by

Hyundai AX1, Calon Rival Rocky dan Raize

Wujud mobil yang diduga sebagai Hyundai AX1 akhirnya semakin jelas terlihat. Meskipun nama AX1 belum final, namun dari berbagai bocoran gambar di dunia maya, kita jadi tahu bahwa kendaraan ini masuk kelas SUV ringkas atau crossover.

Salah satu cirinya punya tampilan gagah, namun dimensinya tidak terlalu besar. Media asing mengatakan, bahwa posisi pasar mobil ini ada di bawah Kona. Dengan kemunculan fotonya di Asia dan Eropa, bisa dipastikan unit ini akan menjadi model global terbaru Hyundai. Kata lainnya, pabrikan Korea Selatan tengah menyiapkan rival dari Toyota Raize dan Daihatsu Rocky.

Tidak cuma kali ini saja gambar Hyundai AX1 tersebar. Sebelumnya pada Desember 2020, foto mobil tersebut juga telah muncul di mana-mana. Hanya saja masih dengan selubung rapat.

Teaser foto Hyundai terbaru AX1 juga muncul secara online. Walau cuma bentuk lampu depan dan belakang, namun berbagai media India yakin bahwa itulah SUV ringkas terbaru AX1. 

Dilihat sekilas, pada foto teaser desain Hyundai terbaru menunjukkan penggunaan lampu utama yang terpasang di bumper, sedang di atasnya kemungkinan adalah lampu DLR LED yang berfungsi sebagai lampu seain dan senja.

Baca juga  Perbedaan Mobil SUV dan Crossover, Jangan Salah Beli!

Menariknya banyak sumber mengatakan Hyundai terbaru AX1 akan menggunakan platform yang sama dengan Hyundai i10 keluaran terakhir. Itu berarti ia bisa memiliki empat opsi mesin setelah diluncurkan.

Adapun pilihan mesinnya, untuk Hyundai terbaru kemungkinan akan ada dua opsi yakni 1.0 liter atau 1.2 liter. Sedangkan konfigurasi mesin yang lebih kecil 1.000 diprediksi akan mengadopsi Turbocharger.

Sedangkan fitur, Hyundai masih menutup rapat soal ini. Namun beberapa sumber mengatakan unit tersebut akan mengusung fitur-fitur terbaru yang fokus dalam memudahkan berkendara. 

Bicara harga, belum ada bocoran lanjutan terhadap unit Hyundai terbaru ini. Namun diprediksi unit ini akan rilis di pasaran dengan rentang Rp 200 – 300 jutaan. 

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky Sudah Menunggu Kedatangan Hyundai AX1

hyundai ax1 - teaser lampu depan
Salah satu gambar teaser dari Hyundai AX1

Hyundai AX1 bukanlah satu-satunya kendaraan yang bermain di segmen compact SUV. Mengingat saat ini segmen tersebut sedang ramai diperebutkan dan diprediksi akan semakin ramai.

Kehadirannya nanti bakal ditunggu oleh Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Jika produk itu rilis di Asia seperti Malaysia dan Indonesia, maka Hyundai AX1 akan langsung berhadapan dengan produk unggulan dua brand Toyota dan Daihatsu tersebut.

Baca juga  Mazda Kuro Design CX-9 dan CX-5 Meluncur di Indonesia

Di Indonesia, Toyota Raize sendiri hadir dalam enam varian yaitu 1.0 Turbo GR Sport CVT TSS, 1.0 Turbo GR Sport CVT, 1.0 Turbo G CVT, 1.0 Turbo G M/T, serta varian 1.2 G CVT dan 1.2 G M/T. Harga mulai  Rp 219,9 juta sampai Rp 265,9 juta on the road (OTR) Jakarta.

Apakah Hyundai Indonesia akan mengikuti tren pasar dengan membawa unit AX1 ke Indonesia? Kita tunggu saja, secara segmentasi untuk pasar compact SUV saat ini masih terbilang luas.

Untuk mengatahui update berita-berita otomotif terbaru pantau terus Moladin.com

Terbaru