Thursday, March 30, 2023
Banner

Test Drive Hyundai Santa Fe Diesel, Bertenaga Tapi Irit!

by Baghendra Lodra
test drive hyundai santa fe diesel

Pada kesempatan kali ini kami akan lakukan reveiw Hyundai Santa Fe dari hasil test drive. Hal ini tentu sangat menarik sebab mobil SUV 7-seater asal Korea Selatan ini sejatinya mempunyai desain yang elegan serta didukung tampilan kabin yang elegan dan fitur yang modern

Pada pengetesan Hyundai Santa Fe kali ini kami melakukan beberapa hal. Seperti pengujian performa mesin mesin, konsumsi bahan bakar, kenyamanan berkendara serta mencoba fitur-fitur yang tersedia. Oh ya, dalam test drive Hyundai Sant Fe ini, selain mencoba untuk menelusuri jalanan ibu kota, kami juga melakukan perjalanan ke Anyer. Tujuannya jelas, untuk mencoba berbagai tantangan seperti yang kami sebutkan tadi.

Untuk unit yang kami review adalah Hyundai Santa Fe Signature 2.2 8DCT atau varian tertinggi seharga Rp 729 juta (OTR Jakarta). Bagaimana hasil test drive Hyundai Santa Fe Diesel terbaru ini? Kalau kamu penasaran, simak bahasan berikut:

Desain Eksterior Modern dan Elegan

test drive hyundai santa fe diesel

Desain eksterior modern dan elegan

Desain eksterior Hyundai Santa Fe memang terlihat lebih elegan dan modern jika dibandingkan para rivalnya seperti Pajero Sport atau Fortuner. Hal itu bisa terlihat dari tongkrongannya yang tidak terlalu tinggi seperti para rivalnya. Dengan kata lain, tampilan Santa Fe mencerminkan pemilik mobil yang meteroseksual, jauh dari kesan offroad.

Selain itu, kombinasi desain grill, headlamp serta lekukan pada bumpernya juga terlihat modern. Begitu juga dengan tampilan samping dan belakangnya yang terlihat selaras dan proporsional. Untuk mendukung penampilannya, disematkan velg alloy berukuran 18 inchi yang dibalut ban dengan profil 235/60R18.

Oh ya, untuk dimensinya mempunyai panjang 4.785 mm, lebar 1.900 mm dan tinggi 1.710 mm. Kemudian untuk wheelbase ada di angka 2.765 mm serta ground clearance 176 mm.

Fitur Modern di Kabin Interior

interior hyundai santa fe 2021

Kabinnya mampu menampung 7-orang dengan nyaman

Salah satu yang kami rasakan istimewa dari test drive Hyundai Santa Fe Diesel, salah satunya lewat kemunculan banyak fitur canggih. Kesan modern langsung menyambut saat mesin mobil mau diaktifkan. Kini bisa dilakukan dengan remote dari luar mobil.

Caranya cukup tekan tombol lock yang ada di remote, sekitar empat detik. Kemudian mesin otomatis aktif beserta AC mobil. Dengan demikian, ketika masuk ke dalam kabin SUV 7-seater tersebut rasanya sudah sejuk.

Interior Hyundai Santa Fe 2022 juga sangat istimewa. Maklum, yang kami test drive varian Signature atau termahal. Ciri khasnya kemunculan warna interior kombinasi cokelat terang dan hitam. Hadir pula fitur-fitur seperti panel instrument TFT 12,3 inci dan wireless phone charging. Ditambah lagi jok baris pertamanya cukup besar dan dibalut kulit bermotif wajik.

Baca juga  Renault Kiger Showcar Menggoda Publik Tanah Air

Lalu dashboard dan panel-panel pintu mendapatkan material soft touch. Kenyamanan serupa juga muncul di bangku baris kedua. Di kursi belakang bahkan ada sandaran tangan lipat di tengah-tengah, yang bisa diturunkan bila dibutuhkan.

Tidak Cuma itu, kenyamanan di bangku baris kedua ditunjang pula kemunculan panoramic sunroof besar. Lalu ada USB charger yang dapat dipakai mengisi daya smartphone selama perjalanan.

Fitur Keselamatan yang Bisa Diandalkan

test drive hyundai santa fe diesel 2021

Sistem keselamatan pintar di Hyundai Santa Fe 2022 tersebut bisa mengintervensi kendaraan secara aktif bila terdeteksi potensi kecelakaan

Kelebihan Hyundai Santa Fe Diesel Signature selanjutnya, ada di fitur keselamatan. Mobil SUV ini mendapat banyak sekali teknologi modern yang bisa diandalkan untuk membuat berkendara lebih selamat.

Salah satunya lewat kemunculan lane keeping assist (LKA), lane following assist (LFA), safe exit assist (SEA), rear cross-traffic collision-avoidance assist (RCCA), forward collision-avoidance assist (FCA), dan blind-spot collision-avoidance assist (BCA).

Dalam test drive Santa Fe Diesel terbaru, kami merasakan bantuan aktif dari fitur BCA yang mampu mendeteksi adanya kendaraan lain di titik buta. BCA aktif saat pengendara mengaktifkan lampu sein, kemudian otomatis panel instrument TFT berubah tampilan jadi layaknya kaca spion tapi dengan pandangan lebih luas. Alhasil sangat mudah untuk mendeteksi situasi di belakang mobil.

Hal menarik lain dari fitur BCA, juga bisa memberi peringatan bila potensi tabrakan dari arah belakang meningkat. Bahkan sistem tersebut mampu mengintervensi kendaraan supaya terhindar dari benturan.

Walau demikian, bukan berarti Santa Fe punya fitur modern lengkap. Salah satu kekurangannya adalah tidak punya adaptive cruise control (ACC). Padahal fitur tersebut mampu membuat berkendara lebih nyaman.

Dengan ACC aktif, pengemudi bisa mengistirahatkan kakinya karena mobil akan melaju otomatis mengikuti kecepatan kendaraan di depan. Hal ini kami sebut sebagai kekurangan, SUV lain dengan harga lebih murah seperti Toyota Raize 1.0 Turbo GR Sport TSS, MG HS i-Smart, dan Wuling Almaz RS telah memilikinya. Kompetitor seperti Mitsubishi Paero Sport Dakar Ultimate pun telah punya.

Akomodasi & Kapasitas Bagasi

test drive hyundai santa fe diesel

Akomodasi dan kabin Santa Fe

Kabin interior Santa Fe memang sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern untuk menunjang kenyamanan penumpang dan pengemudi. Lalu, bagaimana dengan tempat duduknya?

Baca juga  GMC Hummer EV Edition 2024 Sudah Ludes Terjual

Pada review Hyundai Santa Fe kali ini kami juga mencoba menempati tempat duduk baris kedua dan ketiga untuk mencoba kenyamanan dari mobil SUV asal Korea Selatan ini. Oh ya, team kami yang menguji ada 3 orang. Dua orang dengan postur tinggi di atas 175 cm dan berat di atas 100 kg dan 1 orang mempunyai tinggi 165 cm dan berat badan 65 kg.

Hasilnya, untuk bangku baris ketiga dengan ditempati team kami yang mempunyai tinggi badan 165 cm, legroomnya masih ada jarak 7 cm. Walau cukup lega, tapi posisi duduknya kurang nyaman seperti orang jongkok.

Sementara untuk bangku baris kedua yang ditempati penumpang dengan tinggi 175 cm, legroomnya masih aman. Bahkan rasa duduknya nyaman serta paha bisa tersangga dengan baik. Perjalanan jauh jadi penumpang baris kedua Santa Fe, terasa istimewa. Apalagi di jok penumpang ini ada tambahan fitur seperti hand rest portable hingga tirai.

Nah, membahas akomodasi tentu kurang lengkap jika tidak membahas kapasitas bagasi. Yup, kami mengukur langsung kapasitas bagasi dengan melipat bangku baris ketiga dengan menggunakan alat meteran. Hasilnya, Hyundai Santa Fe tercatat mempunyai kapasitas bagasi sebesar 739,2 liter.

Performa Mesin dan Konsumsi BBM

test drive hyundai santa fe diesel

Mesin Santa Fe diesel

Bagaimana dengan performa mesinnya? Test drive Hyundai Santa Fe Diesel 2022 yang kami lakukan jadi bukti bahwa jantung mekanis SUV ini memang istimewa. Walau di atas kertas cuma pakai kubikasi 2.2 liter dengan turbocharger, tapi kompetensinya mengalahkan mesin mobil SUV lain yang berkubikasi di atasnya.

Tidak percaya? Di atas kertas, mesin Santa Fe Diesel bisa melontarkan torsi puncak 441 Nm pada 1.750 – 2.750 rpm dan tenaga maksimal 202 PS pada 3.800 rpm. Istimewanya lagi, itu cuma bukan data statistik di atas kertas.

Kami mencoba sendiri dengan mode berkendara sport, kemudian menginjak pedal gasnya dalam-dalam. Alhasil mobil langsung melesat cepat, bahkan membuat sensasi tubuh agak terhempas.

Tembus kecepatan 100 Km/jam sungguh bukan hal sulit. Bahkan ketika sudah tembus 120 Km/jam, rasanya pun masih sangat nyaman. Bahkan, saat kami menguji mobil ini dengan cara drag race berjarak 201 meter, Santa Fe mampu meraih waktu 10,3 detik. Sementara untuk akselerasi 0-100 km/jam bisa tembus di angka 8,2 detik.

Baca juga  SUV MG Terbaru Hadir Akhir Januari 2023, Pembunuh CR-V!

Selanjutnya, pada review Hyundai Santa Fe kali ini kami juga melakukan pengujian konsumsi bahan bakar. Adapun jarak tempuh dalam pengujian konsumsi BBM ini sejauh 106 kilometer. Hasilnya, setelah melewati jalan tol dan perkampungan, konsumsi BBM berdasarkan MID dari mobil SUV 7-seater ini tercatat 19,8 km/liter untuk jalan tol dan 12,8 km/liter untuk rute dalam kota . Irit bukan?

Hal lain yang menarik dari Santa Fe adalah proporsi dimensi bodi yang lebih lebar dari SUV lain dan racikan suspensi istimewa, membuat lajunya cukup anteng pada kecepatan tinggi. Kemudian yang juga menarik dari test drive Hyundai Santa Fe Diesel 2022, terasa sekali bahwa kabinnya punya kekedapan baik.

Dengan semua kombinasi tersebut, kami bahkan tidak sadar kalau Santa Fe sudah menembus kecepatan 170 Km/jam ketika berkendara di jalan bebas hambatan. Benar-benar senyap!

Kalau ingin berkendara secara santun, bisa pilih mode berkendara normal. Lalu tekan pedal gasnya pelan-pelan saja. Maka transmisi dual clutch (DCT) 8-percepatan miliknya bakal menyesuaikan dalam mendistribusikan tenaga ke roda depan, agar laju mobil lebih nyaman untuk berkendara di kemacetan.

Harga Hyundai Santa Fe Diesel 2022

performa mesin hyundai santa fe diesel

Kekurangan Hyundai Santa Fe tidak punya pilihan penggerak semua roda, harganya juga cukup tinggi

Berbicara harga, mobil ini dibanderol Rp 729 juta (OTR Jakarta) untuk varian Signature 2.2 8DCT. Cukup mahal untuk SUV diesel di kelasnya.

harga tersebut tergolong lebih mahal dibandingkan rivalnya seperti Pajero Sport dan Fortuner, ditambah lagi Santa Fe belum punya fitur ACC, kemudian sistem penggerak semua roda juga tidak ada. Santa Fe Diesel masih mengandalkan penggerak roda depan sebagai andalan. Padahal dengan banderol serupa, Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate sudah memiliki ACC dan penggerak 4×4.

Sebenarnya ada opsi lain dengan harga lebih murah yaitu Santa Fe Bensin Signature, Rp 678 juta (OTR Jakarta). Bedanya ada di jantung mekanis yang pakai mesin bensin 2.5 liter. Walau kubikasinya lebih besar, namun secara performa tidak lebih baik dari mesin diesel 2.2 liter milik Hyundai.

Kemudian ada juga Santa Fe varian Prime yang dibanderol Rp 599 juta untuk mesin bensin dan Rp 659 juta untuk mesin diesel.

Bahkan jika kamu menginginkan banderol yang lebih terjangkau, bisa pilih varian termurah atau Style. Kekurangannya beberapa fitur harus disunat, seperti wireless charger, panel instrumen TFT, kekedapan kabin, hingga berbagai fitur keselamatan. Harga Santa Fe Diesel Style Rp 629 juta (OTR Jakarta). Sementara untuk Santa Fe Bensin Style Rp 569 juta (OTR Jakarta).

Setelah mengetahui review Hyundai Santa Fe, pilihan di tangan kamu. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Ditulis ulang oleh: Firdaus Ali

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika