oleh

5 Perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport, Awas Salah Beli!

Perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport menarik untuk diulas. Selain beda harga, terdapat pula beberapa perbedaan pada keduanya.

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Land Cruiser terbaru pada Agustus 2022 kemarin. Adalah Land Cruiser VX-R dan Land Cruiser GR Sport.

Keduanya menyandang sebagai mobil Sport Utility Vehicle (SUV) 7-seater premium. Karenanya kedua mobil ‘bongsor’ tersebut ditawarkan dengan performa mesin yang tangguh serta fitur-fitur yang mumpuni.

Oh ya, Land Cruiser VX-R dan GR Sport dibangun diengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA-F) dan mesin baru berkode F33A-FTV yang lebih kompak dan bertenaga.

Kemudian, baik Land Cruiser VX-R atau pun GR Sport, keduanya mengusung mesin yang sama yaitu V6D-turbo dengan kapasitas 3.346 cc yang dikombinasikan dengan transmisi 10-speed Direct Shift-10AT. Hasilnya, di atas kertas mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga maksimum sebesar 305 PS pada 4.000 rpm dan torsi ‘brutal’ di angka 71,4 Kgm pada putaran mesin 1.600 – 2.600 rpm.

Kedua SUV premium ini juga mempunyai dimensi yang sama, yaitu panjang 4.985 mm, lebar 1.980 mm, dan tinggi 1.945 mm. Sementara itu untuk wheelbase ada di angka 2.850 mm, ground clearance 230 mm serta radius putar 6,3 m dan kapasitas tangka 110 liter.

Menyandang sebagai mobil premium dideretan lini produk Toyota secara global, Land Cruiser VX-R dan GR Sport juga sudah dilengkapi dengan fitur Toyota Saftey Sense (TSS) dan T-Intouch. Dimana kedua fitur tersebut hadir untuk melengkapi sisi keamanan dan keselamatan.

Baca juga  Toyota Camry Terbaru Bersolek, Harga Mulai Rp 466 Jutaan

Nah, mau tahu lebih jauh perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Desain Eksterior

Land Cruiser VX-R vs GR Sport
Perbedaan eksterior paling kentara pada bagian grillnya

Perbedaan signifikan dari Land Cruiser vs GR Sport yang pertama adalah pada bagian ekstriornya. Land Cruiser VX-R tampil dengan gaya elegan dan GR Sport lebih ke Sporty.

Land Cruiser VX-R hadir dengan grill bernuansa garis horizontal dengan aksen krom serta disematkan logo Toyota pada bagian tengahnya. Kemudian pada bagian bumper depan juga terdapat beberapa garis lekukan yang menyelaraskan desain grill dan headlampnya.

Kemudian, untuk mempertegas kesan elegan, Land Cruiser VX-R menyematkan velg alloy two tone berukuran 20 inci.

Sementara itu, untuk Land Cruiser GR Sport hadir dengan grill bergaya rumah tawon dengan kombinasi tulisan Toyota yang berukuran besar di bagian tengahnya. Selanjutnya, pada bagian bumpernya juga terlihat lebih simpel serta over vender berwarna hitam selaras menguatkan kesan sporty pada mobil ini. Tak lupa, pada bagian belakangnya terdapat emblem bertuliskan GR Sport untuk membedakan dengan varian VX-R.

Oh ya, kesan sporty juga masih didukung oleh penggunaan velg berukuran 18 inci berwarna Mud Grey untuk varian GR-Sport. Plus balutan ban Yokohama Geolandar A/T atau all terrain.

2. Tampilan Interior

Land Cruiser VX-R vs GR Sport
Perbedaaan tampilan juga terjadi pada bagian interiornya

Perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport berikutnya adalah pada tampilan interiornya. Dimana untuk varian VX-R tampil dengan warna hitam yang dipadukan dengan akesn wood panel yang mewah.

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Jadi Mobil Dinas Kang Emil

Sementara untuk Land Cruiser GR Sport hadir dengan perpaduan warna hitam dan merah. Terdapat pula beberapa logo GR Sport pada senderan joknya.

Kedua mobil ini sudah ditanamkan headunit touchscreen berukuran 12,31 inci yang bisa mengakomodasi koneksi HDMI dan Miracast, Radio, Bluetooth, AppleCarplay, Android dan hasil kamera yang ada..

Kemudian, ada pula teknologi New Digital Video Recorder yang memberikan kebebasan untuk merekam kondisi sekitar mobil sebagai dokumentasi perjalanan, sekaligus dapat dijadikan bukti ketika terlibat kecelakaan dan memantau mobil sebagai alat pengaman saat ditinggalkan.

Untuk menambah kenyamanan penumpang, terdapat Wireless Charger dan New Rear Seat Entertainment menggunakan monitor touch screen 11.6 inch yang ditempatkan di balik headrest.

3. Bagian Kaki-kaki

Land Cruiser VX-R vs GR Sport
Bagian kaki-kaki GR Sport lebih siap untuk medan off Road

Selanjutnya, selain tampilan eksterior dan interiornya, perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport juga ada pada bagian kaki-kaki khususnya pada suspensinya.

Adalah untuk varian GR Sport, suspensi bagian depan sudah mengusung Double Wishbone yang sudah dilengkapi New Stability control. Selanjutnya pada suspensi belakang mengadopsi 4-link Coil Suspension dan New Stability Control.

Sementara itu untuk varian Land Cruiser VX-R suspensinya hanya menggunakan Double Wihsbone untuk bagian depan dan 4-link Coil Suspension untuk bagian belakangnya.

4. Kelengkapan Fitur Offroad

Spesifikasi Toyota Land Cruiser 300 Series
Fitur offroad di Land Cruiser 300 GR-Sport lebih lengkap dibanding VX-R

Nah, untuk urusan kelengkapan fitur pada kedua mobil ini, di atas kertas Land Cruiser GR Sport hadir lebih siap untuk diajak berpetualang. Hal tersebut terlihat dengan disematkannya fitur Electronic Kinetic Dynamic Suspension System (E-KDSS) dan Electronic Differential Lock.

Baca juga  Honda BR-V 2022 Vs Mitsubishi Xpander Cross, Pilih Mana?

EKDSS adalah sistem stabilizer yang dapat dikontrol secara elektronik ketika mobil berada di medan off road maupun on road. Jadi saat melaju di jalanan aspal, mobil tidak terasa limbung namun tetap fleksibel ketika dibawa off road.

Sementara itu untuk Land Cruiser VX-R hanya disematkan Torque Sensing LSD. Oh ya, meski begitu untuk varian VX-R sudah terdapat fitur power back door with new kick sensor. Di mana fitur tersebut memudahkan pemilik mobil untuk membuka pintu bagasi hanya dengan mengayunkan kaki di bawah pintu bagasi tersebut.

5. Harga Land Cruiser VX-R Vs GR Sport

Land Cruiser VX-R vs GR Sport
Harga lebih mahal Land Cruiser GR Sport

Mengulas perbedaan Land Cruiser VX-R vs GR Sport belum lengkap tanpa membahas harganya. Yup, kedua mobil ini dibanderol dengan harga yang berbeda.

Untuk Land Cruiser VX-R dibanderol mulai dari Rp 2,345 miliar dan untuk land Cruiser GR Sport dibanderol mulai dari Rp 2,396 miliar.

Soal warna, kedua mobil ini hadir dengan pilhan Gray Metallic, Dark Red Mica Metallic, Precious White dan Attitude Black Mica.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perbedaan Land Cruiser VX-R dan GR Sport. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru