Selasa, Mei 28, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Modifikasi Stargazer Jadi Stargazer X, Habis Biaya Berapa?

by Tigor Sihombing
Mobil Bekas Low MPV

Kira-kira bisa tidak modifikasi Stargazer jadi Stargazer X? Pasalnya kedua mobil tersebut sesungguhnya punya basis sama, namun dibedakan lewat penggunaan beberapa komponen saja.

Hyundai Stargazer X punya aura SUV lebih kental, oleh karena itulah dilengkapi roofrail, over fender, hingga kaki-kaki yang lebih jenjang. Khusus kaki-kasi, ternyata ubahannya ada di ukuran velg naik 1 inci jadi 17 inci. Kemudian diameter ban juga bertambah sekitar 5 mm jadi 638 mm dibanding Stargazer MPV, lalu untuk ukuran bannya pakai profil 205/50 R17.

“Diameter ban Stargazer X sedikit lebih besar yakni di 638 mm, sementara Stargazer 632 mm. Lalu ukuran ban Stargazer X menggunakan profil 205/50 R17, sementara Stargazer MPV memiliki pelek berukuran 16 inci dengan profil ban 205/55 R16. Tidak ada ubahan suspensi, settingan suspensi masih sama dengan varian Stargazer lainnya,” kata Product Expert Assistant Manager PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Bonar Pakpahan dalam Media Drive Experience: Unleash the X in You with STARGAZER X di Yogyakarta, Senin (28/8/2023).

Ubahan itu sukses membuat LSUV Hyundai itu lebih jangkung dengan ground clearance bertambah 5 mm jadi 200 mm. Kalau mau modifikasi Stargazer jadi Stargazer X untuk kaki-kaki, Bonar Pakpahan menyarankan penggunaan ukuran velg dan ban yang sama. Pasalnya hal tersebut merupakan batas toleransi terbaik dan ternyaman untuk Stargazer MPV untuk upgrade sektor rodanya.

Baca juga  5 Spesifikasi Hyundai Ioniq 6 2023 dan Harganya, CBU Tapi Murah!

Kami pun sudah mencoba langsung test drive dengan Stargazer X yang pakai velg 17 inci. Hasilnya meski ground clearace lebih tinggi, tapi kenyamanan berkendaranya tetap terjaga. Mobil sangat stabil saat diajak berkendara hingga kecepatan di atas 100 Km/jam di tol. Bantingan suspensinya juga masih istimewa seperti halnya Stargazer MPV, ini dirasakan ketika melewati jalan berkelok-kelok membelah pegunungan ketika berkendara dari Jogja ke Solo.

Bila kamu mau ganti velg Stargazer dari 16 inci jadi 17 inci, pun tidak perlu menggunakan punya Stargazer X. Di pasar arftermarket tentunya banyak tersedia velg 17 inci dengan ukuran serupa yang desainnya bervariasi. Soal harga velg 17 inci sekitar  harganya bervariasi mulai dari Rp 5-8 jutaan.

Kemudian ban aftermarket ukuran 205/50 R17, harganya sekitar Rp 3,5 jutaan. Jadi total modifikasi Stargazer jadi Stargazer X untuk bagian kaki-kaki sekitar Rp 10 jutaan.

Hyundai Tidak Merekomendasikan Aksesori Stargazer X untuk Stargazer

modifikasi stargazer jadi stargazer x - roofrail

Roof rail Hyundai Stargazer X tidak bisa mengangkut beban, hanya pemanis untuk menambah aura SUV

Lantas bagaimana bila mau modifikasi Stargazer jadi Stargazer X dengan menambahkan berbagai aksesori lain seperti roofrail, over fender, bumper, dan lain-lain? Apakah hal tersebut dimungkinkan?

Baca juga  Hyundai Prophecy, Mobil Listrik Bergaya Sports Car

Bonar Pakpahan menjelaskan bahwa mengubah Hyundai Stargazer menjadi Stargazer X sebenarnya akan berdampak pada biaya modifikasi yang cukup tinggi. Di samping itu hal tersebut tidaklah disarankan, lantaran pemasangannya cukup rumit dan butuh perhitungan yang cermat. Bisa dikatakan, aksesori yang ada di Stargazer X tidak semua plug n play untuk Stargazer MPV.

“Perbedaan antara keduanya tidak hanya terletak pada ukuran ban dan pelek saja, tetapi juga pada komponen lain seperti fender dengan molding yang berbeda, begitu juga dengan bumpernya. Dan untuk aksesori roofrail, jika ingin dipasang, harus dengan perhhitungan cermat,” tambah Bonar.

Kemudian yang juga membuat kami agak kecewa, ternyata roofrail Stargazer X hanyalah hiasan. Dengan kata lain, komponen yang terletak di atap mobil itu tidak bisa digunakan sebagai dudukan roofrack dan roofbox bila mau membawa barang.

Modifikasi Stargazer jadi Stargazer X yang disarankan oleh Bonar Pakpahan sesungguhnya hanya bagian interior yaitu dashboard. Secara tampilan, komponen ini lebih tipis dan agak cekung di bagian pengemudi (persis milik Stargazer Facelift 2023). Alhasil dari sisi visibilitas berkendara, tentunya membuat pengemudi jadi lebih mudah melihat jalanan sekitar dan jarak pandang lebih luas. Harga dasbor Stargazer X untuk dipasang pada Stargazer lama sekitar Rp 1,8 juta dan dapat diperoleh melalui dealer resmi.

Baca juga  Hyundai Casper, SUV Termurah yang Siap Lawan Rocky-Raize

Demikian ulasan soal modifikasi Hyundai Stargazer jadi Stargazer X yang ternyata tidak disarankan oleh pabrikan. Intinya kalau mau beli yang punya aura SUV kental, sebaiknya pilih Stargazer X. Sementara untuk versi MPV dengan tampilan elegan, Stargazer lebih pas.

Harga Stargazer X 2023 sendiri mulai dari Rp 325,6 juta untuk varian Style dan Rp 336,2 juta khusus varian Prime. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbarus seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika