Sabtu, April 20, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Bocoran 17 Mobil Baru di GIIAS 2023, Stragazer X Hingga CR-V Hybrid!

by Tigor Sihombing

Ternyata akan banyak sekali mobil baru di GIIAS 2023, termasuk world premiere Hyundai Stargazer X dan Mitsubishi XFC Concept produksi massal atau X-Force. Setidaknya itulah informasi yang kami dapat dari berbagai merek mobil dalam konferensi pers persiapan GIIAS pada Kamis (13/7/2023) dan berbagai sumber lain.

Dari bocorannya, akan banyak sekali mobil yang meluncur di GIIAS 2023. Sebut saja Nissan dengan Serena e-Power (C25) atau X-Trail e-Power (T33). Kemudian Kia bakal membawa SUV listrik EV9. Toyota tidak mau kalah, kabarnya siap memunculkan Alphard Hybrid.

Lalu Volvo siap menghadirkan dua mobil listrik terbaru yaitu C40 dan XC40 EV. Honda tidak ketinggalan bakal menampilkan CR-V Hybrid RS atau CR-V Gen-6. Ada pula merek mobil Cina yang baru ikut pameran seperti Hozon Auto yang membawa Neta V. Hal menarik lain, kemunculan Chery Omoda 5 EV yang bakal ditampilkan di pameran otomotif yang berlangsung 10-20 Agustus 2023 tersebut.

Belum selesai, Citroen ikut unjuk gigi dengan menampilkan mobil terbarunya C3 Aircross dan e-C3. Merek mobil mewah seperti Mercedes-Benz bahkan siap membawa EQS SUV. Begitu pula dengan Audi dengan A8 L dan Q3 Sportback.

Mau tahu lebih detail soal daftar bocoran mobil baru yang akan meluncur di GIIAS 2023? Berikut detail informasinya:

1. Hyundai Stargazer X

peluncuran stargazer x

Stargazer Cross ketangkap kamera sedang uji jalan

Kehadiran Stargazer X atau versi SUV dari Hyundai Stargazer di GIIAS 2023 dikemukakan langsung oleh President Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Woojune Cha, beberapa waktu lalu. “Dalam waktu dekat kami akan meluncurkan Stargazer X, versi SUV. Peluncurannya saat GIIAS,” jelasnya.

Walau demikian, soal spesifikasi dari mobil terbaru Hyundai tersebut tidak disebutkan secara detail. Prediksi kami, dari sisi kaki-kaki kemungkinan Stargazer X bakal lebih jenjang, mungkin dengan velg 17 inch. Lalu fitur-fitur juga pastinya bertambah mengikuti ubahan di Stargazer Prime Facelift 2023, seperti rem parkir elektrik dan cakram di roda belakang.

Informasi lain yang kami dapat, Stargazer X selaku mobil baru di GIIAS 2023 juga memiliki speaker premium dari BOSE. Oleh karena itulah dari sisi harga bakal lebih mahal dibanding Stargazer versi MPV.

2. Nissan Serena e-Power C28

mobil baru tahun 2023 - nissan serena c28

Nissan Serena generasi terbaru atau versi C28 kemungkinan hadir di GIIAS 2023

Nissan kabarnya siap membawa mobil baru di GIIAS 2023 yaitu Serena e-Power C28. Tampilannya benar-benar berubah dari model sebelumnya. Kini eksteriornya lebih futuristik dengan grille V-motion menyatu dengan lampu depan LED.

Hal paling menarik dari Serena terbaru, tentu teknologi e-Power yang tersemat. Ini dikombinasikan dengan mesin 1.4 liter berkonfigruasi tiga silinder. Alhasil untuk konsumsi BBM, Nissan C28 e-Power bisa menghemat bensin hingga 19,3 km/liter.

Mobil keluarga ini juga punya interior yang sangat nyaman. Kabinnya lebih luas dibanding Serena lama, serta bisa diatur hingga menampung tujuh hingga delapan orang.

3. KIA EV9

kia ev9 - mobil terbaru tahun 2023

KIA EV9 akan hadir di GIIAS 2023

Mobil baru di GIIAS 2023 dari KIA adalah EV9. Ini merupakan mobil listrik bergaya SUV bongsor. Dibangun di atas E-GMP (Electric Global Modular Platform), diklaim mampu menyuguhkan jarak tempuh yang jauh hingga 541 Km untuk sekali pengecasan baterai.

Selain jarak tempuh yang jauh, kesitimwaan KIA EV9 ada di desain eksterior yang gagah. Lalu interiornya juga sangat lapang dengan tiga baris bangku. Hanya saja soal harga, kemungkinan bisa lebih dari Rp 1,5 miliar.

Entah apakah KIA langsung menjualnya di GIIAS 2023 atau sekadar dipajang saja. Satu yang jelas, mereka telah memberikan teaser bahwa mobil listrik ini bakal hadir di pameran yang berlangsung pada 10-20 Agustus tersebut. 

Baca juga  Harga dan Spesifikasi Hyundai Stargazer X 2023, Varian Prime Pakai Speaker Bose!

4. Toyota Alphard Gen-4 Hybrid

mobil baru toyota di giias 2023 - alphard hybrid

Alphard Gen-4 siap hadir di GIIAS 2023 dengan mesin hybrid

Wajar kalau Alphard Gen-4 jadi mobil baru di GIIAS 2023. Pasalnya secara global, MPV mewah tersebut sudah dijual resmi. Indonesia yang punya konsumen Alphard banyak, tentu wajib kebagian unit.

Dengan kode bodi AH40, Alphard terbaru sudah mengadopsi platform TNGA-K (Toyota New Global Architechture) yang merupakan rangka unibody untuk mobil Toyota terbaru berukuran menengah hingga full size. 

Masuk ke Interior Alphard terbaru juga lebih nyaman dibanding model lama. Jarak antara jok baris pertama dan baris kedua bertambah 5 mm, begitu juga dengan baris ketiga yang lebih panjang 10 mm. Alhasil penumpang punya leg room yang lebih luas.

Istimewanya lagi, Toyota Alphard 2023 memiliki opsi mesin hybrid A25A-FXS 2.500 cc. Bicara konsumsi BBM, Alphard hybrid diklaim bisa menghemat bensin hingga 17,5 km/liter.

5. Citroen C3 Aircross dan e-C3

citroen c3 aircross - mobil baru di giias 2023

C3 Aircross siap hadir di GIIAS 2023

Keseriusan Citroen hadir di Indonesia bisa dilihat dari terus memunculkan produk baru. Di GIIAS 2023, merek Prancis ini siap membawa C3 Aircross dan e-C3. Buat yang belum tahu, C3 Aircross adalah versi LSUV 7-seater. Jadi aura gagah terlihat jelas dari eksteriornya. Sementara untuk kabinnya juga luas dengan tiga baris dan bisa muat 7-orang.

Lalu untuk Citroen e-C3, merupakan SUV listrik dengan dimensi mungil. Desainnya serupa dengan C3 versi biasa, namun kini menggunakan sumber tenaga baterai. 

BIla keduanya dijual di Indonesia, tentu harapannya Citroen bisa menghadirkan harga yang terjangkau. Apalagi baik Citroen C3 Aircross dan e-C3 merupakan hasil impor dari India.

6. Maxus MIFA 9

spesifikasi Maxus Mifa 9

Maxus siap hadir di GIIAS 2023 membawa MIFA 9

Mobil Cina mewah untuk keluarga, ada Maxus MIFA 9. Kehadirannya sebagai mobil baru di GIIAS dikonfirmasi setelah kami dapat undangan peluncurannya pada 10 Agustus 2023.

Kalau melihat dari negara tetangga seperti Thailand, MIFA 9 punya kelebihan interior mewah dengan captain seat super nyaman. Lalu jarak tempuhnya juga jauh hingga 540 Km sekali isi baterai.

Tentu saja ini bisa jadi alternatif untuk orang kaya yang bosan dengan Toyota Alphard. Ditambah lagi, Indonesia belum punya MPV mewah bertenaga listrik. Hanya saja memang, harga Maxus MIFA 9 kemungkinan juga tidak murah, tembus Rp 1 miliaran.

7. Audi A8 L dan Audi Q3 Sportback

mobil baru di giias 2023 - audi a8 l

Audi A8 L, sedan mewah yang hadir di GIIAS 2023

Merek mobil Jerman, Audi tidak mau ketinggalan membawa mobil baru di GIIAS 2023. Ada Audi A8 L atau long wheel base dan Q3 Sportback. Keduanya hadir untuk menargetkan pasar yang berbeda.

Kalau A8 L merupakan sedan mewah yang merupakan lawan dari Mercedes-Benz S-Class dan BMW seri-7. Dengan jarak sumbu roda yang sangat panjang, tentu saja penumpang di jok belakang bakal lebih dimanjakan.

Sementara Audi Q3 Sportback yang hadir di GIIAS adalah SUV ringkas dengan desain sporty. Kalau kamu mau pilih yang mana?

8. Mercedes-Benz EQS SUV

mobil baru di giias 2023 - mercedes-benz eqs suv

EQS SUV lebih gagah dari versi sedannya

Mobil listrik Mercedes-Benz terbaru siap hadir di GIIAS 2023 yaitu EQS SUV. Keunggulannya adalah punya desain gagah dari versi EQS sedan, tapi tetap nyaman untuk pengemudi dan penumpang.

Kemunculan EQS SUV tentu akan menggangu dominasi dari BMW iX. Soal keunggulan, mobil listrik Mercedes-Benz ini bisa menempuh jarak hingga 660 Km hanya dalam satu kali cas baterai.

9. Volvo C40 dan XC40 EV

bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Slide Volvo di preskon GIIAS 2023

Volvo kembali ke Indonesia di bawah PT Leading Vision Otomotif (LVO) sebagai distributor resmi di Tanah Air pada tahun lalu. GIIAS 2023 akan jadi tempat untuk mereka pameran pertama kalinya, sekaligus membawa deretan produknya. Saat ini, mereka sudah memiliki XC90, XC60, dan XC40 yang merupakan mobil plug-in hybrid (PHEV).

Baca juga  Daihatsu Ayla Sport Lebih Mahal Rp 40 Jutaan, Lawan Agya GR Sport!

Nah di GIIAS, Volvo menjanjikan mobil baru dengan teknologi full elektrik. Bocoran yang kami dapat mobil baru di GIIAS 2023 dari Volvo adalah C40 dan XC40 EV.

Keduanya merupakan mobil listrik dengan basis yang serupa dengan interior muat 5-orang, hanya beda model. XC40 EV memiliki gaya SUV, sementara C40 EV bergaya coupe. Bicara harga, keduanya kemungkinan bakal dijual di GIIAS 2023 di atas Rp 1 miliar.

10. Honda CR-V RS Hybrid

bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Honda CR-V RS Hybrid

Honda nantinya akan memboyong 5 mobil elektrifikasi terbarunya, dan ada satu mobil terbaru untuk dipasarkan di Indonesia. Dari bocoran presentasi Honda dalam konferensi pers, maka mobil baru di GIIAS 2023 yang mereka bawa adalah Honda CR-V Gen-6.

Keistimewaan CR-V terbaru ini adalah tersedia varian dengan teknologi hybrid. Di atas kertas, CR-V e:HEV menggunakan mesin bensin 2.000 cc yang dikombinasikan dua motor elektrik.

Lalu yang tidak kalah menarik, di CR-V terbaru akan tersedia varian RS. Kemungkinan GIIAS akan jadi momen kehadiran CR-V RS Hybrid untuk pertama kalinya di pasar otomotif Indonesia.

11. Subaru Outback

bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Subaru Outback

Subaru Indonesia mengumumkan akan menghadirkan SUV terbaru di ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023. Produk ini diposisikan sebagai kendaraan flagship. Berdasarkan teaser yang mereka bagikan, maka mobil baru di GIIAS dari Subaru adalah Outback.

Subaru Outback sendiri merupakan salah satu produk SUV global Subaru yang telah berkiprah cukup lama di beberapa negara tentangga. Bagaimana dengan spesifikaisnya?

Di Asia Tenggara, Outback kebanyakan pakai mesin 2.500 cc boxer. Jantung mekanis tersebut bisa mengeluarkan torsi 252 Nm pada 4.400 rpm dan tenaga 188 hp pada 5.800 rpm. Performanya disalurkan ke penggerak symmetrical four-wheel drive lewat transmisi linear CVT.

12. Neta V

bocoran mobil baru di GIIAS 2023 - neta V

Neta akan hadir di Indonesia pertama kali di GIIAS 2023

Bocoran mobil terbaru di GIIAS 2023 berikutnya adalah Neta V. Jika kamu belum tahu, Neta adalah merek mobil listrik asal Cina di bawah naungan Hozon Auto.

Mobil listrik Neta V dibekali dengan baterai lithium-ion berkapasitas 38,5 kWh. Di atas kertas, jarak tempuhnya mencapai 380 Km dalam kondisi baterai penuh. Kemudian untuk menggerakkan roda, ada motor elektrik di roda depan yang bisa menghasilkan tenaga hingga 70 kW atau setara 94 hp dan torsi puncak 150 Nm.

Soal performa akselerasi, mobil listrik ini diklaim bisa melesat dari 0-50 Km/jam hanya dalam 3,9 detik. Sementara kecepatan maksimalnya dibatasi cuma 120 km/jam. 

Hal menarik dari Neta V adalah harganya yang terjangkau. Ambil contoh di Malaysia, mobil ini dijual 99.800 Ringgit atau setara Rp 328 jutaan. Tidak hanya itu, agar konsumen tertarik untuk membelinya, ada potongan harga 10.000 Ringgit atau setara Rp32,8 jutaan untuk 100 pembeli pertama. Semoga saja ketika masuk Indonesia, harga Neta V dapat semurah itu!

13. Porsche 911 Dakar

bocoran mobil baru di GIIAS 2023 - porsche 911 dakar

Porsche 911 Dakar punya performa offroad yang mumpuni

Bocoran Mobil baru di GIIAS 2023 selanjutnya adalah Porsche 911 Dakar. Informasi itu diumumkan langsung oleh perwakilan Porsche Indonesia dalam konferensi pers pra GIIAS.

Dikatakan, Porsche akan memperkenalkan seluruh line upnya yang di pasarkan di Indonesia. Selain itu Porsche juga akan mempersiapkan model khusus, yakni porsche 911 Dakar. Buat kamu yang belum tahu, nama Dakar di belakang 911 merupakan tanda keistimewaan untuk berkendara di jalan offroad. Ya, inilah mobil sport dengan kemampuan melintas di jalan nonaspal.

Baca juga  Cicilan Toyota Alphard Hybrid di GIIAS 2023, Gaji UMR Mau Coba?

Porsche 911 Dakar pakai mesin 3.000 cc dengan konfigurasi 6-silinder. Di atas kertas bisa mengeluarkan torsi puncak 570 Nm dan tenaga maksimal 480 PS. Kemampuan offroad mobil ini ditunjang dengang ground clearance 80 mm lebih tinggi dibanding versi standar.

14. Mitsubishi Xforce atau XFC Concept Produksi Massal

bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Mitsubishi Xforce siap world premiere di GIIAS 2023

Mitsubishi XFC Concept versi massal atau yang kabarnya mendapat nama Xforce akan menjadi salah satu mobil baru di GIIAS 2023. Menariknya Indonesia jadi lokasi world premiere mobil SUV ini. 

Satu yang jelas, versi massal XFC Concept akan menjadi sebuah SUV ringkas dengan interior yang muat 5-orang. Lalu soal fitur sangatlah modern, ada head unit besar dengan panel instrumen digital. Tersedia pula speaker premium dari Yamaha di mobil Mitsubishi ini.

Kelebihan SUV baru Mitsubishi juga punya ground clearance tertinggi di kelasnya, mencapai 222 mm. Dengan kata lain, pengemudi jadi lebih percaya diri, tidak takut bodi bawah mobil mentok ke jalan, ketika membawanya melewati medan yang bergelombang.

15. MG VS Hybrid atau MG ZS EV

bocoran mobil baru di GIIAS 2023 - MG VS Hybrid

MG VS Hybrid sepertinya akan jadi mobil baru di GIIAS 2023

Selain memboyong lini produk yang telah dipasarkan, termasuk mobil listrik MG 4 EV, MG Motor Indonesia juga menyatakan akan menghadirkan satu model EV baru lagi. Bocoran yang kami dapat ada dua kemungkinan yaitu MG ZS EV atau MG VS HEV.

Keduanya sama-sama menarik untuk pasar Indonesia, lantaran masih bergaya SUV. Bila yang meluncur adalah ZS EV, MG akan langsung punya dua lini produk mobil listrik pada tahun 2023. Pasalnya peluncuran MG 4 EV baru dilakukan pada awal tahun.

Oleh karenanya, kemungkinan besar yang hadir di GIIAS 2023 adalah MG VS Hybrid. Ini adalah mobil hybrid yang dibekali mesin 1.500 cc dengan bantuan motor elektrik. Bila meluncur di Tanah Air, MG VS HEV akan menjadi lawan buat Toyota Yaris Cross Hybrid.

Jadi, mobil baru di GIIAS 2023 itu MG VS HEV atau MG ZS EV? Tunggu saja.

16. Chery Omoda 5 EV

bocoran mobil baru di GIIAS 2023

Paras Chery Omoda 5 EV 2023

Bocoran Mobil baru di GIIAS 2023 dari Chery kemungkinan besar adalah Chery Omoda 5 EV. Informasi ini kami dapat dari sumber terpercaya, namun mobil tersebut belum tentu akan dijual langsung di pameran. Bisa jadi, Chery akan memperlihatkan dulu  mobil listrik tersebut ke masyarakat.

Bila melihat di Cina, Omoda 5 EV sudah diperkenalkan lebih dulu saat Shanghai Auto Show 2023. Mobil listrik tersebut punya spesifikasi yang cukup istimewa dengan kapasitas baterai 61 kwh dan bisa menempuh jarak 450 Km. Kemudian untuk performanya untuk tenaga mencapai 224 PS dengan akselerasi 0-100 km/jam cuma 7,8 detik.

Di samping Omoda 5 EV, kemungkinan mobil baru Chery di GIIAS 2023 dari merek mobil Cina ini ada beberapa yang lain. Sebut saja Tiggo 4 Pro, lalu model Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) seperti Tiggo 7 Pro e+ dan Tiggo 8 Pro e+.

17. Nissan X-Trail e-Power

nissan x-trail e-power 2023 - eksterior

X-Trail T33

Selanjutnya bocoran mobil baru di GIIAS 2023 datang dari Nissan yang mengatakan siap membawa produk elektrifikasi. Tidak disebutkan secara jelas, tapi bocoran yang kami dapat adalah X-Trail T33 dengan teknologi e-power. Ini adalah mobil yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak lantaran berada di segmen cukup gemuk. Ditambah lagi X-Trail merupakan salah satu merek legendaris di pasar otomotif Indonesia.

Bila melihat di negara lain, maka X-Trail e-Power akan menggunakan mesin bensin 1.5L VC (Variable Compression) Turbo. Hadir pula sistem penggerak e-4ORCE atau AWD. Dengan kombinasi tersebut dipastikan X-Trail terbaru bisa menghemat konsumsi BBM hingga 18,4 Km/liter untuk varian dengan penggerak e-4ORCE. Sementara untuk X-Trail e-Power 2WD mampu mengirit bensin sampai 19,7 Km/liter. Irit bukan?

Itulah tadi bocoran mobil baru di GIIAS 2023. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika