Selasa, Juni 18, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara, Bagus Mana?

by Tigor Sihombing
Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Kali ini Moladin akan mengkomparasi data antara Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara. Di mana kedua model ini sama-sama menempati SUV kelas menengah.

Meski sebenarnya secara harga dan teknologi keduanya terpaut lumayan jauh. Harga Wuling Alvez 2023 mulai Rp 209 juta untuk varian SE, Rp 255 juta untuk varian CE dan Rp 295 juta type tertinggi EX. Sedangkan Suzuki Grand Vitara dibanderol Rp 359,4 juta untuk varian GL dan varian tertinggi GX 384,4 juta.

Kemudian untuk teknologi mesinnya, Wuling Alvez masih pakai jantung mekanis konvesional. Bandingkan dengan Suzuki Grand Vitara yang sedikit lebih maju dengan mengkombinasikan teknologi yang mereka namai Smart Hybird Vehicle by Suzuki (SHVS).

Apakah Suzuki Grand Vitara yang punya harga lebih mahal dan mesin mild hybrid lebih layak dibeli? Jangan-jangan Wuling Alvez yang dijual lebih murah punya kelebihan lain yang membuatnya menarik untuk dipinang? 

Untuk lebih lengkapnya, berikut bahasan lengkap mengenai Wuling Alvez vs Suzuki Grand Vitara 2023:

Suzuki Grand Vitara Lebih Gagah dengan Velg Besar

Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Tampilan Suzuki Grand Vitara GX lebih elegan

Dari sisi tampilan eksterior, Wuling Alvez sudah menggunakan LED pada headlamp dan foglamp. Ini merupakan bukti, meski SUV murah, tetapi penampilannya tetap futuristik dan Wuling memang pabrikan yang tidak pelit fitur.

Walau demikian, kalau bicara gagah maka Alvez jelas kalah berotot dibanding Suzuki Grand Vitara 2023. Pasalnya SUV Suzuki tersebut sudah pakai velg 17 inch dibalut ban 205/60 R16. Kemudian secara dimensi juga lebih bongsor dengan panjang 4.345 mm, lebar 1.795 mm, dan tinggi 165 mm. Ground clearance juga cukup tinggi hingga 210 mm, sehingga bodi bawah mobil tidak mudah bersinggungan dengan jalan ketika diajak berkendara di jalan bergelombang.

Baca juga  Suzuki Carry, Mobil Terlaris di Masa Pandemi

Sementara itu, Wuling Alvez memang sudah menyematkan velg alloy two tone tapi ukurannya cuma 16 inci dengan profil ban 205/60 R16. Kemudian di atas kertas untuk dimensinya memiliki panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm, dan ground clearence 175 mm.

Interior Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Suzuki Grand Vitara Hybrid punya panoramic sunroof di interiornya

Komparasi Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara selanjutnya ada di bagian interior. Di mana keduanya punya konfigurasi jok yang sama dengan, yakni 5 penumpang dan sama-sama belum punya pengaturan elektrik. 

Walau demikian, kelebihan Grand Vitara ada di pengaturan setir yang sudah tilt & teleskopik. Kemudian jok belakangnya punya tiga headrest, sehingga nyaman untuk memabwa tiga orang penumpang. SUV Suzuki ini juga sudah memiliki panoramic sunroof.

Soal bagasi, Grand Vitara Hybrid 2023 juga punya kapasitas angkut barang cukup besar dengan 373 liter. Kemudian jok baris keduanya pun dapat dilipat hingga hampir rata lantai, sehingga memudahkan untuk meletakkan barang lebih banyak.

Pembandingnya adalah Wuling Alvez yang setirnya cuma punya fitur tilt (hanya naik turun). Jok belakangnya hanya punya dua headrest, serta sunroof kecil hadir di varian tertinggi. Walau demikian, bukan berarti SUV merek Cina ini tidak punya keunggulan, salah satunya jok belakang yang bisa direbahkan, sehingga penumpang merasa lebih nyaman.

Baca juga  4 Kelebihan Suzuki XL7 Alpha FF Limited Edition

Bagasi Alvez juga tidak terlalu luas cuma 322 liter. Walau begitu, jok baris keduanya bisa dilipat hingga rata lantai dengan mekanisme yang unik. Cara pelipatan joknya dengan mendorong bantalan jok bawah ke depan, kemudian sandarang punggung bisa dilipat hingga rata lantai.

Fitur Keselamatan Alvez Lebih Modern

Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Interior wuling alvez

Komparasi Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara Hybrid selanjutnya beralih ke fitur. Walau harganya lebih murah, bukan berarti SUV Wuling kalah dalam hal teknologi modern. Sebut saja head unit yang digunakan punya ukuran lebih besar mencapai 10,25 inch. 

Lalu mobil Cina tersebut juga telah mengadopsi Digital AC Control, Keyless entry + engine start/stop button, Auto up/down with anti-pitch di semua jendela pintu, serta remote open window & unlock tailgate. Tidak ketinggalan ada fitur-fitur seperti WIND, IoV, dan ADAS seperti yang sudah ada di Wuling Almaz, Wuling Cortez, dan Wuling Air EV. Hanya saja yang jadi kekurangan adalah cuma memiliki dua airbag.

Buat yang belum tahu, WIND adalah perintah suara dengan bahasa Indonesia. Kemudian IoV bisa menghubungkan mobil dengan secara telematik dengan smarthone. Lalu ADAS adalah sistem keselamatan aktif yang mampu mencegah kecelakaan secara aktif.

Sementara Suzuki Grand Vitara memang belum punya WIND, IoV, dan ADAS. Head unit yang dipakai juga cuma 9 inch. Walau begitu bukan berarti mobil hasil impor utuh dari India ini tidak ada keunggulannya. Sebut saja kehadiran wireless charger, ventilated seat, dan paddle shift. Tidak ketinggalan dari sisi keselamatan sudah ada 6 airbag.

Performa Mesin Wuling Alvez Lebih Buas!

Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara

Mesin Grand Vitara menggunakan 1.5L Mild Hybrid

Bagaimana dengan performa mesin Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara 2023? Satu yang jelas, Grand Vitara dibekali dengan mesin 1.500 cc berkode K15C Dual Jet yang ramah lingkungan serta efisien. Hal tersebut ditunjang dengan penggunaan teknologi SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki) yang dapat mengoptimalkan penggunaan bahan bakar sesuai kebutuhan sekaligus menekan emisi gas buang dengan lebih baik.

Baca juga  5 Kekurangan Suzuki Ertiga Hybrid, Harus Tahu!

Performa yang dihasilkan dari mesin tersebut diklaim sebesar 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm disalurkan melalui melalui transmisi otomatis 6-percepatan yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi. Teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut.

Sedangkan Wuling Alvez mengadopsi mesin 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. Sementara Alvez SE cuma tersedia dalam transmisi manual 6-percepatan.

Walau belum ada teknologi hybrid, tapi performa Wuling Alvez lebih istimewa Di atas kertas, mesin tersebut bisa mengeluarkan tenaga maksimal 106 PS pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm.

Demikian ulasan Wuling Alvez Vs Suzuki Grand Vitara Hybrid 2023. Jadi belum tentu yang murah tidak punya keunggulan. Ternyata soal performa dan fitur, Alvez bisa diadu dengan SUV pabrikan berlogo S. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika