4 Perbedaan Hyundai Creta Facelift dan Creta Lama, Siap-siap Mesin Baru?

by Ivan
Hyundai Creta facelift segera meluncur

Awal tahun 2024 dimaksimalkan Hyundai menggebrak segmen Compact SUV dengan merilis kisi-kisi Hyundai Creta facelift di India.

Dari teaser yang disebar terlihat bintang Bollywood Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone berpadu siluet Hyundai Creta facelift yang menampilkan fascia dan belakang serba baru serta kabin lebih fresh.

Dua bintang Bollywood Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone berpadu siluet Hyundai Creta facelift

Dua bintang Bollywood Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone .berpadu siluet Hyundai Creta facelift

Hyundai Creta facelift terlihat ingin mengubah kelemahan esensial Creta lama yang kerap disorot perihal desain pada area buritan.

Tanpa berlama-lama, ini dia 4 perbedaan utama Hyundai Creta Facelift dan Creta lama :

1. Fascia Hyundai Creta Facelift

Fascia Hyundai Creta facelift akan lebih modern dan gagah

Fascia Hyundai Creta facelift akan lebih modern dan gagah

Revisi desain yang diterapkan pada Hyundai Creta facelift sukses membuat penampilannya lebih modern. Pasalnya dengan proporsi wajah lama, bikin Creta terasa kuno jika dibanding wajah rival semisal Honda HR-V yang tampak agresif sarat tarikan garis.

Nah Hyundai Creta facelift yang segera rilis di India ini memang berbeda signifikan dengan Creta yang notabene sudah facelift dan dijual di Indonesia, Malaysia dan juga Thailand. Fascia Creta di pasar ketiga negara Asia Tenggara itu lebih bergaya Tuscon.

Baca juga  Hyundai Creta Vs Honda HR-V, Beli yang Mana?

Sementara fascia baru tampak lebih bersudut dan macho, dengan gril persegi dan skid plate lebih tajam. Tampilannya cenderung lebih mengotak dan kap mesin yang gagah diperkuat DRL LED memanjang berbentuk L terbalik layaknya getaran Palisade facelift.

2. Buritan Lebih Dinamis

Bagian belakang mengadopsi desain buritan Palisade

Bagian belakang mengadopsi desain buritan Palisade

Seperti sudah disinggung sebelumnya, Hyundai Creta facelift ini sukses mengobati bagian belakang yang cenderung monoton.

Pada buritan kini dihias lampu belakang LED berukuran lebar model huruf L terbalik yang sama di bagian tepinya dengan lampu Palisade. Tampilannya benar-benar berbeda dari bagian belakang Creta lama yang memiliki lampu belakang khas model ‘J’ namun banyak menyisakan ruang kosong.

Apron belakangnya Creta facelift juga lebih persegi dan tebal, sehingga nampak agak menonjol. Dipastikan jika Hyundai menginginkan tampilan Creta yang lebih kokoh.

3. Interior Hyundai Creta Facelift serba baru

Interior berubah dengan layout dasbor lebih segar

Interior berubah dengan layout dasbor lebih segar

Interior Hyundai Creta facelift juga sudah dirombak. Tampilan konsol tengah seperti ‘air terjun’ yang lebih tradisional kini diubah dengan layout baru dan menampilkan layar ganda yang digabungkan.

Baca juga  8 Kelebihan Hyundai Creta Dibanding HR-V, Masih Ragu Beli?

Tidak hanya itu, siluet Creta facelift juga menampilkan ventilasi udara lebih rendah, dan konsol tengah tinggi. Perubahan ini sejalan dengan sentuhan baru di Palisade yang belum lama ini juga mengalami perubahan tata letak dasbor serupa.

4. Hyundai Creta Facelift pakai mesin baru?

Mesin 1.500 cc milik Hyundai Creta serupa dengan punya Stargazer

Hyundai juga tengah mempersiapkan mesin baru untuk Creta facelift

Beberapa informasi dari media otomotif lokal di India menyebutkan jika Hyundai Creta facelift akan resmi diluncurkan pada 16 Januari 2024. Di sana terdapat pilihan mesin bensin dan diesel 1.5L, yang dipasangkan dengan transmisi manual, CVT, dan otomatis konvensional.

Namun kabarnya akan ada mesin baru 1.5L turbo bertenaga 160 hp dengan opsi gearbox manual atau kopling ganda yang disiapkan untuk menggantikan unit 1.4L turbo yang lama. Jika poin terakhir ini direalisasi maka dipastikan Creta bakal memiliki daya tarik lebih dengan range pilihan mesin beragam sesuai selera konsumen.

Harga Hyundai Creta di Indonesia Awal Tahun 2024

test drive hyundai creta

Creta secara global punya pilihan mesin bensin dengan turbo dan diesel, tapi tidak masuk Indonesia

Persiapan launching Hyundai Creta facelift di India juga diprediksi bakal menular hingga ke Tanah Air. Mengingat saat ini potensi dan penetrasi penjualan Hyundai Creta yang tidak bisa disepelekan.

Baca juga  Konsumsi BBM Hyundai Creta, Seirit Apa?

Saat ini harga Hyundai Creta dijual range Rp 291,3 – 408,3 juta terbagi dalam 6 varian. Varian pertama ialah Hyundai Creta Trend MT dengan banderol 313 juta, Hyundai Creta Trend IVT Rp 333,5 juta, Hyundai Creta Active MT seharga 291,3 juta.

Kelebihan Hyundai CretaTiga varian lain merupakan Hyundai Creta Dynamic Black Edition Rp 350 juta, Hyundai Creta Stle IVT Rp 376 juta dan versi pamungkas ialah Hyundai Creta Prime IVT yang dijual seharega 408,3 juta.

Adapun pilihan warna Hyundai Creta terdiri dari Creamy White Pearl, Dragon Red Pearl, Galaxy Blue Pearl, Midnight Black Pearl, Titan Gray Metallic, Magnetic Silver Metallic, dan Glowing Silver Metallic.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika