Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Harga Seres E1 2023 Terungkap di GIIAS 2023, Murah Tanpa Subisidi!

by Firdaus Ali
mobil 100 jutaan - seres type b - mobil listrik

Spesifikasi dan harga Seres E1 resmi diumumkan di GIIAS 2023. Mobil listrik mungil ini dijual mulai Rp 189 juta untuk Type B atau varian termurahnya. Sementara Seres E1 Type L cuma Rp 219 juta. 

Banderol kendaraan merek Cina tersebut sesungguhnya bisa murah lagi, kalau saja dapat subsidi dari pemerintah. Sayangnya hingga sekarang, walau sudah dirakit lokal, kandungan lokal Seres E1 belum mencapai 40 persen sehingga tidak memenuhi syarat penerima subsidi PPN 10 persen untuk mobil listrik CKD.

“Kami sekarang masih dalam tahap pencarian vendor di Indonesia untuk beberapa komponen, termasuk baterai mobil listrik,” kata Marketing Head PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi.

Walau tidak dapat subisi mobil listrik, harga Seres E1 2023 teta terjangkau, spesifikasinya juga menarik. Ambil contoh desain imut-imut dengan warna bodi pastel. Baterainya untuk Type B pakai 13,8 kWh yang punya jarak tempuh 180 Km.

Lalu untuk Type L, kapasitas baterainya lebih besar yaitu 16,8 kWh dengan jarak tempuh 220 Km. Soal kemampuan menghemat listrik, versi massal dari DFSK Mini EV ini diklaim cuma membutuhkan Rp 130 per km atau setara dengan Rp 28.543 untuk perjalanan berkendara sejauh 220 km. Irit bukan? 

Moladin juga sudah melakukan test drive Seres E1 di area GIIAS 2023. Hasilnya mobil listrik tersebut sangatlah menyenangkan untuk dikendarai dalam kecepatan rendah. AC-nya pun dingin, cocok untuk teman sehari-hari di dalam kota.

“Seluruh masukan yang diberikan oleh masyarakat Indonesia ini kemudian diolah oleh para insinyur SERES yang sudah berpengalaman di bidang kendaraan listrik, dan kemudian menghasilkan SERES E1. Sebuah kendaraan listrik yang cocok dikendarai di area perkotaan dengan menawarkan sensasi berkendara yang atraktif, stylish, canggih, dan ramah lingkungan. SERES E1 menjadi bentuk inovasi dan keseriusan merek SERES untuk masuk ke pasar otomotif nasional dan melayani kebutuhan mobilitas perkotaan yang berkelanjutan,” beber Rofiqi.

Baca juga  MG Comet EV, Kembaran Wuling Air EV yang Lebih Murah!

Ingin tahu lebih detial soal harga dan spesifikasi mobil listrik DFSK terbaru, Seres E1? Bagaimana dengan desain eksterior dan kenyamanan interiornya? Berikut bahasan lengkapnya:

Spesifikasi Seres E1

harga seres e1 2023 - interior

Ada mode berkendara Eco dan Sport

Dengan harga Seres E1 2023 yang terjangkau, bagaimana spesifikasi lengkapnya? Ternyata mobil listrik ini bisa jadi pilihan alternatif selain Wuling Air EV.

Dari sisi dimensi eksteriornya memang mungil, di atas kertas punya panjang 3.030 mm, lebar 1.495 mm, tinggi 1.640 mm dan jarak sumbu roda 1.960 mm serta ground clearance 135 mm. Kemudian pintunya juga cuma dua, sehingga untuk masuk ke jok belakang harus melipat jok depan terlebih dulu.

Mengenai performa batera dan motor elektriknya, mobil listrik Seres E1 yang sudah diproduksi lokal ini menggendong baterai Lithium Iron Phosphate dengan kapasitas 13,8 kWh untuk Type B. Alhasil jarak tempuh maksimalnya cuma 180 Km. Kemudian untuk cas baterainya, bisa pakai soket AC Type 2 hanya dalam waktu 3,5 jam dari 10-90 persen. Sementara motor elektriknya hadir di roda belakang dengan torsi 100 Nm dan tenaga 25 KW atau setara 34 PS.

Sementara Seres E1 Type L pakai baterai Lithium Iron Phospate 16,8 kWh yang dipadukan dengan motor listrik Permanent Magnet Synchronous berdaya 30 kW atau setara 41 PS dan torsi 100 Nm. Adapun jarak tempuh maksimalnya diklaim mencapai 220 km. 

Baca juga  Segera Rilis Resmi, Ini Spesifikasi Xiaomi SU7 Terpesan 100.000 Unit

Bicara fitur, Seres E1 mengusung banyak teknologi keselamatan dan kenyamanan. Ada Seat Belt Reminder, Isofix, Tire
Pressure Monitoring System, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Electric Parking Brake with Auto Hold (varian Type L), Pedestrian Warning Sound, Hill Hold Control, Electronic Stability Control (ECS) with Traction Control System (TCS) (varian Type L), Anti-lock braking System (ABS) with Electronic Brake Distribution, Brake Assist (varian Type L), airbag system, Event Data
Recording System, Automatic Lock & Collision Unlock, Cruise Control, Eco/Sport Mode, Energy Managing Display, dan Charging Status Display.

Ada pula fitur menarik Collision Power Failure Protection. Ini merupakan sistem keamanan berupa crash sensor yang terpasang pada Seres E1, berfungsi untuk mendeteksi impact tabrakan yang terjadi. Kemudian  sensor mengirimkan signal ke Air Bag system untuk aktif dan mengirimkan signal ke BMS untuk memutus sirkuit tegangan tinggi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dinginkan.

Fitur keselamatan lain yang patut digaris bawah adalah High-strength steel cage frame body. Jadi, Seres E1 sudah mengadopsi kerangka longituginal membentuk kubah perlindungan dengan konsep “herringbone” struktur berlapis. Kemudian kerangka bawah diperkuat dengan struktur ganda untuk melindungi baterai.

Interior Seres E1 Tampil Modern

interior dfsk seres e1 - dashboard

Ada dua layar besar di interior DFSK Seres E1

Masuk ke dalam kabin, interior Seres E1 2023 mengusung tema futuristik. Di mana untuk headunit hadir dengan ukuran 8 inch khusus Type L yang bisa mengakomodir audio dan fitur mobil.

Kemudian untuk persnelingnya juga menggunakan selector yang posisinya ada di dashboard tengah sebelah setir, sehingga memudahkan pengemudi untuk menjangkaunya. Panel instrumennya juga sudah digital dengan ukuran 7 inch, AC sudah menggunakan touch panel, Smart USB charging, dan USB Interface.

Baca juga  Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS 580 Produksi India, Harga Rp 2,8 Miliar

Bicara kapasitas penumpang, mobil listrik DFSK ini bisa mengangkut 4-orang. Di mana untuk baris pertama, punya jok ala-ala bucket seat yang ada celah udara di bagian leher. Hal ini diklaim bisa membuat pengemudi lebih nyaman saat berkendara.

Untuk jok belakangnya bisa dipakai dua orang penumpang. Bila mau angkut barang, maka jok tersebut bisa dilipat rata lantai. Istimewa bukan?

Daftar Harga DFSK Seres E1 2023

harga dfsk seres e1 2023 - tampak samping

DFSK Seres E1, mobil listrik murah

Tertarik punya mobil listrik mungil ini? Harga Seres E1 2023 mulai Rp 189 juta (OTR Jakarta) untuk Type B. Sementara varian Type L cuma Rp 219 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, banderol mobil ini mirip-mirip dengan Wuling Air EV.

Kekurangan dari Seres E1 adalah belum dapat subsidi mobil listrik, padahal sudah diproduksi lokal atau CKD. Ini dikarenakan komponen lokalnya belum mencapai 40 persen.

Berikut daftar harga mobil listrik Seres E1 2023:

  • Seres E1 Type B: Rp189 juta 
  • Seres E1 Type L: Rp219 juta

“Penentuan harga Seres E1 ini menjadi refleksi semangat PT Sokonindo Automobile untuk memasyarakatkan kendaraan listrik, dan bentuk partisipasi aktif dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang diusung Pemerintah Indonesia. Mengingat Indonesia sudah memiliki rencana untuk mencapai Net Zero Emission Tahun 2060 yang perlu mendapatkan dukungan dari seluruh pihak,” kata COO PT Sokonindo Automobile, Franz Wang.

Bagaimana setelah tahu spesifikasi dan harga DFSK Seres E1 2023, apakah kamu tertarik punya mobil listrik ini? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika