Friday, December 9, 2022
Banner

PLN Buka Franchise SPKLU, Tempat Cas Mobil Listrik Bisa Menjamur!

by Firdaus Ali
PLN Buka Franchise SPKLU

PLN buka franchise SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini bertujuan mempermudah para pemilik kendaraan listrik untuk mengisi ulang baterai.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Indonesia terus mendorong pertumbuhan kendaraan listrik untuk mengurangi polusi udara. Bahkan, Pemerintah juga telah mengeluarkan beberapa regulasi untuk menarik perhatian masyarakat agar menggunakan kendaraan listrik.

Sebut saja pemilik mobil listrik bebas dari aturan ganjil genap di Jakarta, PPnBM 0 persen serta terbaru kredit mobil listrik akan dipermudah. Nah, selain beberapa benefit yang ditawarkan oleh Pemerintah tersebut, hal yang penting lainnya adalah infrastruktur pengisian ulang baterai.

Dilansir dari laman resmi PLN, sampai saat ini jumlah Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) masih terbatas yaitu hanya 150 unit di 120 wilayah.  Kemudian, ditahun 2022 ini PLN akan melakukan penambahan pembangunan SPKLU PLN sebanyak 110 unit yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dari target tersebut, sebanyak 70 unit SPKLU dibangun untuk mendukung gelaran KTT G20 di Bali. Sedangkan, 40 unit tempat cas mobil listrik lagi tersebar di seluruh Indonesia.

Baca juga  Azka Corbuzier Naik Mobil Listrik Renault Twizy, Berapa Harganya?

“PLN telah berpartisipasi dalam pembangunan SPKLU sebesar 43 persen dari total SPKLU secara nasional untuk percepatan pertumbuhan EV di Indonesia. Di mana PLN memiliki 150 unit SPKLU di 120 lokasi. Di tahun 2022, kami punya target 110 unit, 70 untuk mendukung event KTT G20 di Bali dan sisanya menyebar diberbagai wilayah,” ujar Darmawan Prasodjo selaku Direktur Utama PLN dalam diskusi panel bertajuk Future of Energy: Readiness of Indonesia’s Battery Ecosystem di Jakarta beberapa hari lalu.

Nah, untuk mempercepat dan memperluas dari target pembangunan SPKLU tersebut, PLN juga akan memberlakukan sistem franchising.

“Kami punya strategi membuat perkembangan jumlah SPKLU dan SPBKLU akan menjamur. Kami lakukan franchising, kolaborasi dengan para pemilik area strategis. Kami melakukan approach ke kantor-kantor, kafe, restoran hingga ke mal-mal yang memang memiliki lokasi aset strategis. Kami mengajak semua pihak untuk berkolaborasi,” imbuh Darmawan.

PLN Kerjasama Dengan ATPM Mobil

PLN Buka Franchise SPKLU

Tempat pengisian baterai mobil listrik Hyundai

Selain PLN buka franchise SPKLU dengan berbagai pelaku usaha seperti cafe, mall dan area perkantoran. PLN ternyata juga sudah melakukan Kerjasama dengan beberapa ATPM mobil di Indonesia.

Baca juga  3 Keuntungan Beli Mini Electric, Yakin Tidak Mau?

Adapun Kerjasama tersebut dengan Hyundai, Nissan, DFSK, Toyota, Wuling, Mitsubishi, Mercedes Benz. Tak hanya dengan roda 4, PLN juga telah bekerjasama dengan pabrikan kendaraan listrik roda 2 seperti Gesits, Viar, Volta, U-Win Fly, Smooth, dan Selis serta perusahaan aplikator transportasi Grab.

“Ini adalah gerakan besar. Sesuai dengan Perpres nomor 55 tahun 2019, PLN secara khusus diberikan mandat mengembangkan ekosistem kendaraan listrik. Untuk itu, target pengembangan ekosistem EV yang dilakukan PLN adalah pengembangan kerja sama dengan penyedia Baterai, dengan pengembang kendaraan EV, dan dengan komunitas EV,” pungkas Darmawan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai PLN buka franchise SPKLU. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika