Kamis, April 18, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Hyundai Santa Fe Gen-6, Kapan Masuk Indonesia?

by Tigor Sihombing
hyundai santa fe gen-6 2024 - tampak belakang

Hyundai Motor Company resmi mengumumkan kehadiran All New Santa Fe atau Santa Fe Gen-6 secara global. SUV ini hadir dengan desain baru yang beruah total dari generasi sebelumnya.

Ubahannya memang sangat ditunggu-tunggu, lantaran terakhir kali Santa Fe mendapat penyegaran pada tahun 2018. Kini pabrikan H miring menghadirkan Santa Fe 2024 dengan konsep baru yang mengambil pendekatan tipologi desain berbasis gaya hidup.

Hal ini tercermin dari desain eksterior yang lebih kaut dengan karakter SUV, hingga interior luas dan lebih serbaguna. Kapasitas bagasinya ditambah, untuk mempermudah aktivitas menjelajah.

“All-new Santa Fe adalah SUV yang menemukan keseimbangan sempurna antara kehidupan kota dan alam bebas, menangani segala sesuatu mulai dari rencana perjalanan keluarga yang sibuk hingga petualangan berkemah dengan mobil,” kata Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Pusat Desain Global Hyundai, SangYup Lee dalam rilis resminya. 

Eksterior Santa Fe Terbaru Lebih Beraura SUV

hyundai santa fe gen-6 2024 - eksterior

Ciri khas Santa Fe terbaru dengan lampu siluet huruf H

Desain Santa Fe Gen-6 kini lebih mengotak, serta memiliki jarak sumbu roda lebih panjang. Kemudian eksterior bagian depan, menciptakan kesan kemegahan dengan kap mesin yang tinggi, lampu depan berbentuk H, serta fender tegas. Banyak yang menyebutnya mirip Land Rover

Baca juga  Bocor Sosok MPV Murah Hyundai Diuji Jalan, Rival Avanza

Bila melihat dari samping, ada velg ukuran 21 inch yang menjadikan tampilannya semakin gagah. Selain itu, di atap tampak roof rail untuk membawa barag di atap yang semakin meningkatkan aura SUV.

Lalu di bagian belakang Santa Fe 2024, desainnya masih mengotak dengan kehadiran lampu H yang selaras seperti di depan. Kemudian yang menarik, pintu bagasinya bisa dibuka ke atas dengan bukaan yang sangat lebar. Alhasil menciptakan ruang untuk memasukkan barang yang luas. 

Interior Santa FE Gen-6, Luas!

hyundai santa fe gen-6 - bagasi

Pintu bagasi Santa Fe 2024 punya bukaan yang sangat luas

Dengan jarak sumbu roda lebih panjang, otomatis membuat interior Hyundai Santa Fe Gen-6 lebih luas dibanding sebelumnya. Salah satu yang paling dibanggakan oleh pabrikan H miring adalah ruang bagasi. Dengan bukaan bagasi yang besar, membuat masuk barang lebih mudah. 

Kapasitas bagasi ini juga bisa dengan mudah ditingkatkan dengan melipat jok baris kedua dan ketiga hingga rata lantai. Dari gambar yang ditampilkan, dengan kursi terlipat maka interior Santa Fe 2024 bisa digunakan sebagai tempat berkemah yang menyenangkan bersama keluarga.

Bicara kapasitas penumpang, Santa Fe generasi terbaru memiliki tiga baris bangku yang bisa memuat total 7-orang. Penyempurnaan interior Santa Fe yang serba baru dicontohkan dengan berbagai fitur berteknologi tinggi, termasuk Panoramic Curved Display dan pengisian daya nirkabel ganda. Layar lengkung ini menghubungkan kluster digital 12,3 inci dan sistem infotainment dan meningkatkan visibilitas pengemudi sekaligus memberikan kesan mewah.

Baca juga  Hyundai Ioniq 5 Touring ASEAN Tempuh 3.197 KM

Selain itu, jok dan headliner berwarna cerah menciptakan kesan lapang. Sementara garnish bermotif kayu dengan sentuhan lembut dan jok kulit Nappa dengan bordir halus menambah gaya yang berkelas. Ada pula dua sunroof di atap. SUV baru ini juga dikatakan bakal menggunakan sejumlah bahan yang ramah lingkungan. Istimewa bukan?

Performa Mesin 2.500 cc Turbo 

hyundai santa fe gen-6 2024 - interior dashboard

Interior Hyundai Santa Fe 2024

Terkait mesin, secara resmi belum terungkap. Hanya saja kalau kamu detail melihat gambar dari rilis resmi Hyundai, maka Santa Fe Gen-6 bakal memiliki opsi mesin bensin HTRAC 2.5 Turbo. Jika benar, maka bisa menghasilkan tenaga 281 hp dan torsi 421 Nm.

Kapasitas mesin besar ini sebenarnya sudah pernah digunakan di Santa Fe Amerika Gen-5. Kubikasinya memang lebih besar dari milik Hyundai Santa Fe yang dipasarkan di Indonesia saat ini, yakni hanya 2.500 cc tanpa turbo. Sementara opsi lain untuk pasar Tanah Air adalah Santa Fe bermesin diesel 2.2 liter turbo.

Bersamaan dengan ini, diharapkan All New Hyundai santa Fe juga memiliki varian hybrid dan plug-in hybrid seperti yang sudah hadir di Inggris sebelumnya. Entah apakah versi diesel akan tetap dihadirkan di Gen-6 atau tidak?

Baca juga  4 Kekurangan Suzuki Grand Vitara 2023, Cuma Mild Hybrid!

Kapan Santa Fe Gen-6 Masuk Indonesia?

hyundai santa fe gen-6 2024

Santa Fe terbaru bakal mengungkapkan spesifikasi lengkapnya pada Agustus 2023

Hingga saat ini, Santa Fe Gen-6 baru ditampilkan dalam rilis resmi. Sementara peluncuran globalnya dengan spesifikasi lengkap, bakal berlangsung pada Agustus 2023. Kemudian mobil SUV ini siap dijual untuk pasar Amerika Serikat pada akhir tahun 2023.

Lalu kapan Santa Fe generasi terbaru masuk Indonesia? Untuk Indonesia, saat ini belum terkonfirmasi waktunya. Walau demikian kami percaya, Santa Fe Gen-6 bakal dijual di Tanah Air, bahkan bukan tidak mungkin dirakit lokal. Pasalnya saat ini, Santa Fe Gen-5 sudah dirakit di Indonesia.

Prediksi kami, All New Santa Fe bakal dijual di Indonesia paling cepat tahun 2024. Apakah kamu rela menunggu kehadiran SUV tersebut hingga tahun depan? Demikian ulasan All New Santa Fe. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika