma membutuhkan waktu 4,5 jam dengan charger AC 3,3 kW.

Baterai Seres E1 itu mampu memberikan tenaga ke motor elektrik yang ada di roda belakang mobil dengan performa torsi hingga 100 Nm dan tenaga 30 kW atau setara 40 hp. Sementara untuk kemampuan akselerasi 0-50 km/jam diklaim hanya membutuhkan waktu 5,1 detik.

Untuk harga Seres E1 memang belum diumumkan. Walau demikian, banyak sales membocorkan banderolnya mulai Rp 180-220 jutaan. Menarik bukan?

Demikian ulasan soal merek mobil Seres yang resmi hadir di Indonesia, bertepatang dengan ajang PEVS 2023. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika