oleh

Posisi Transmisi Mobil Matik Saat Macet di D, N, atau P?

Posisi transmisi mobil matik saat macet, sebaiknya D, N, atau P? Pertanyaan itu sering terlontar dari para pemilik kendaraan.

Technical Service Division Excecutive PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriyadi mengatakan bahwa sesungguhnya tidak masalah meletakkan transmisi di tiga posisi tersebut. Dari sisi teknis baik D, N, dan P boleh saja alias tidak akan membuat komponen di mobil rusak.

Namun kalau secara psikis, Bambang menjelaskan posisi transmisi mobil matik saat macet di D (Drive) itu berarti pengemudi akan selalu injak rem. Kalau ada gangguan dan kaki terlepas dari pedal rem, inilah yang bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

“Karena lelah berkendara atau sambil melakukan sesuatu, terkadang pengemudi lupa kalau posisinya masih di D,” jelasnya.

Terlebih lagi kalau mobil berhenti di kemacetan dalam waktu yang lama. Bukan tidak mungkin pengemudi kelupaan.

Maka dari itu, Bambang lebih menyarankan posisi transmisi mobil matik saat macet di D khususnya saat mobil berhenti dalam waktu singkat. Contoh ketika kondisi lalu lintas masih ramai lancar.

Baca juga  Waspada, Ini Penyebab Tangki Bensin Mobil Bocor

Posisi Transmisi Mobil di N Kalau Macet Parah

posisi transmisi mobil matik saat macet
Secara teknis, posisi transmisi di D, N, atau P saat macet tidak akan merusak mobil

Jika kemacetan ternyata parah, sehingga memaksa mobil berhenti lebih lama, sebaiknya transmisi di posisi N (Netral). Kemudian aktifkan rem tangan.

“Lama yang dimaksud itu mobil sampai harus berhenti kira-kira lebih dari dua menit,” beber Bambang.

Posisi N lebih aman, karena kaki pengemudi bisa bebas lepas dari pedal rem tanpa khawatir mobil melaju. Kemudian kalau tidak sengaja menginjak pedal gas pun, rem tangan yang aktif bisa mencegah akselerasi.

Bagaimana dengan posisi transmisi mobil matik saat macet di P (Parking)? Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, sesungguhnya itu tidak masalah secara teknis.

Hanya saja menurut Bambang, kalau di P, perjalanan tuas transmisi dari D ke P itu lebih jauh dibandingkan ke N. Apalagi kalau mau ke P, harus lewat gigi R (rear) atau mundur terlebih dulu.

Jadi memang pindah ke P tidaklah disarankan, selama masih berkendara. Pasalnya bisa menyebabkan mobil tidak sengaja melaju mundur. Kecuali memang sudah benar-benar macet total dan menyebabkan mobil harus parkir dalam waktu lama.

Baca juga  Masalah Mobil Matic dan Gejala yang Ditimbulkan

Sekarang sudah paham kan, posisi transmisi mobil matik saat macet sebaiknya ada di D, N, atau P. Masing-masing gigi, bisa kamu pilih sesuai keadaan kemacetannya ya!

Di mana D, bila macetnya masih ramai lancar. Kemudian posisi N sambil tarik tuas rem, ketika macet yang menyebabkan mobil berhenti lebih dari dua menit. Sementara P, ketika macet total.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru