by

Citroen C5 X, Mobil Flagship Baru Pabrikan Prancis

Di tengah gempuran segmen SUV dan sedan mewah di dunia otomotif. Citroen justru menghadirkan mobil terbarunya berbasis crossover, bernama Citroen C5 X.

Inilah andalan baru mereka yang hadir dengan desain mewah. Kehadiran Citroen C5 X yang kini dibalut dengan sangat premium, secara tidak langsung menggantikan sedan mewah mereka C5 yang sudah berhenti produksi pada 2017 lalu. Sementara jauh sebelumnya, posisi C5 sendiri juga dihadirkan untuk menggantikan model sedan C6 yang dipensiunkan pada 2012.

Melanjuti kesuksesan dua model sebelumnya ini, Citroen menghadirkan bentuk baru yakni crossover yang dibalut dengan beberapa penyempurnaan sehingga membuatnya menjadi pusat perhatian. Dikatakan Citroen, kehadiran C5 X ini sebagai model flagship terbaru mereka.

Tampilannya mirip sedan, tapi agak tinggi seperti sebuah crossover. Pokoknya tidak terlihat biasa.

Sejatinya, kehadiran model ini berkiblat pada mobil konsep yang pernah mereka tampilkan pada Paris International Motor Show 2016 silam. Namun, jika dibandingkan dengan wujud aslinya yang kini sudah dihadirkan, ada beberapa perbedaan dan pastinya bentuk produksi tersebut hadir dengan desain yang lebih sederhana.

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Jadi Mobil Dinas Kang Emil

Bicara mengenai platformnya, Citroen C5 X dibangun di atas EMP2 yang juga menjadi basis dari pengembangkan terhadap model Peugeot 508 dan Citroen DS 9. Model ini hadir dengan sistem penggeram roda belakang.

Spesifikasi Citroen C5 X Dibekali dengan Fitur Berkendara Otomatis

Citroen C5 X

Sementara itu, meski penggunaan platform ini tidak diperuntukkan untuk kendaraan yang ramah lingkungan alias mobil listrik. Namun, pada Citroen C5 X yang hadir dengan desain modern, prinsipal sudah membekali model tersebut dengan fitur plug in hybrid.

Bicara kemampuan tenaga yang dihasilkan, dari mesin tersebut produsen mengklaim dapat memompa tenaga sebesar 225 hp yang berasal dari motor listrik inline 4 turbocharger. Dengan bekal mesin tersebut, mobil ini dapat menempuh jarak 31 mil hanya dengan sistem listrik yang dimiliknya.

Bicara spesifikasi lainnya, Citroen C5 X menyuguhkan kluster instrument digital terbaik dengan sistem infotainment lebar yang berbasis layar sentuh. Bahkan, pabrikan juga sudah menawarkan fitur head up display, sehingga cita rasa berkendaranya menjadi lebih baik lagi.

Citroen C5 X juga sudah dibekali dengan fitur semi otonom level 2. Ada teknologi adaptive cruise control, lane keep assist, blind spot detection, rear cross traffic alert, dan kamera 360. Namun, teknologi tersebut cuma bisa dimanfaatkan pada kondisi tertentu. Artinya pengendara harus tetap memperhatikan jalan.

Baca juga  Mobil Listrik MG ZS EV Pamer di IIMS Hybrid 2021

Ada pula fitur kenyamanan seperti hands free access yang bisa digunakan untuk membuka dan menutup kendaraan yang mengandalkan jarak seberapa dekat pengemudi dengan mobil.

Meski produk ini akan dirilis ke beberapa negara maju, namun untuk pasar Amerika Serikat, tampaknya model ini tidak akan mendarat di sana. Pasalnya, CEO Stellantis, tidak tertarik untuk mendatangkan model ini ke Negeri Paman Sam tersebut.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Terbaru