Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Seberapa Irit Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid, Hasilnya Bikin Kaget!

by Firdaus Ali
Beli Suzuki XL7 dapat Jimny

Berikut kami ulas mengenai konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid. Di mana pengujian irit tersebut kami lakukan saat acara Test Drive Suzuki XL7 Hybrid di Yogyakarta selama 2 hari (3-4 Juli 2023).

Selama dua hari di Kota Gudeg tersebut, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memberikan kesempatan kepada beberapa awak media untuk menguji secara langsung Suzuki XL7 Hybrid untuk menyusuri jalanan dalam kota dan ke tempat wisata dengan kontur jalan yang naik turun.

Selain itu, dalam menyusuri Kota Yogyakarta dan tempat wisata, kami tidak mengakitfkan idling stop system. Dalam artian kami ingin menguji konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid dengan kondisi mesin tetap menyala saat melewati kemacetan jalan.

Sebagaimana diketahui, fitur idling stop system berfungsi untuk mematikan mesin saat mobil dalam posisi berhenti sejenak, seperti saat di lampu merah atau saat mobil terjebak kemacetan. Kemudian mesin akan menyala kembali saat pedal gas diinjak. Fitur idling stop system itu umumnya digunakan oleh pabrikan otomotif untuk menekan konsumsi bahan bakar, alias supaya irit.

Baca juga  Hyundai Creta Semakin Dekat untuk Produksi Lokal

Kembali ke pembahasan konsumsi BBM XL7 Hybrid, dalam pengetesan di Yogyakarta selama 2 hari dengan menyusuri kota dan wilayah dengan jalan naik turun, total jarak yang kami tempuh adalah 359 kilometer. Adapun untuk hasil konsumsi BBM yang tertera di odometer adalah 10,5 km/liter.

Teknologi Yang Bikin Suzuki XL7 Hybrid Irit BBM

Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid

Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid tanpa menggunakan fitur idling stop system

Sebagai catatan, hasil konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid dalam pengetesan di Yogyakarta tersebut berbeda-beda untuk setiap mobilnya. Dari 8 mobil, hasil paling irit diperoleh angka 13,8 km/liter. Adapun hasil tersebut diperoleh dengan memanfaatkan fitur idling stop system dan menginjak pedal gas dengan pelan-pelan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa konsumsi BBM XL7 Hybrid bisa lebih irit, jika pengemudi mengaktifkan semua fitur pendukung serta mengemudi dengan gaya yang santai. Walau demikian, hasil tersebut juga tidak terlalu istimewa untuk mobil yang mengklaim dirinya hybrid.

Intinya kalau mau Konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid irit, pengemudi harus menyetir dengan gaya yang santai ditambah dengan mengaktifkan fitur idling stop system.

Baca juga  Detail Spesifikasi Toyota Corolla Cross, Harga Booking Rp 10 Juta

Gambaran besarnya, Suzuki XL7 Hybrid bisa irit BBM karena sudah menggunakan teknologi ISG dan baterai Lithium-ion 10 Ah yang didukung teknologi mild hybrid atau smart hybrid vehicle by suzuki (SHVS) yang dipadukan dengan mesin K15B 1.500 cc, 4 silinder. 

Fitur idling stop system yang berfungsi untuk mematikan mesin saat mobil dalam posisi berhenti sejenak. Seperti saat di lampu merah atau saat mobil terjebak kemacetan, mesin akan mati otomatis. Kemudian mesin akan menyala kembali saat pedal gas diinjak.

“Teknologi SHVS bisa mereduksi gas buang hingga 15% dibandingkan dengan XL7 non-hybrid. Ini lumayan berpengaruh, apalagi jika dikaitkan dengan isu lingkungan,” ungkap Head of Public Relations PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Zulfikar Rafi Al Ghany.

Itulah bahasan soal konsumsi BBM Suzuki XL7 Hybrid. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika