Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

4 Cara Membersihkan Plafon Mobil yang Kotor, Bisa Pakai Vanish!

by Tigor Sihombing
Membersihkan plafon mobil

Membersihkan plafon mobil bisa dilakukan dengan cara yang mudah, seperti menggunakan peralatan yang ada di rumah yaitu Vanish. Jadi, tidak perlu ke salon untuk membuat tampilan plafon mobil kusam kembali cerah.

Plafon mobil kotor, bisa terjadi karena penggunaan. Artinya banyak noda akibat tangan yang sebelumnya terkontaminasi kotoran dari luar memegang langit-langit kabin tersebut.

Bicara bahan atau material plafon mobil, umumnya menggunakan fabric dan kulit sintetis. Walau berbeda, cara pembersihan kedua bahan tersebut bisa dikatakan sama. 

Untuk bahan plafon fabric adalah yang paling umum ditemukan pada mobil-mobil di Indonesia. Fabric merupakan gabungan antara kanvas, kain, dan katun yang harganya relatif murah, tapi masih lumayan terkesan mewah. Plafon mobil jenis ini juga sering disebut sebagai plafon beludru. Kelebihannya, jenis fabric lebih kuat menghadapi cuaca dan sinar matahari. Namun, kekurangannya karena sangat mudah menyerap kotoran, air dan bau. Maka dari itu prawatannya agak sedikit lebih ekstra.

Sedangkan material kulit sintetis, biasanya banhak digunakan pada mobil-mobil menengah ke bawah. Kelebihan material ini sangat mudah di mix and match pada interior mobil, terutama untuk modifikasi. Hanya saja ketika di sentuh, terasa kurang nyaman. Material kulit sintetis juga bisa pecah atau retak seiring dengan usianya.

Baca juga  4 Penyebab Knalpot Mobil Keluar Asap Putih, Berbahaya?

Lantas kembali ke pembahasan awal, bagaimana cara membersihkan plafon mobil yang mudah dan benar? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Sediakan Alat-alat yang Dibutuhkan untuk Membersihkan Plafon Mobil

Membersihkan Plafon Mobil

Cairan khusus pembersih plafon mobil bisa dibeli seharga Rp 70-80 ribuan per kaleng

Untuk membersihkan plafon mobil, kamu harus menyadiakan beberapa cairan untuk mendukung proses pembersihan plafon mobil. Hal ini khususnya untuk kamu yang suka bereksperimen dan mengirit biaya.

Beberapa material pembersih plafon ini, mudah ditemukan di rumah seperti sabun cair cuci piring merek Sunlight yang berfungsi sebagai detergen. Lalu ada cuka makanan yang memiliki sifat abrasif, pemutih pakaian seperti Vanish yang berfungsi sebagai penghilang noda pada plafon nantinya. Tidak ketinggalan, perlu kain micro fiber yang dipergunakan untuk mengelap plafon. Untuk semua material tersebut, paling mahal dibutuhkan biaya sekitar Rp 20 ribu.

2. Campur Cairan Pembersih

Membersihkan Plafon Mobil

Gosok plafon pada permukaan yang kotor dan bernoda, ulangi berkali-kali sampai permukaan benar-benar bersih

Langkah selanjutnya dalam membersihkan plafon mobil adalah dengan mencampur cairan-cairan rumahan yang disediakan tersebut. Pertama ambil wadah ember yang berisi air bersih, lalu masukan sabun cuci piring Sunlight dengan takaran sekitar 2-3 sendok makan atau sesuai kebuthan.

Baca juga  Segini Biaya Kuras Oli Matic, Benarkah Murah?

Selanjutnya masukan cairan pemutih Vanish juga dengan takaran sekitar 2-3 sendok makan dan cuka cukup hanya sekitar satu sendok makan. Lalu campur cairan – cairan tersebut hingga merata.

Sebelum memulai melakukan pencucian sebaiknya alas terlebih dahulu bagian jok dengan plastik trash bag, tutup jok sampai benar-benar rapat. Hal ini dilakukan agar air cuci plafon tidak menetes ke jok mobil. Yang jika tidak dilakukan malah menimbulkan permasalahan baru.

Setelah itu lakukan pengelapan pada plafon menggunakan lap microfiber yang telah dibasahi dengan cairan pembersih yang telah dicampurkan sebelumbya. Gosok plafon pada permukaan yang kotor dan bernoda, ulangi berkali-kali sampai permukaan benar-benar bersih.

Jika noda pada plafon, biasanya akan terjadi perubahan warna menjadi lebih putih dan bersih. Setelah itu, lap permukaan plafon dengan menggunakan microfiber sampai benar-benar kering lalu diamkan untuk diangin-anginkan. 

3. Pakai Pembersih Plafon Khusus STP Tuff Stuff

cairan pembersih plafon mobil

cairan pembersih plafon mobil merek STP Tuff Stuff

Selain itu, cara lain membersihkan plafon mobil bisa menggunakann cairan khusus dari merek ternama seperti STP Tuff Stuff. Umumnya berupa foam yang terkemas di dalam kaleng semprot. Adapun harganya bervariasi mulai Rp 70-80 ribuan per keleng tergantung ukuran dan merek. Kamu dapat membelinya di berbagai toko online.

Baca juga  Ragam Bahan Kampas Rem Mobil, Mana yang Bagus?

Cara penggunaannya, hanya tinggal menyemprotkan foam pada plafon mobil yang kotor. Lalu gosok plafon menggunakan kain microfiber, dijamin plafon kembali bersih seperti baru. Sebenarnya STP Tuff Stuff ini tidak cuma bisa digunakan untuk membersihkan plafon, tapi juga seluruh bagian interior mobil seperti jok yang terbuat dari kain.

4. Membersihkan Bulu-bulu Halus Plafon Beludru

Membersihkan Plafon Mobil

Cukur bulu plafon beludru yang tidak rapi

Satu hal yang harus diketahui. Pada plafon fabric, beludru atau suede ada resiko bahan tersebut mengalami brodol alias timbul bulu-bulu halus yang diakibatkan usia pakai kendaraan. Biasanya ini terjadi karena cuaca, kelembapan dan pemakaian.

Umumnya gejala bludru brodol ini ditandai dengan timbulnya bulu-bulu halus yang berasal dari bahan kain. Pastinya itu sangat mengganggu penampilan plafon.

Jika hal ini terjadi pada mobil kamu, cara merapikan plafon beludru seperti ini mudah, kamu bisa menggunakan cukuran jenggot. Tidak perlu ragu-ragu, cukup habis bagain plafon yang serat benang-benangnya keluar. Lakukan berulang kali, hingga didapatkan plafon beludru yang terlihat lebih rapi.

Demikian ulasan cara membersihkan plafon mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otmotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika