oleh

9 Arti Logo Mobil di Dunia, Penuh Makna!

Setiap perusahaan tentunya memiliki logo perusahaan dengan masing-masing maknanya. Begitu juga degan arti logo mobil, dibalik bentuk dan warnanya ada arti dan sejarahnya yang menarik untuk dibahas.

Adapun bentuk dari masing-masing logo perusahaan otomotif di dunia bermacam-macam. Mulai dari warna sampai desainnya. Saking menariknya, beberapa pecinta otomotif bangga memakai baju atau topi yang ada logo salah satu perusahaan otomotif tersebut.

Nah, mau tahu apa saja arti logo mobil yang selama ini beredar di Indonesia dan di kancah Internasional. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Toyota

Arti logo mobil
Logo Toyota

Arti logo mobil yang pertama adalah Toyota. Siapa yang tak kenal dengan merek Toyota? Pabrikan otomotif asal Jepang ini mempunyai logo yang tergolong simpel, hanya dua oval yang menyatu dengan posisi kombinasi vertikal dan horizontal membentuk huruf ‘T’.

Namun begitu, ternyata logo dari Toyota ini mempunyai arti penting yang berkaitan dengan filososfi bisnis dari Toyota. Di dalam logo Toyota ada tiga oval. Pertama adalah yang berada di luar. Kemudian dua oval lainnya saling tumpang tindih.

Dari dua oval di dalam itu ada yang posisinya vertikal, mewakili pelanggan. Kemudian untuk oval satu lagi, posisinya horizontal yang mewakili pabrikan atau Toyota itu sendiri.

Jadi, jika dirangkum arti logo mobil Toyota cukup dalam. Merek ini selalu ingin menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Di mana Toyota memberikan kualitas produk dan layanan yang memuaskan.

Baca juga  Promo Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander, Diskon Rp 10 Juta

2. Daihatsu

Arti logo mobil
Logo Daihatsu

Arti logo yang kedua adalah dari merek Daihatsu. Saudara dekat dari Toyota ini mengusung logo huruf ‘D’. Daihatsu sendiri mempunyai arti ‘pertama’.

Kata “Da” memiliki makna besar, sementara “O” punya makna huruf pertama dari kata “Saka” dan “Hatsu”. Secara tulisan sebenarnya adalah Da-o-hatsu, namun ketika dibaca menjadi Daihatsu.

3. BMW

Arti logo mobil
Logo BMW

Arti logo mobil selanjutnya yang akan diulas adalah BMW. Merek ini mengusung logo perpaduan lingkaran yang didalamnya ada corak warna biru dan putih serta tulisan BMW.

Warna biru dan putih di bagian tengah melambangkan baling-baling pesawat yang sedang berputar. Alasannya, dulunya BMW adalah perusahaan pembuat pesawat sebelum beralih menjadi pabrikan pembuat mobil dan sepeda motor. Oh ya, warna biru dan putih sendiri merupakan bagian dari bendera Bavaria.

4. Hyundai

Arti logo mobil
Logo Hyundai

Kemudian, arti logo selanjutnya dari Hyundai. Logo yang berbentuk huruf ‘H’ miring ini sebenarnya lambang dua orang berjabat tangan.

Secara filosifis, Hyundai ingin itu mengatakan lewat logo bahwa itu adalah perlambangan kepercayaan antara kedua belah pihak. Keduanya adalah pelanggan dan pabrikan atau Hyundai.

5. Volvo

Arti logo mobil
Logo Volvo

Nama Volvo diambil dari bahasa Latin yang mempunyai arti berputar. Kemudian, tanda panah mengarah ke atas menjorok kanan di dalam logo lingkaran merupakan simbol bangsa Romawi untuk dewa perang yaitu Mars.

Baca juga  Panduan Modifikasi Calya, Biar Tidak Mirip Taksi Online

Arti logo mobil Volvo kemudian banyak yang mengartikan sebagai besi, karena senjata pada saat itu terbuat dari logam. Terbukti, mobil Volvo terkenal dengan kekuatan yang mumpuni, bahkan ada yang menyebutnya mobil badak.

6. Tesla

Arti logo mobil
Logo Tesla

Arti logo mobil yang menarik diulas berikutnya adalah Tesla. Banyak yang beranggapan  logo ‘T’ sebagai atribut untuk Nikola Tesla sang penemu Tesla Coil.

Nyatanya, asumsi tersebut salah. Hal itu baru diketahui sebagai suatu kesalahan setelah dikonfirmasi langsung oleh Elon Musk pada 2017 lalu. Jawaban ini muncul sebagai respons dari pertanyaan pengguna twitter bernama UKPJD.

“Sama seperti SpaceX berimbuhan ‘X’ yang berasal dari kemiripan dengan jejak terbang roket, ‘T’ juga mirip dengan ‘sayatan’ melintang di motor elektrik,” ungkap Kepala Eksekutif SpaceX, Elon Musk itu di akun Twitternya.

7. Subaru

Arti logo mobil
Logo Subaru

Dalam bahasa Jepang kata “Subaru” mempunyai arti “bersatu”. Kemudian, bintang-bintang di logo Subaru merupakan kumpulan bintang dalam konstelasi Taurus yang disebut Pleiades.

Bintang terbesar merepresentasikan Fuji Heavy Industries, dan lima bintang lain yang lebih kecil menggambarkan lima perusahaan yang bergabung membentuk Fuji Heavy Industries. Selain itu, kumpulan bintang dalam konstelasi Taurus yang memiliki warna kebiruan menjadi alasan Subaru untuk mengadopsi warna sama sebagai latar belakang logo.

Baca juga  Harga Toyota Voxy 2022, Naik Tinggi!

8. Mercedes-Benz

Arti logo mobil
Logo Mercedes-Benz

Arti logo mobil Mercedes-Benz melambangkan dominasi di darat, laut dan udara, sesuai tiga sudut dari logo bintang yang ada.

Nama Mercedes berasal dari putri pasangan Daimler Emil Jellinek (1853-1918). Benz berasal dari Karl Benz (1844-1929), pembuat mobil asli pertama. Saat kedua perusahaan bergabung pada tahun 1926, Mercedes-Benz lahir.

Logo tersebut berasal dari kartu pos yang dikirim pada tahun 1870-an oleh Gottlieb Daimler kepada istrinya, di mana dia menandai tempat tinggalnya dengan bintang bersudut tiga dan menuliskan “Suatu hari bintang ini akan bersinar di atas pabrik-pabrik kita yang berjaya.”

Sebagai informasi, logo Mercedes-Benz pertama kali digunakan di mobil buatan mereka pada tahun 1910.

9. Mitsubishi

Arti logo mobil
Logo Mitsubishi

Arti logo mobil Mitsubishi diambil dari makna ‘Mitsu’ yang berarti tiga dan ‘Hishi’ berarti caltrop air atau yang sering digunakan untuk menyebut belah ketupat atau intan. Orang Jepang sering membengkokkan bunyi “h” menjadi “b” saat muncul di tengah kata.

Tanda tiga berlian dipilih oleh pendiri Yataro Iwasaki (1835-1885). Itu memanggil lambang tiga daun dari Klan Tosa, sebagai majikan pertamanya dan tiga belah intan bertumpuk dari lambang keluarga Iwasaki.

Moladiners, itulah ulasan beberapa arti logo mobil yang beredar saat ini. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru