Thursday, October 6, 2022

Spesifikasi DFSK Mini EV, Harganya Murah Banget!

by Firdaus Ali
Spesifikasi DFSK Mini EV

Spesifikasi DFSK Mini EV menarik untuk dibahas. Sebab mobil ini digadang-gadang akan bersaing ketat dengan Wuling Air EV yang sudah terlebih dahulu membeberkan spesifikasi dan harganya.

Perkembangan mobil listrik semakin pesat, bukan hanya di kancah global, namun juga di Indonesia. Beberapa pabrikan otomotif dunia khususnya dari Cina getol menawarkan mobil listrik untuk dipasarkan. Tak terkecuali Indonesia yang juga menjadi sasarannya.

Salah satu merek mobil Cina yaitu DFSK juga terus berusaha menghadirkan mobil listrik yang mampu memenuhi kebutuhan aktifitas masyarakat di Indonesia serta harga yang terjangkau. Nah, untuk menjaga eksistensinya, PT Sokonindo Automobile rencananya akan menghadirkan DFSK Mini EV.

Mobil listrik mungil dari DFSK ini memang sudah dipajang pada event Perikilindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Namun begitu, spesifikasi DFSK Mini EV masih disimpan rapat oleh manajemen DFSK Indonesia. Alhasil pengunjung event PEVS 2022 hanya bisa melihat tampilan eksteriornya saja.

Mobil listrik mungil ini digadang-gadang akan bersaing ketat dengan saudara senegaranya yaitu Wuling Air EV. Bahkan, beredar kabar bahwa harga jual DFSK Mini EV lebih ramah dikantong dari rivalnya yaitu Wuling Air EV.

DFSK Mini EV di Cina hadir dengan pilihan 6 varian. Yaitu Bubble Gum, Lollipop, Candy Floss, Slighty Sugar, Half Sugar, serta Whole Sugar. Nama-nama varian tersebut kami artikan dari Bahasa Cina ke Bahasa Inggris.

Adapun perbedaan yang signifikan dari varian tersebut adalah jarak tempuh maksimumnya. Yaitu mulai dari 120 km, 180 km dan 220 kilometer. Soal harga, jika dirupiahkan. DFSK Mini EV di Cina dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 88 juta hingga Rp 124 jutaan. Murah banget kan?

Baca juga  Prediksi MPV DFSK yang Cocok Masuk Indonesia (Bag. 1)

Nah, agar tidak penasaran, mari kita simak spesifikasi DFSK Mini EV yang sudah ditampilkan di laman resmi FengGuang atau afiliasi dari DFSK di Cina berikut ini:

Desain Eksterior DFSK Mini EV Imut

Spesifikasi DFSK Mini EV

Tampilan imut dan modern

Spesifikasi DFSK Mini EV yang pertama akan dibahas adalah dari sisi desain eksteriornya. Yup, seperti sudah diketahui bahwa mobil listrik mungil ini mempunyai tampilan yang imut.

Hal tersebut bisa dilihat dari dimensi, kombinasi grill dan headlamp serta pilihan warnanya. Soal dimensi, DFSK Mini EV mempunyai panjang 2.995 mm, lebar 1.4995 mm dan tinggi 1.640 mm.

Kemudian kombinasi desain grill dan headlamp terlihat simpel, begitu juga bagian belakangnya, simpel namun terlihat futuristik berkat kaca yang tergolong lebar serta tampilan bumper yang padat. Untuk menambah kesan imut mobil ini disematkan velg berukuran 12 inci serta penggunaan ban dengan profil 145/70.

Sayangnya, meski tampilan luarnya imut dan modern, lampu utamanya masih menggunakan halogen alias belum menerapkan jenis bohlam LED. Mungkin tujuan penggunaan lampu bohlam atau halogen untuk menghemat biaya produksi.

Yang menarik, DFSK Mini EV ditawarkan dalam beberapa pilihan warna pastel single tone dan dual tone. Untuk single tone tersedia warna putih gading, biru muda, pink dan hijau toska. Sementara untuk dual tone ada pilihan pink kombinasi putih gading, biru muda kombinasi hitam dan hijau toska kombinasi putih gading.

Tampilan Interior DFSK Mini EV Cerah dan Futuristik

Spesifikasi DFSK Mini EV

Interior DFSK Mini EV

Spesifikasi DFSK Mini EV berikutnya adalah bagian interior. Kabin dari mobil listrik mungil ini tampilannya menyesuaikan eksteriornya yang imut-imut.

Baca juga  5 Mobil Listrik di IIMS Hybrid 2021, Mau Beli?

Di mana warnanya didominasi kelir cerah yaitu putih gading. Warna tersebut terlihat apik dengan disematkannya warna abu-abu muda dibeberapa bagian, seperti doortrim dan setir.

Selain warna putih gading dengan warna abu-abu muda, ada pula warna kombinasi lain seperti merah muda, abu-abu dan putih gading. Jadi bisa dibilang warna interior menyelaraskan dari warna eksteriornya.

Di bagian tengahnya juga terdapat head unit touchscreen yang bisa beroperasi untuk kebutuhan entertainment serta informasi kendaraan. Selanjutnya, untuk cluster meter menggunakan layar LCD berukuran 7 inci. Menariknya, lubang ventilasi AC hadir dengan desain yang artistik.

Jarak Tempuh Baterai DFSK Mini EV Hingga 220 Kilometer

Spesifikasi DFSK Mini EV

DFSK Mini EV terlihat sedang uji jalan di BSD

Kemudian, spesifikasi DFSK Mini EV selanjutnya adalah dari sisi kapasitas baterainya. Yup, untuk varian tertingginya, mobil listrik asal Cina ini menggunakan baterai Lithium dengan kapasitas 16.8 kWh dengan jarak tempuh maksimal 220 kilometer.

Sementara untuk varian di bawahnya kapasitas baterainya 9.18 kWh dengan jarak tempuh 120 kilometer. Ada pula varian DFSK Mini EV dengan baterai dan 13.8 kWh yang jarak tempuhnya cuma 180 kilometer

Adapun waktu yang dibutuhkan untuk pengisian baterai dari 10% ke 90% membutuhkan waktu 7,5 jam. Kemudian untuk tansmisinya hanya menggunakan gigi otomatis serta ada pilihan berkendara Eco dan Sport.

Fitur DFSK Mini EV Jauh dari Kata Mewah

Spesifikasi DFSK Mini EV

Fitur cukup lengkap

Soal spesifikasi fitur dari DFSK Mini EV tergolong jauh dari kata mewah. Walau demikian, soal keselamatan cukup mumpuni dengan kehadiran Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Braking Distribution (EBD), Uphill Assist, Reversing Image, serta Event Data Logging System. Meski begitu, untuk fitur Airbag hanya tersedia 1 titik saja yaitu di bagian pengemudi.

Baca juga  Bawa Mobil Listrik di Tol Trans Jawa Kini Tak Perlu Khawatir

Untuk fitur hiburan, DFSK Mini EV hanya menyediakan 2 speaker. Itu pun untuk varian Whole Sugar, Half Sugar dan Slighty Sugar. Sisanya tidak mendapatkan akes hiburan. Semoga saja yang dijual di Tanah Air adalah versi terlengkapnya.

Kemudian untuk kenyamanan berkendara ada beberapa fitur, seperti mode eco dan sport. Kemudian Mini EV juga punya remote control, hingga cruise control.

Harga DFSK Mini EV Ramah di Kantong

Spesifikasi DFSK Mini EV

Harga DFSK Mini EV diprediksi lebih murah dibanding Wuling Air EV

Walau belum menjual secara resmi di Indonesia, namun kita bisa memprediksi kira-kira berapa harganya nanti saat masuk Tanah Air. Sejauh ini bila melihat di Cina, harga DFSK Mini EV tergolong ramah di kantong. Hal tersebut wajar, karena dari sisi kemampuan baterai dan fitur tidak terlalu istimewa.

Berikut kami beberkan harga DFSK Mini EV di Cina:

  • DFSK Mini EV Whole Sugar Rp 124 jutaan
  • DFSK Mini EV Half Sugar Rp 110 jutaan
  • DFSK Mini EV Slighty Sugar Rp 99 jutaan
  • DFSK Mini EV Candy Floss Rp 110 jutaan
  • DFSK Mini EV Lollipop Rp 101 jutaan
  • DFSK Mini EV Bubble Gum Rp 88 jutaan

Lalu apakah ketika masuk Indonesia nanti bakal semurah itu? Kemungkinan tidak, karena biasanya saat dijual di Tanah Air, harga mobil-mobil akan naik jauh. Bisa jadi DFSK Mini EV ini banderolnya tembus Rp 200 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi DFSK Mini EV yang ada di Cina. Apakah spesifikasi tersebut akan diterapkan di Indonesia?

Pantau terus Moladin.com untuk informasi menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika