Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Uji Tabrak BMW X1, Seberapa Aman untuk Anak?

by Tigor Sihombing
BMW X1

Hasil uji tabrak BMW X1 baru saja dirilis oleh Euro NCAP. Ternyata hasilnya sempurna alias mendapat bintang lima. Menariknya lagi, mobil SUV ini sangat aman untuk anak-anak.

Buat yang belum tahu, Euro NCAP (New Car Assessment Program) merupakan lembaga independent yang melakukan pengujian faktor keselamatan terhadap mobil-mobil yang dipasarkan secara massal. Tujuan uji tabrak ini, tentu untuk membantu produsen mobil agar bisa selalu meningkatkan teknologi keselamatan pada produk mereka di masa depan.

Adapun uji tabrak BMW X1 kali ini yang dites adalah mobil setir kiri, trim xLine dengan mesin diesel 2.0 liter. Dalam pengujian tersebut, Euro NCAP menguji sistem keselamatan BMW X1 dengan simulasi benturan yang datang dari arah depan dengan kecepatan 60 kpj. Hasilnya BMW X1 terbaru, airbagnnya terbuka sempurna, serta mampu menahan tubuh agar tidak terjadi cedera serius.

Sedangkan saat melakukan uji tabrak BMW X1 dari samping, airbag jendela pun terbuka sehingga mencegah serpihan kaca tidak mengenai pengemudi dan penumpang, dałam posisi ini posisi kepada juga aman terlindungi. Tidak hanya itu, BMW X1 juga membekali mobil crossovernya ini dengan airbag tengah, yang dari hasil pengujian sukses mencegah pengemudi dan penumpang depan bertabrakan secara langsung. Seat belt pun tampak langsung menahan tubuh penumpang depan, dan belakang agar tidak terpental ke depan. Dari hasil berbagai pengujian tersebut, Euro NCAP memberi nilai 86% untuk penumpang dewasa dan 89% penumpang anak-anak.

Baca juga  Inilah Sosok Toyota Land Cruiser 70th Anniversary

Sementara itu terkait keselamatan berkendara yang berhubungan dengan fitur-fitur BMW X1, Euro NCAP melakukan tes untuk mengetahui apa sensor mendeteksi adanya objek di depan saat kondisi terang, dan gelap. Alhasil sensor dan sitem pengereman mendeteksi baik pejalan kaki, pesepeda, dan kendaraan lain di depan. Serta lane keeping assist, dan lane departure warning memberikan peringatan di spidometer ketika pengemudi mulai berpindah jalur. Fitur keselamatannya diganjar 92% dan keselamatan bagi pejalan kaki 72%.

Spesifikasi BMW X1 Terbaru

uji tabrak BMW X1

bmw x1 terbaru

Perlu diketahui, mobil BMW X1 telah dibekali beberapa fitur keselamatan canggih misalnya forward collision warning, automatic emergency braking mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda, blind spot warning, rear cross traffic warning, rear automatic emergency braking, lane departure warning, dan safe exit warning yang jadi standar di mobil ini.

Secara global, BMW X1 2023 baru saja meluncur di bulan Juni 2022. Untuk pasar Amerika Serikat, hadir dalam satu mesin saja yaitu unit empat silinder segaris turbocharged 2.000 cc dengan keluaran tenaga 241 dk di 4.500 rpm dengan torsi 400 Nm di 1.500 rpm.

Baca juga  BMW M2 Futura 2000, Cuma 1 Unit di Indonesia

Tenaga tersebut disalurkan ke semua roda melalui sistem xDrive dengan transmisi kopling ganda tujuh percepatan. Dari hasil tes pabrikan, crossover ini mampu berakselerasi 0-100 kpj dalam hitungan waktu 6,2 detik saja. Sedanbkan di Indonesia BMW X1 terbaru untuk pasar 2023 belum rilis. Model sebelumnya masih dijual saat ini dengan harga mulai Rp 830 juta.

Demikian ulasan terkait uji tabrak BMW X1 yang dilakukan oleh Euro NCAP. Simak terus Moladin.com untuk update terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika