Selasa, Februari 27, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

8 Kelebihan Hyundai Creta Dibanding HR-V, Masih Ragu Beli?

by Baghendra Lodra
Kelebihan Hyundai Creta

Sebagai SUV pendatang baru, apa sih kelebihan Hyundai Creta? Tentunya kalau mau bersaing dengan para kompetitor, mobil ini harus memiliki nilai plus. Apalagi yang dilawan adalah Honda HR-V dengan nama besar di Tanah Air.

Pabrikan asal Korea Selatan, pasti melihat itu dengan jeli. Alhasil Creta dibuat seistimewa mungkin dibanding para rival. Sebut saja mobil berkubikasi 1.500 cc ini sudah punya sistem audio Bose dan Hyundai Bluelink. Ada pula Hyundai SmartSense selaku teknologi keselamatan pintar.

Dalam memaparkan kelebihan Hyundai Creta kali ini, kami juga melakukan test drive secara langsung untuk menggali lebih detail potensinya. Salah satu yang kami dapat adalah akselerasi dan konsumsi BBM Creta ternyata lebih baik dari Honda HR-V.

Nah, mau tahu lebih detail tentang mobil SUV berlogo H miring tersebut? Berikut kami beberkan 8 keunggulan Hyundai Creta dibanding rival seperti Honda HR-V:

1. Harga Lebih Murah

Kelebihan Hyundai Creta

Sosok Hyundai Creta varian tertinggi

Kelebihan Hyundai Creta yang pertama adalah harga yang lebih murah dibanding HR-V. Creta dijual mulai Rp 288 juta hingga Rp 404 juta dengan 5 pilihan varian. Sementara untuk HR-V dijual mulai Rp 364,9 juta hingga Rp 405,1 juta dengan 3 varian. Bahkan untuk HR-V ada satu varian lagi yaitu Turbo RS yang dijual Rp 515,9 juta.

Dengan banderol lebih terjangkau dan banyak varian, tentu ini memungkinkan konsumen memilih Creta sesuai bujet dan kebutuhannya.

2. Panoramic Sunroof

Kelebihan Hyundai Creta - panoramic sunroof hyundai creta

panoramic sunroof hyundai creta

Berkendara dengan Hyundai Creta tentunya akan lebih menyenangkan. Karena kaca atapnya bisa dibuka alias sudah mengadopsi Panoramic Sunroof, yang bisa berfungsi mengganti aliaran udara kabin supaya lebih segar. Inilah kelebihan Hyundai Creta dibanding kompetitor.

Sedangkan pada All New Honda HR-V, hanya menggunakan sistem Panoramic glass roof yang merupakan atap kaca permanen. Jadi fungsinya cuma untuk melihat kondisi sekitar saja, tanpa bisa mengalirkan udara sama sekali.

Baca juga  All New Honda BR-V Warna Putih Paling Laris

Bahkan untuk membuka dan menutup plafon panoramic glass roof milik HR-V, dibutuhkan ekstra effort. Penumpang harus melepas tutup plafon panoramic roof HR-V tersebut secara manual serta dimensinya yang lumayan besar.

Berbeda dengan Creta, untuk membuka sunroof hanya perlu menekan satu tombol yang berada di dekat kaca spion tengah. Lebih praktis dan simpel.

3. Bagasi Lebih Luas

Kelebihan Hyundai Creta - bagasi luas

Creta punya bagasi dengan kapasitas 478,5 liter

Kelebihan Hyundai Creta berikutnya adalah akomodasi bagasi lebih luas. Hal ini penting untuk sebuah medium SUV, mengingat ini adalah mobil keluarga yang tentunya harus siap diajak berlibur dengan membawa berbagai keperluan.

Berdasarkan hasil hitungan tim Youtube Moladin, Creta memiliki luas bagasi 478,5 lliter. Sementara itu jika dibandingkan dengan All new Honda HR-V, bagasinya hanya 421,2 liter, terpaut lumayan jauh.

4. Suspensi Lebih Stabil 

Kelebihan Hyundai Creta - Suspensi Creta

Bantingan suspensi Creta lebih berkualitas

Tim Youtube Moladin juga sudah menguji kenyamanan suspensi antara Hyundai Creta dan All New Honda HR-V. Saat melakukan tes suspensi, Tim Moladin menggunakan metode gelas diisi air diletakan di kap mesin. Kemudian mobil melaju dengan kecepatan 20 km/jam, melewati medan gravel (bebatuan kecil).

Kemudian, gelas yang paling sedikit airnya tumpah menandakan bahwa bantingan suspensi mobil tersebut paling tidak mengayun. Hanya saja, bukan berarti paling empuk. Nah kelebihan mobil dengan suspensi lebih keras pastinya akan lebih stabil digunakan di jalan bebas hambatan, dan lebih stabil diajak manuver jika dibandingkan dengan suspensi mobil dengan karakter mengayun.

Dari hasil pengujian Moladin, suspensi HR-V yang paling mengayun atau paling banyak menumpahkan air dibanding Hyundai Creta.

5. Akselerasi Hyundai Creta Lebih Istimewa Dibanding HR-V

Kelebihan Hyundai Creta

Creta bisa berlari 0-100 Km/jam hanya dalam 11,7 detik

Kelebihan Hyundai Creta selanjutnya adalah dalam hal akselerasi. Untuk membuktikan performa SUV berlogo H miring ini, kami lakukan komparasi dengan Honda HR-V dengan dua cara. Pertama adalah drag race dengan jarak 201 meter. Adapun catatan yang diraih oleh Hyundai Creta hasilnya 11,7 detik. Sementara HR-V Gen 3 cuma 12,7 detik.

Baca juga  HR-V Raja Penjualan SUV Agustus 2023, Creta dan Yaris Cross Lewat!

Pengujian kedua adalah akselerasi dari 0-100 Km/jam. Catatan waktunya untuk Hyundai Creta mencapai 11,4 detik. Sementara untuk HR-V cuma 13,4 detik.

Jelas sekali bahwa Hyundai Creta lebih unggul dibanding HR-V dalam hal performa mesin. Padahal di atas kertas, mesin Creta cuma bisa mengeluarkan torsi 143,8 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 115 PS pada 6.300 rpm. Bandingkan dengan HR-V 1.5 L yang sanggup menggelontorkan torsi 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm.

Lalu kenapa Creta bisa unggul dari sisi akselerasi dibanding HR-V. Salah satu keunggulannya adalah penggunaan transmisi iVT yang responsif. Selain itu, bobot Creta ternyata juga sangat ringan yaitu 1.175 Kg. Sementara HR-V mencapai 1.273 Kg. Artinya Creta lebih ringan hampir 100 Kg dibanding rivalnya tersebut.

Walau demikian, HR-V sesungguhnya memiliki pilihan mesin turbo untuk pasar Indonesia. Di atas kertas performanya lebih istimewa lagi karena bisa meraih tenaga maksimum 177 PS pada 6.000 rpm. Kemudian untuk torsi puncaknya, mobil dengan segmen SUV ini sanggup meraih angka 240 Nm pada putaran mesin 1.700 – 4.500 rpm.

6. Konsumsi BBM Hyundai Creta Lebih Irit

Kelebihan Hyundai Creta - konsumsi BBM irit

Creta bisa mengirit bensin hingga 13,2 Km/liter di dalam kota

Kelebihan Hyundai Creta berikutnya adalah soal konsumsi BBM yang lebih irit. Hasil pengujian tim Youtube Moladin, untuk konsumsi BBM dalam kota SUV berlogo H miring ini tembus 13,2 Km/liter. Sementara untuk di jalan tol, keiritan bensinnya mencapai 18,7 km/liter.

Baca juga  11 Spesifikasi Chery Omoda 5 2023, Harga Varian GT AWD Paling Mahal!

Bandingkan dengan kompetitor yaitu HR-V yang saat kami uji, konsumsi BBM dalam kotanya cuma 12,6 km/liter. Lalu untuk luar kota, sekitar 18 km/liter.

Jika kamu mau membuat Hyundai Creta semakin irit bensin, bisa pakai mode berkendara eco yang ada di SUV ini. Efeknya membuat respons pedal jadi jadi tidak terlalu responsif dan tentunya jadi menghemat bensin. 

7. Fitur Modern Lebih Lengkap dengan Bluelink

Kelebihan Hyundai Creta

Creta punya fitur Bluelink dan tombol SOS yang belum dipunya HR-V

Meski All New HR-V 2022 sudah dibekali Honda Sensing, namun itu saja belum cukup untuk menandingi Creta. Pasalnya SUV berlogo H miring ini juga memiliki teknologi serupa bernama Hyundai SmartSense.

Bahkan Creta lebih istimewa lagi, lantara mempunyai fitur Bluelink. Dengan teknologi itu Hyundai Creta memiliki tombol keamanan personal, yaitu SOS dan Bantuan Jalan. Jadi cukup tekan tombol tersebut, maka otomatis akan terhubung ke call center Hyundai. Dari sana, kamu akan memperoleh bantuan seperti derek, polisi, ambulance, dan lain-lain bila terjadi persoalan darurat di perjalanan.

Melalui Bluelink, pemilik Hyundai CRETA dapat mengontrol banyak hal pada kendaraannya hanya melalui ponsel pintar. Bluelink memiliki empat fitur dengan fungsi utama; meningkatkan keselamatan berkendara, menambah kepraktisan pengoperasian mobil, meningkatkan keamanan mobil, serta mengetahui kondisi mobil.

8. Sistem Audio Bose

kelebihan hyundai creta

Sistem audio SUV Hyundai buata Indonesia ini sudah mengandalkan Bose dengan 8 speaker

Bicara Hyundai Creta tentu tidak lepas dari sistem audio Bose untuk varian tertinggi. Ini tentu membuat berkendara dengannya jadi semakin nyaman, terlebih ketika mendengar musik.

Totalnya ada 8 speaker mengelilingi kabin. Pastinya telinga pengemudi dan penumpang akan dimanjakan dengan audio Bose tersebut. Ini merupakan sebagai kelebihan Hyunda Creta, karena kompetitor seperti HR-V belum punya.

Demikian ulasan kelebihan Hyundai Creta dibanding kompetitor All New Honda HR-V. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika