oleh

TMMIN Resmikan Pusat Belajar Mobil Listrik

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) meresmikan fasilitas pembelajaran elektrifikasi di Indonesia. Unit ini diberi nama “xEV Center”, dan diresmikan oleh oleh Kementerian Perindustrian RI.

“Di tengah upaya Pemerintah mewujudkan kendaraan ramah lingkungan, pembangunan xEV Center oleh TMMIN berperan penting dalam mendidik dan menginspirasi masyarakat, termasuk generasi berikutnya, untuk berinovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan elektrifikasi di tanah air. Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang Kartasasmita, Kamis 19 Mei 2022.

Selain itu, dia juga berharap Toyota xEV Center dapat menjadi katalisator pengembangan teknologi dan industrialisasi kendaraan elektrifikasi di Indonesia. xEV Center didirikan di lokasi pabrik TMMIN Karawang 3 dengan luas area saat ini 600 m2. Proses pembangunan fase pertama berlangsung sejak Juli 2020.

Bentuk arsitektur xEV Center dengan pola Triangle Shape terinspirasi dari kolaborasi triple helix. Huruf x di depan EV sebagai kepanjangan elektrifikasi merupakan wujud ragam teknologi elektrifikasi yang sudah ada.

Akronim x juga menunjukkan fleksibilitas kendaraan elektrifikasi sehingga dapat menggunakan berbagai pilihan teknologi baik hybrid, battery, plug in, dan juga fuell cell, sehingga xEV Center dapat mendukung advokasi publik dengan ragam informasi teknologi elektrifikasi.

Baca juga  Chevrolet Blazer EV Siap Mengaspal, SUV Sangar!

xEV Center juga nantinya akan menjadi fasilitas edukasi yang dapat diakses dengan mudah oleh seluruh publik baik bagi Pemerintah, akademisi, siswa sekolah, dan masyarakat umum. 

Menurut TMMIIN,  Toyota Indonesia saat ini sedang menuju era elektrifikasi. Langkah ini dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal, mulai dari kesiapan rantai pasok atau supply chain, sumber daya manusia sampai layanan purna jual.

Toyota Indonesia percaya harus ada solusi praktis dan berkelanjutan dengan menggabungkan berbagai pilihan dan teknologi seperti LCGC, flexy-engine, HEV, PHEV, BEV, dan PHEV yang sesuai dengan kebutuhan konsumen yang beragam.

Fasilitas xEV Center

TMMIN
Gedung xEV Center di Kerawang.

Pada Fase Pertama, xEV Center difokuskan untuk menyajikan beragam informasi terkait elektrifikasi dengan berbagai fasilitas diantaranya 1. HEV, PHEV, BEV Showcase & Driving Experience, 2. xEV Cut Body, 3.

xEV Main Component (Battery, Power Control Unit (PCU), Transaxle) dan 4. Outdoor Charging Station. Untuk memudahkan publik dalam memahami ragam informasi terkini terkait elektrifikasi, pemaparan secara detail di xEV Center terbagi ke dalam beberapa zona.

Baca juga  2 Mobil Listrik Hyundai Meluncur 6 November 2020

Zona-zona ini terdiri dari beberapa fungsi seperti Inisiatif Lingkungan, Teknologi, Eksosistem Hijau, dan Masyarakat Berkelanjutan. 

“xEV Center akan menjadi Fasilitas Pembelajaran, Kapabilitas, dan Penelitian Teknologi Elektrifikasi, Energi Hijau, dan Mobilitas sebagai sarana bagi SDM Indonesia untuk memperdalam pemahaman mengenai teknologi dan ekosistem industri otomotif di masa depan sehingga Indonesia terus menjadi bagian penting dari industri otomotif dunia,” tambah Bob Azam Direktur Corporate Affairs PT TMMIN.

Demikian ulasan terkait TMMIN yang baru saja meresmikan pusat belajar elektrifikasi. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputa otomotif.

Terbaru