Rabu, Juni 19, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Harga dan Spesifikasi Hyundai Stargazer X 2023, Varian Prime Pakai Speaker Bose!

by Firdaus Ali
Perbedaan Hyundai Stargazer X Prime dan Style

Akhirnya harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer X atau Stargazer Cross resmi diumumkan di Indonesia bertepatan dengan GIIAS 2023. Mobil LSUV ini dijual mulai Rp 325,6 juta (OTR Jakarta) untuk varian Style 7-seater dan yang termahal Rp 337,2 juta (OTR Jakarta) khusus varian Prime Captain Seat. 

Sebagai informasi, Stargazer versi SUV ini memang berbeda dari versi MPV. Tampak jelas dari kaki-kaki Stargazer Crossover dibuat lebih jenjang dengan velg 17 inch dengan desain diamond cut dan ban 205/55R17. Lalu agar penampilan lebih beraura SUV di eksterior, hadir roof rail, grille depan baru, hingga overfender. Bicara fitur, Hyundai memberinya rem cakram di roda belakang, rem parkir elektrik, serta kemunculan speaker BOSE khusus varian Prime.

“Hyundai Stargazer X didesain berdasarkan aspirasi pelanggan Indonesia. Mengusung konsep ‘Unleash the X in You’, Hyundai Stargazer X hadir sebagai kendaraan yang menawarkan kenyamanan dan penampilan yang stylish bersama fitur keamanan yang lengkap untuk memberikan pengalaman mobilitas terbaik,” kata Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto di GIIAS 2023.

Kehadiran LSUV ini di Indonesia sekaligus menjadi kompetitor dari Suzuki XL7, Mitsubishi Xpander Cross, Daihatsu Terios, hingga Toyota Rush. Penasaran lebih detail soal harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer X yang meluncur di GIIAS 2023? Berikut bahasan lengkapnya:

Eksterior Stargazer Ala SUV

hyundai stargazer x tampak belakang

Velg 17 inci dan roof rail jadi ciri khas eksterior Stargazer X

Spesifikasi eksterior Hyundai Stargazer X atau Stargazer Cross punya ubahan yang cukup banyak dibanding versi MPV. Tampak grille depan yang dibuat lebih menonjol dengan aksen silver. 

Kemudian dari samping, terlihat penggunaan velg baru dengan desain lebih tegas. Soal ukuran velg, lebih besar dibanding Stargazer versi MPV. Di varian SUV ini sepertinya mengandalkan dimensi 17 inci dengan ban 205/55 R17. Ubahan lain terlihat dari kemunculan over vender yang menjadikannya semakin gagah.

Baca juga  6 Bocoran Fitur Hyundai Creta Terbaru, SUV Canggih!

Hyundai juga memberi eksterior Stargazer X fitur roof rail. Jika bukan sekadar estetika, harusnya roof rail bisa dijadikan dudukan untuk roof bar dan roof rack. Alhasil pemilik mobil bisa meletakkan barang di atap. Kemudian yang juga menarik adalah di bagian belakang, ada spoiler atap yang terlihat lebih panjang dibandingkan milik Stargazer MPV. Di atas kertas, dimensinya memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1,710 mm, dan wheelbase 2.780 mm. 

Desain eksterior Hyundai Stargazer X yang beraura SUV tersebut sebenarnya sudah bisa diduga. Apalagi bila melihat para kompetitor seperti Xpander Cross dan Suzuki XL7. 

Kemudian soal pilihan warnanya, Stargazer Crossover tersedia dalam dua warna unik yang tidak mengilap yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte.

“Stargazer X memperkenalkan warna eksterior matte kepada pasar Indonesia untuk pertama kalinya, yaitu Optic White Matte dan Gravity Gold Matte. Warnawarna ini memberikan sentuhan kepercayaan diri dan kekuatan untuk menarik perhatian,” kata Senior Designer, Exterior Design Team Hyundai Motor Company, Jaesup Park. 

Interior Stargazer Cross dengan Speaker BOSE dan Rem Parkir Elektrik

stargazer x captain seat 2023

Stargazer X Style dan Prime tersedia dalam varian captain seat

Kemudian untuk spesifikasi interior Hyundai Stargazer X 2023 memang masih serupa dengan model MPV. Dalam artian punya kabin luas dengan tiga baris bangku untuk 7-orang atau 6-orang menggunakan captain seat. Kemudian sudah ada ubahan terbaru, seperti dashboard bagian pengemudi yang lebih rendah untuk visibilitas lebih baik mengikuti Stargazer Facelift.

Kehadiran rem parkir elektrik dan rem cakram di roda belakang seperti Stargazer Prime 2023 juga ada di Stargazer X. 

Lalu yang juga menarik, ada speaker BOSE khusu varian Stargazer X Prime seperti halnya di Hyundai Creta Prime. Tentunya fitur audio tersebut memberi kenyamanan lebih untuk pengemudi dan penumpang ketika mendengar musik di perjalanan. Sebenarnya bukan hal aneh Stargazer dengan BOSE, pasalnya di Vietnam itu sudah terjadi. Fitur-fitur seperti Hyundai Bluelink dengan tombol SOS pun disematkan. Begitu pula dengan Hyundai Smartsense yang menjadikan berkendara lebih safety.

Baca juga  Biaya Servis Hyundai Ioniq 5, Semurah Apa?

Pembeda lain di interior Stargazer X Prime dibanding Style adalah kehadiran jok kulit dengan aksen jahitan warna merah. Tujuannya tidak lain memberi kesan sporty pada mobil LSUV ini.

Performa Mesin Hyundai Stargazer X, Tanpa Transmisi Manual

Mesin Hyundai Stargazer X

Mesin Stargazer X kemungkinan pakai 1.500 cc dengan transmisi IVT

Soal mesin, spesifikasi untuk Stargazer X masih sama dengan versi MPV. Terlebih jantung mekanis 1.500 cc tersebut memang sudah sangat mumpuni untuk kendaraan 7-seater, lantaran bukan cuma irit tapi juga punya performa mantap.

Di atas kertas, mesin 1.500 cc itu bisa menyemburkan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm pada 4.500 rpm. Hanya saja yang menarik justru datang dari pilihan transmisinya. Baik Stargazer X Style dan Prime 2023 cuma memiliki opsi CVT, tidak ada manual.

Tidak adanya pilihan transmisi manual, sesungguhnya bukan hal aneh untuk pasar otomotif Indonesia. Pasalnya hal tersebut pernah dilakukan oleh Honda dengan WR-V yang hanya punya transmisi CVT saat pertama kali meluncur. Efeknya, penjualan mobil SUV mungil itu laku-laku saja. Terlebih masyarakat Indoensia memang saat ini lebih menyukai mobil transmisi otomatis.

Daftar Harga Hyundai Stargazer X 2023

harga hyundai stargazer x 2023 - tampak belakang

Stargaazer X, mobil keluarga bergaya SUV

Setelah tahu spesifikasinya, berapa harga Hyundai Stargazer Cross 2023? Di Indonesia mobil ini dijual dalam varian Style dan Prime. Serta tersedia pilihan jok 7-seater dan captain seat. Banderolnya dijual mulai Rp 325,6 juta (OTR Jakarta) untuk varian Style 7-seater. Berikut daftar harganya:

  • Stargazer X Style iVT 7-Seater Rp 325,6 juta (OTR Jakarta)
  • Stargazer X Style iVT Captain Seat Rp 326,6 juta (OTR Jakarta)
  • Stargazer X Prime iVT 7-Seater Rp 336,2 juta (OTR Jakarta)
  • Stargazer X Prime iVT Captain Seat Rp 337,2 juta (OTR Jakarta)
Baca juga  9 Arti Logo Mobil di Dunia, Penuh Makna!

Kemudian untuk pilihan warna eksterior  Gravity Gold Matte dan Optic White Matte, konsumen harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 3,5 juta. Lalu untuk opsi warna two tone, tambah lagi Rp 1,5 juta. Banderol yang wajar, terlebih ketika fitur-fitur seperti Bluelink dan Hyundai SmartSense ikut hadir.

Dengan membayar harga Hyundai Stargazer X 2023 tersebut, konsum Hyundai berhak mendapat layanan aftersales seperti layanan pelanggan 24 jam yang bisa diakses melalui Hyundai Call Center, WhatsApp, dan Hyundai Bluelink. Layanan pelanggan 24 jam tersebut juga telah terintegrasi dengan layanan darurat 24 jam, seperti Roadside Assistance dan Take Me Home. Layanan after-sales HMID memastikan akses yang lebih mudah melalui solusi Mobile Service, Pick Up & Delivery Service, dan Service @myHyundai.

Agar kepuasan pelanggan makin optimal, layanan after-sales HMID didukung oleh jaringan dealer Hyundai di 131 titik di seluruh Indonesia. HMID juga menjamin ketersediaan suku cadang di Indonesia melalui program Hyundai Genuine Parts Availability 24 Hours Guarantee or Free, yang didukung oleh fasilitas Hyundai Parts Center seluas 1,2 hektare di Deltamas,
Cikarang, Jawa Barat dengan kapasitas penyimpanan lebih dari 30.000 item.

HMID juga menyediakan kenyamanan yang lebih baik untuk pelanggan STARGAZER X melalui Hyundai Guarantee, yaitu:

  • Gratis biaya suku cadang untuk pemeliharaan kendaraan rutin selama 3+1 tahun atau 60.000 km (yang mana yang tercapai lebih dulu)
  • Garansi dasar 3+1 tahun atau 100.000 km (yang mana yang tercapai lebih dulu)
  • Gratis biaya pemeliharaan kendaraan selama 5 tahun atau 75.000 km (yang mana
    yang tercapai terlebih dulu)

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga dan spesifikasi Hyundai Stargazer X atau Stargazer Cross 2023 yang meluncur di GIIAS. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika