Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Spesifikasi DFSK Seres E1 Produksi Lokal 2023, Rival Wuling Air EV!

by Firdaus Ali
Mobil listrik Seres E1

Spesifikasi DFSK Seres E1 resmi terungkap di GIIAS 2023. Mobil listrik ini punya  menarik untuk dibahas. Sebab, mobil listrik ini sudah resmi meluncur di Indonesia yang bertepatan dengan ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2023.

Bicara harga Seres E1, memang belum diumumkan secara resmi. Walau demikian, menurut para sales akan dijual mulai Rp 180 juta hingga Rp 250 juta dan sudah produksi lokal.

Kehadiran mobil mungil ini, sekaligus memperkenalkan brand baru dari DFSK yaitu Seres. Di mana Seres khusus untuk memasarkan produk-produk elektrifikasi dari PT Sokonindo Automobile.

“Kata SERES diadopsi dari Bahasa Yunani yang memiliki makna negara Sutra, melambangkan Timur, dan memiliki arti kelas atas. Ini berarti SERES akan membuka ‘Jalan Sutera’ dengan produk kelas atas, keterbukaan, dan menuju perusahaan bertaraf global,” ujar Chief Operating Officer PT Sokonindo Automobile, Franz Wang di PEVS 2023.

Mau tahu detail soal spesifikasi mobil listrik DFSK Seres E1 2023, baik dari sisi eksterior, interior, fitur, hingga performanya? Berikut bahasan lengkapnya:

Desain Eksterior DFSK Seres E1

spesifikasi dfsk seres e1 - eksterior tampak belakang

Seres E1 punya dimensi yang mirip Wuling Air EV

Spesifikasi DFSK Seres E1 2023 yang pertama kami bahas adalah dari sisi eksteriornya. Di atas kertas, punya dimensi panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm, serta jarak sumbu roda 1.960 mm. Sementara untuk ground clearance tembus 135 mm. Dengan kata lain, mobil listrik Seres E1 lebih panjang 35 mm dibanding versi konsepnya yaitu DFSK Mini EV.

Kemudian mobil listrik DFSK ini terlihat memiliki kombinasi desain grill dan headlamp terlihat sederhana, begitu juga bagian belakangnya. Aura futuristik keluar berkat kaca depan yang tergolong lebar serta tampilan bumper padat. Untuk menambah kesan imut mobil ini menggunakan velg alloy 13 inch dengan ukuran ban 145/60.

Baca juga  TMMIN Resmikan Pusat Belajar Mobil Listrik

Pelek yang dipakai Seres E1 tersebut lebih besar dibandingkan DFSK Mini EV. Pasalnya versi konsepnya ketika itu cuma pakai velg berukuran 12 inci serta penggunaan ban dengan profil 145/70. 

Lalu yang tidak kalah istimewa, ada lampu depan LED untuk pencahayaan. Hadir pula roof rail untuk memberi kesan gagah. Istimewa bukan?

Spesifikasi lengkap dari mobil mungil ini memang belum diumumkan secara gamblang. Walau begitu, sumber Moladin membeberkan bahwa akan tersedia empat pilihan warna eksterior untuk Seres E1 yaitu elegant white, mist rose, fairy green, dan oxygen blue.

Tampilan Interior DFSK Mini EV Cerah dan Futuristik

interior dfsk seres e1 - dashboard

Ada dua layar besar di interior DFSK Seres E1

Bahasan spesifikasi DFSK Seres E1 berikutnya adalah bagian interior. Kabin dari mobil listrik mungil ini sangat modern dengan kehadiran dua layar yaitu panel instrumen 7 inch dan head unit layar sentuh 8,8 inch. Ada pula tombol spion elektrik untuk memudahkan pengaturan.

Kemudian yang tidak kalah istimewa, jok pengemudi dan penumpang baris pertama sudah pakai ala bucket seat dengan ventilasi di bagian leher. Sementara jok baris kedua, cuma cukup untuk ditempati oleh dua orang. Akses masuk ke penumpang belakang juga seperti Wuling Air EV yaitu lewat pintu depan.

Baca juga  5 Kelebihan Neta V 2023 Dibanding Citroen e-C3, Cek Sebelum Beli!

Bicara warna interiornya pakai kombinasi abu-abu gelap dan cerah. Alhasil kesannya jadi sangat modern.

Jarak Tempuh Baterai DFSK Mini EV Hingga 220 Kilometer

dfsk seres e1 - eksterior tampak depan

Ada dua pilihan baterai untuk DFSK Seres E1 yaitu 16,8 kWh dan 13,8 kWh

Kemudian untuk spesifikasi baterai DFSK Seres E1, tidak kalah istimewa dengan kapasitas 16,8 kWh yang jarak tempuhnya mencapai 220 Km. Baterai tersebut pakai teknologi lithium iron phosphate (IP67). Waktu casnya dari kondisi 10-90 persen cuma membutuhkan waktu 4,5 jam dengan charger AC 3,3 kW.

Baterai Seres E1 memberikan tenaga ke motor elektrik yang ada di roda belakang dengan performa torsi hingga 100 Nm dan tenaga 30 kW atau setara 40 hp. Sementara untuk kemampuan akselerasi 0-50 km/jam diklaim hanya membutuhkan waktu 5,1 detik.

Bagaimana dengan biaya per km dari mobil ini? Sales DFSK mengatakan Seres E1 bisa menghemat biaya hingga Rp 130 per km.

Di samping itu, sales DFSK juga membocorkan bahwa Seres E1 punya pilihan varian Standard yang kapasitas baterainya cuma 13,8 kWh. Alhasil jarak tempuhnya juga lebih pendek yaitu 180 Km.

Fitur-Fitur DFSK Seres E1

DFSK Seres E1

Fitur modern di mobil listrik DFSK

Soal spesifikasi fitur dari DFSK Seres E1 tergolong sangat modern. Dari sisi keselamatan, hadir airbag, anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), electronic stability control (ESC), dan hill hold control (HHC).

Kemudian untuk sistem pengeremannya, pakai cakram di roda depan dan belakang. Istimewa bukan?

Ada pula tire pressure monitoring system (TPMS) dan event data recording (EDR). Ada pula low speed pedestrian warning yang memberi peringatan suara kepada penajalan kaki, ketika mobil ini melaju pelan.

Baca juga  Komparasi Mobil Listrik Vs Bensin, Lebih Hemat Mana?

Tidak ketinggalan, ada pula fitur curser control yang bisa membantu menghemat baterai. Seres E1 juga punya mode berkendara dengan pilihan Eco dan Sport.

Harga DFSK Seres E1 2023

DFSK Seres E1

DFSK Seres E1 resmi meluncur di PEVS 2023

Meski sudah meluncur di PEVS 2023, tapi harga DFSK Seres E1 belum diumumkan secara resmi. Kami dapat bocoran dari para sales, kalau mobil listrik ini bakal dijual dalam dua varian: Standard dan Luxury.

Khusus Seres E1 Standard punya kisaran harga mulai Rp 180 – 200 jutaan. Hanya saja memang dari sisi fitur ada beberapa yang disunat, contoh paling mudah adalah penggunaan baterai kecil 13,8 kWh dengan jarak tempuh 180 Km.

Sementara untuk harga DFSK Seres E1 Luxury, estimasinya Rp 200 – 250 jutaan. Dijual lebih mahal, lantaran pakai baterai lebih besar mencapai 16,8 kWh dengan jarak tempuh hingga 220 Km.

“Untuk pemesanan dari sekarang atau di PEVS 2023, delivery unit kira-kira dilakukan pada November mendatang,” kata salah satu sales DFSK.

  • Seres E1 Standard: Rp 180-200 jutaan
  • Seres E1 Luxury: Rp 200-250 jutaan.

Dengan kata lain, harga mobil listrik DFSK ini lebih murah dibanding kompetitornya yaitu Wuling Air EV yang dijual mulai Rp 243 juta hingga Rp 299,5 juta (OTR Jakarta).

Menarik bukan? Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi DFSK Seres E1 2023 yang merupakan versi produksi dari DFSK Mini EV. Pantau terus Moladin.com untuk informasi menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika