Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid 2023, Baterai Lebih Besar!

by Firdaus Ali
Mobil Suzuki XL7 bisa menenggak Pertamax Green 95

Berikut akan kami ulas mengenai beberapa kelebihan Suzuki XL7 Hybrid yang baru saja meluncur Kamis (15/6/2023). Adapun salah satu keunggulan di kelasnya adalah spion tengah yang bisa menjadi layar kamera depan dan belakang.

Suzuki XL7 Hybrid  hadir dengan dimensi panjang 4.450 mm, lebar 1.775 mm, dan tinggi 1.710 mm. Sementara itu jarak sumbu rodanya 2.740 mm dan jarak ground clearance 200 mm.

Untuk desain eksterior, sekilas memang masih sama dengan XL7 generasi sebelumnya. Hanya saja jika perhatikan lebih jauh terdapat beberapa ubahan yang membuat tampilanya lebih ciamik.

Khusus untuk varian tertinggi atau XL7 Alpha Hybrid, ditawarkan pilihan warna bodi two tone dengan lebih banyak aksen hitam. Seperti dibagian atap, grilee depan dan velg 16 inch yang dibalut ban berprofil 195/60 R16 . Oh ya, untuk menegaskan sebagai mobil ramah lingkungan, terdapat emblem Alpha warna biru beserta logo hybrid di bodi belakang.

Adapun pilihan warna bodi di varian Alpha ada Savanna Ivory/Black, Sunrise Orange/Black, White/Black, dan Cool Black (monotone).

Masuk ke bagian interior, kesan elegan cukup terlihat berkat dominasi warna hitam yang menyelimuti jok, doortrim dan bagian dashboard. Terdapat pula aksen wood panel di dashboard dan di panel pintu sebagai pemanis.

Soal daya tampung penumpang, Suzuki XL7 Hybrid mampu mengakomodir 7 orang dengan konfigurasi tiga baris bangku 2+3+3. Jok baris kedua bagian tengah tidak memiliki headrest tengah, walau demikian tersedia handrest.

Untuk memaksimalkan kapasitas bagasi, jok baris kedua dan ketiga bisa dilipat rata lantai, sehingga menghasilkan ruang bagasi yang sangat luas untuk meletakkan barang.

Selain tampilan eksterior dan interior yang sedap dipandang mata, masih terdapat hal lain yang menjadi kelebihan Suzuki XL7 Hybrid. Biar tidak penasaran, berikut ulasannya.

Baca juga  Suzuki Landy 2022 Meluncur, MPV Saingan Voxy dan Serena!

1. Ada Fitur e-mirror Touchscreen

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid

spion e-mirror touch screen di suzuki xl7 hybrid jadi pembeda dibanding kompetitor

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid yang pertama adalah dengan adanya fitur e-mirror touchscreen. Fitur ini terletak di spion tengah yang sudah mengadopsi layar digital yang terintegrasi dengan dashcam.

Selain bisa menampilkan gambar di depan dan belakang mobil, e-mirror tersebut bisa merekam perjalanan. Tentu ini menjadi sebuah poin plus dari Suzuki XL7 Hybrid yang tidak dimiliki para pesaingnya seperti Daihatsu Terios, Honda BR-V, Toyota Rush, hingga Mitsubishi Xpander Cross.

Beberapa fitur lain yang ada di XL7 versi hibrida adalah cruise control. Ada pula gear shift indacator untuk varian MT Hybrid yang bisa memberitahukan waktu terbaik untuk pindah gigi. Hill hold control pun muncul khusus varian AT Hybrid untuk meningkatkan kemampuan menanjak.

Selanjutnya, untuk fitur keselamatan masih mempertahankan yang ada di model lama. Seperti anti-lock braking system (ABS), electronic stability programme (ESP), dual airbag, dan electronic brake distribution (EBD), serta fitur lain.

2. Mesin Sudah Mild Hybrid

kelebihan suzuki xl7 hybrid 2023 - mesin

Sistem mild hybrid di XL7 tidak meningkatkan performa mesin di atas kertas

Selanjutnya, kelebihan Suzuki XL7 Hybrid juga terdapat dari sisi jantung pacunya yang sudah mengusung teknologi Mild Hybrid. Inilah yang tidak dimiliki para pesaingnya seperti Honda BR-V, Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross, Toyota Rush, dan Daihatsu Terios.

XL7 Hybrid menyematkan mesin K15B 1.500 cc, 4 silinder yang digabungkan dengan teknologi ISG dan baterai Lithium-ion yang didukung teknologi mild hybrid atau smart hybrid vehicle by suzuki (SHVS). Di atas kertas, performa mesin tersebut diklaim mampu melontarkan tenaga sebesar 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm pada 4.400 rpm melalui transmisi manual (MT) 5-percepatan atau otomatis (AT) 4-percepatan.

Baca juga  Bocoran Mobil Mungil Suzuki Terbaru, Murah!

Ini memang cuma mild hybrid yang masih mengandalkan mesin bensin untuk menggerakkan roda, tidak ada motor elektrik sama sekali. Walau demikian, SUzuki mengklaim efek kehadiran teknologi mild Hybrid bisa membuat XL7 jadi semakin irit BBM dan mengurangi emisi gas buang.

“Penggunaan teknologi SHVS menjadikan New XL7 Hybrid sebagai pelopor SUV 7 penumpang di kelasnya yang menggunakan teknologi hybrid. Keluarga Indonesia bisa segera merasakan pengalaman baru berpetualang bersama New XL7 Hybrid sekaligus berkontribusi positif terhadap lingkungan,” kata Matsushita Ryohei selaku 4W Managing Director Sales & Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

3. Kapasitas Baterai Lebih Besar Dibanding Ertiga Hybrid, Lebih Ramah Lingkungan

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid

Kapasitas baterai XL7 Hybrid 10 Ah

Suzuki XL7 Hybrid memang mengadopsi sistem hybrid yang sama dengan Ertiga Hybrid. Namun begitu untuk kapasitas baterainya lebih besar punya XL7 Hybrid yaitu 10 Ah, sementara Ertiga Hybrid hanya 6 Ah. Oh ya, kapasitas baterai yang digunakan XL7 Hybrid sama dengan yang digunakan Suzuki Grand Vitara Hybrid, yaitu 10 Ah.

Efeknya punya baterai lebih besar, tentu bisa menampung tenaga listrik lebih banyak. Fungsi engine auto start-stop juga bisa bekerja lebih optimal untuk meminimalisir penggunaan bahan bakar ketika tidak diperlukan, sehingga emisi gas buang serta konsumsi bahan bakar pun dapat dikurangi selama perjalanan.

“Teknologi SHVS bisa mereduksi gas buang hingga 15% dibandingkan dengan XL7 non-hybrid. Ini lumayan berpengaruh, apalagi jika dikaitkan dengan isu lingkungan,” ungkap Head of Public Relations PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Zulfikar Rafi Al Ghany saat peluncuran perdana di daerah Senayan, Jakarta.

Kemudian yang menarik dari peluncuran Suzuki XL7 Hybrid 2023, pabrikan berlogo S memberikan layanan aftersales berupa garansi resmi baterai Lithium-ion hingga 8 tahun. Ini berlaku bukan cuma buat XL7 terbaru, tapi juga Ertiga Hybrid dan Suzuki Grand Vitara Hybrid.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross, Ketahui Sebelum Membeli

Lebih lanjut, teknologi SHVS yang praktis dan minim biaya perawatan ini tidak perlu dikhawatirkan oleh penggunanya, karena untuk komponen Lithium-ion battery sudah dijamin oleh Suzuki melalui kebijakan garansi resmi selama 8 tahun.

4. Warna Bodi Two Tone

kelebihan suzuki xl7 hybrid 2023 - tampak belakang

Warna bodi two tone di XL7 Hybrid tidak dipunya kompetitor

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid 2023 selanjutnya adalah eksteriornya punya warna bodi two tone khusus untuk varian Alpha. Tersedia warna Savanna Ivory/Black, Sunrise Orange/Black, dan White/Black. Ciri khasnya dapat terlihat dari warna atap mobil yang hitam.

Warna bodi two tone tersebut disebut sebagai keunggulan, lantaran kompetitor seperti Honda BR-V, Toyota Rush, Daihatsu Terios, hingga Mitsubishi Xpander Cross belum memilikinya. Dengan eksterior punya dua warna, tentunya membuat SUV ini terlihat lebih menarik di jalanan.

5. Harga Terjangkau

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid

Suzuki XL7 Hybrid meurpakan salah satu LSUV dengan harga yang terjangkau

Kelebihan Suzuki XL7 Hybrid selanjutnya adalah harga jual yang terjangkau. Banderolnya mulai Rp 283,9 juta untuk varian Beta MT Hybrid dan yang termahal cuma Rp 304,9 juta khusus varian Alpha AT Hybrid.

Walau demikian, Suzuki tetap menjual Suzuki XL7 mesin konvensional di varian Zeta yang banderolnya lebih murah. Berikut harga lengkap XL7 2023 yang berlaku OTR Jakarta:

  • New Suzuki XL7 Beta MT Hybrid: Rp 283.900.000
  • New Suzuki XL7 Beta AT Hybrid: Rp 294.900.000
  • New Suzuki XL7 Alpha MT Hybrid: Rp 293.900.000
  • New Suzuki XL7 Alpha AT Hybrid: Rp 304.900.000
  • New Suzuki XL7 Zeta MT: Rp 256.100.000
  • New Suzuki XL7 Zeta AT: Rp 267.100.000

Itulah tadi bahasan kelebihan Suzuki XL7 Hybrid 2023. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika