by

Test Drive Hyundai Santa Fe Diesel, Nyaman dan Menyenangkan!

Kami berkesempatan melakukan test drive Hyundai Santa Fe Diesel 2021 selama satu hari penuh. Walau singkat, namun kami bisa melakukan berbagai macam pengujian.

Pasalnya jarak yang ditempuh terbilang cukup jauh, mencapai 200 Km dari Jakarta-Bogor-Jakarta. Kenapa bisa jaraknya panjang? Hal tersebut lantaran, jalur yang ditempuh agak tidak biasa.

Mulai dari menikmati Tol Dalam Kota hingga ke Tangerang, kemudian mobil masuk ke Tol JORR untuk selanjutnya ke Bogor. Kami juga bukan menuju pusat Kota Bogor, melainkan Kabupaten Bogor, tepatnya ke Hotel Royal Tulip Gunung Geulis.

Untuk menuju ke Hotel bintang 5 tersebut, jalur yang dilewati sengaja dibuat menantang. Kami memilih jalan alternatif yang menembus pemukiman warga dengan jalannya yang bergelombang. Kemudian ada pula sedikit jalan tanah untuk menambah tantangan.

Setelah menyantap makan malam di restoran Hotel, barulah kami pulang ke Jakarta lewat jalur umum yang biasa dilewati. Bagaimana hasil test drive Hyundai Santa Fe Diesel terbaru? Kalau kamu penasaran, simak bahasan berikut:

Fitur-Fitur Modern Jadikan Berkendara Semakin Menyenangkan

interior hyundai santa fe 2021
Kabinnya mampu menampung 7-orang dengan nyaman

Salah satu yang kami rasakan istimewa dari test drive Hyundai Santa Fe Diesel, salah satunya lewat kemunculan banyak fitur canggih. Kesan modern langsung menyambut saat mesin mobil mau diaktifkan. Kini bisa dilakukan dengan remote dari luar mobil.

Caranya cukup tekan tombol lock yang ada di remote, sekitar empat detik. Kemudian mesin otomatis aktif beserta AC mobil. Dengan demikian, ketika masuk ke dalam kabin SUV 7-seater tersebut rasanya sudah sejuk.

Interior Hyundai Santa Fe 2021 juga sangat istimewa. Maklum, yang kami test drive varian Signature atau termahal. Ciri khasnya kemunculan warna interior kombinasi cokelat terang dan hitam. Hadir pula fitur-fitur seperti panel instrument TFT 12,3 inci dan wireless phone charging. Ditambah lagi jok baris pertamanya cukup besar dan dibalut kulit bermotif wajik.

Baca juga  Kia Sorento dan Carnival Terbaru Bakal Meluncur di Indonesia

Lalu dashboard dan panel-panel pintu mendapatkan material soft touch. Kenyamanan serupa juga muncul di bangku baris kedua. Di kursi belakang bahkan ada sandaran tangan lipat di tengah-tengah, yang bisa diturunkan bila dibutuhkan.

Tidak Cuma itu, kenyamanan di bangku baris kedua ditunjang pula kemunculan panoramic sunroof besar. Lalu ada USB charger yang dapat dipakai mengisi daya smartphone selama perjalanan.

Sementara bangku baris ketiganya pun cukup nyaman. Hal menarik adalah kemunculan pengaturan hembusan AC yang bisa disesuaikan. Hanya saja memang soal kelapangannya, memang agak terbatas. Kaki tidak leluasa bergerak seperti di bangku baris pertama dan kedua.

Fitur Keselamatan yang Bisa Diandalkan

test drive hyundai santa fe diesel 2021
Sistem keselamatan pintar di Hyundai Santa Fe 2021 tersebut bisa mengintervensi kendaraan secara aktif bila terdeteksi potensi kecelakaan

Kelebihan Hyundai Santa Fe Diesel Signature selanjutnya, ada di fitur keselamatan. Mobil SUV ini mendapat banyak sekali teknologi modern yang bisa diandalkan untuk membuat berkendara lebih selamat.

Salah satunya lewat kemunculan lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), safe exit assist (SEA), rear cross-traffic collision-avoidance assist (RCCA), forward collision-avoidance assist (FCA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA).

Dalam test drive Santa Fe Diesel terbaru, kami merasakan bantuan aktif dari fitur BCA yang mampu mendeteksi adanya kendaraan lain di titik buta. BCA aktif saat pengendara mengaktifkan lampu sein, kemudian otomatis panel instrument TFT berubah tampilan jadi layaknya kaca spion tapi dengan pandangan lebih luas. Alhasil sangat mudah untuk mendeteksi situasi di belakang mobil.

Hal menarik lain dari fitur BCA, juga bisa memberi peringatan bila potensi tabrakan dari arah belakang meningkat. Bahkan sistem tersebut mampu mengintervensi kendaraan supaya terhindar dari benturan.

Walau demikian, bukan berarti Santa Fe punya fitur modern lengkap. Salah satu kekurangannya adalah tidak punya adaptive cruise control (ACC). Padahal fitur tersebut mampu membuat berkendara lebih nyaman.

Baca juga  Waktu Peluncuran Toyota Harrier Terbaru Terungkap

Dengan ACC aktif, pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya karena mobil akan melaju otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Hal ini kami sebut sebagai kekurangan, SUV lain dengan harga lebih murah seperti Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS, MG HS i-Smart, dan Wuling Almaz RS telah memilikinya. Kompetitor seperti Mitsubishi Paero Sport Dakar Ultimate pun telah punya.

Mesin Diesel Hyundai Santa Fe yang Melebihi Ekspektasi

test drive hyundai santa fe diesel 2021
Bukan cuma buas, tapi juga mesin Santa Fe Diesel begitu irit BBM

Bagaimana dengan performa mesinnya? Test drive Hyundai Santa Fe Diesel 2021 yang kami lakukan jadi bukti bahwa jantung mekanis SUV ini memang istimewa. Walau di atas kertas cuma pakai kubikasi 2.2 liter dengan turbocharger, tapi kompetensinya mengalahkan mesin mobil SUV lain yang berkubikasi di atasnya.

Tidak percaya? Di atas kertas, mesin Santa Fe Diesel bisa melontarkan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 rpm. Istimewanya lagi, itu cuma bukan data statistik di atas kertas.

Kami mencoba sendiri dengan mode berkendara sport, kemudian menginjak pedal gasnya dalam-dalam. Alhasil mobil langsung melesat cepat, bahkan membuat sensasi tubuh agak terhempas.

Tembus kecepatan 100 Km/jam sungguh bukan hal sulit. Bahkan ketika sudah tembus 120 Km/jam, rasanya pun masih sangat nyaman.

Proporsi dimensi bodi yang lebih lebar dari SUV lain dan racikan suspensi istimewa, membuat lajunya cukup anteng pada kecepatan tinggi. Kemudian yang juga menarik dari test drive Hyundai Santa Fe Diesel 2021, terasa sekali bahwa kabinnya punya kekedapan baik.

Dengan semua kombinasi tersebut, kami bahkan tidak sadar kalau Santa Fe sudah menembus kecepatan 170 Km/jam ketika berkendara di jalan bebas hambatan. Benar-benar senyap!

Kalau ingin berkendara secara santun, bisa pilih mode berkendara normal. Lalu tekan pedal gasnya pelan-pelan saja. Maka transmisi dual clutch (DCT) 8-percepatan miliknya bakal menyesuaikan dalam mendistribusikan tenaga ke roda depan, agar laju mobil lebih nyaman untuk berkendara di kemacetan.

Baca juga  Diler Hyundai Summarecon Bekasi Resmi Beroperasi

Apakah konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Diesel irit? Inilah yang kami sebut melebihi ekspektasi. Biasanya mobil dengan performa mantap, boros BBM. Tidak dengan SUV Korea Selatan ini, terutama saat pakai mode berkendara eco. Pengujian yang kami lakukan melewati jalan macet dan lengang, Santa Fe Diesel bisa mengirit BBM hingga 17,9 Km/liter.

Harga Hyundai Santa Fe Diesel 2021

performa mesin hyundai santa fe diesel
Kekurangan Hyundai Santa Fe tidak punya pilihan penggerak semua roda, harganya juga cukup tinggi

Kekurangan Hyundai Santa Fe Diesel Signature terbaru bisa pula kamu lihat dari harga jualnya. Mobil ini dibanderol Rp 729 juta (OTR Jakarta). Cukup mahal untuk SUV diesel di kelasnya.

Ditambah lagi Santa Fe belum punya fitur ACC, kemudian sistem penggerak semua roda juga tidak ada. Santa Fe Diesel masih mengandalkan penggerak roda depan sebagai andalan. Padahal dengan banderol serupa, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate sudah memiliki ACC dan penggerak 4×4.

Sebenarnya ada opsi lain dengan harga lebih murah yaitu Santa Fe Bensin Signature, Rp 678 juta (OTR Jakarta). Bedanya ada di jantung mekanis yang pakai mesin bensin 2.5 liter. Walau kubikasinya lebih besar, namun secara performa tidak lebih baik dari mesin diesel 2.2 liter milik Hyundai.

Bahkan jika kamu menginginkan banderol yang lebih terjangkau, bisa pilih varian termurah atau Style. Kekurangannya beberapa fitur harus disunat, seperti wireless charger, panel instrumen TFT, kekedapan kabin, hingga berbagai fitur keselamatan.

Harga Santa Fe Diesel Style Rp 629 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk Santa Fe Bensin Style Rp 569 juta (OTR Jakarta). Pilihan di tangan kamu. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru