Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

5 Tips Pasang Audio Mobil Harian, Jangan Ngasal!

by Firdaus Ali
Tips pasang audio mobil

Mengulas tips pasang audio mobil harian menarik untuk dibahas. Sebab jika pemasangan audio mobil sembarangan, hasilnya tidak optimal.

Pemasangan yang benar tentunya akan mengeluarkan suara audio yang enak didengar oleh pengemudi dan penumpang. Adanya audio mobil dengan suara yang berkualitas memang bagian dari kenyamanan selama berkendara. Harmonisasi suara bass dan tribel yang seimbang akan memanjakan telinga penumpang yang ada di dalam kabin mobil.

Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan. Mulai dari spesifikasi audio, komponen audio, power audio dan budget.

“Instalasi dan tunning audio mobil harus benar, jika sembarangan hasilnya akan tidak maksimal dan percuma. Selain itu, sebelum pasang dengar dulu demo dari perangkat audio yang akan di pasang. Biar tahu karakter barang yang akan dipasang itu seperti apa hasilnya,” terang Puji, salah satu pemilik toko audio Music Art di Mall Kelapa Gading lantai 8 (3/10/2022).

Nah, biar tidak penasaran, mari kita simak ulasan tips pasang audio mobil harian berikut ini.

1. Sesuaikan Budget

Tips pasang audio mobil

Sesuaikan budget

Tips pasang audio mobil untuk harian yang pertama adalah menyesuaikan budget. Yup, menyesuaikan budget sangatlah penting karena jangan sampai tekor.

“Untuk budget pasang audio mobil harian mulai dari Rp 3 juta hingga Rp 15 juta. Itu sudah dijamin enak dikuping,” imbuh Puji.

Baca juga  Cara Pakai Car Seat di Mobil yang Benar, Jangan Salah!

2. Pilih Toko Audio Mobil Yang Terpercaya

Tips pasang audio mobil

Pilih toko audio mobil yang terpercaya

Setelah budget tersedia, Langkah selanjutnya pilih toko audio yang terpercaya. Hal ini bertujuan agar komponen audio yang dibeli kualitas produknya terjamin dan ada garansi.

“Jangan asal atau pilih toko audio sembarangan, yang ada nanti kualitas produknya abal-abal. Tanya kolega yang sudah pernah membeli perangkat audio mobil jadi lebih aman karena ada rekomendasi,” tambah Puji.

3. Pilih Ampilfier Sesuai Pilihan dan Budget

Tips pasang audio mobil

Pilih amplifier sesuai budget dan selera

Tips pasang audio mobil untuk harian berikutnya adalah menentukan pilihan amplifier sesuai budget dan selera. Maksudnya adalah jika peruntukannya untuk harian maka disarankan menggunakan amplifier yang 2 chanel. Berbeda halnya jika untuk mengikuti kontes, bisa menggunakan 4 chanel.

“Untuk mobil harian cukup dengan 2 chanel, jika instalasinya benar hasilnya juga optimal. Kalau 4 chanel konsumen sudah tidak ada yang pakai karena harus dengan aki tambahan dan biayanya mahal, umumnya digunakan untuk kontes,” tambah Puji.

Oh ya, Puji yang merupakan salah satu punggawa dari Music Art ini juga mengungkapkan bahwa dalam memilih komponen audio, selain amplifier, pemilihan kabel harus hati-hati. Sebab kabel merupakan salah satu komponen penting yang mendukung kualitas suara serta rawan menimbulkan konsleting.

Baca juga  Cara Menghilangkan Goresan di Mobil Tanpa ke Bengkel

“Pilih kabel yang bagus supaya output suaranya juga optimal. Selain itu kabel yang bagus juga awet, takutnya kalau pakai kabel yang murahan gampang terkelupas dan bisa menimbulkan konslet, efeknya bisa berbahaya. Kalau untuk headunit, speaker, subwoofer dan ampli ya mengikuti harga,” terang Puji.

4. Siapkan Komponen Audio

Tips pasang audio mobil

Komponen audio mobil.

Langkah selanjutnya dalam tips pasang audio mobil harian adalah menyiapkan komponen audio. Yup, komponen seperti subwoofer, kabel, speaker, dan amplifier serta peredam pintu.

“Siapkan terlebih dahulu komponen yang akan dipasang seperti subwoofer, speaker, amplifier, kabel dan peredam pintu. Kalau headunit pakai yang OEM juga tidak masalah, namun jika ingin diganti dengan yang baru juga tidak apa-apa,” terang Puji.

5. Proses Pemasangan atau Instalasi

Tips pasang audio mobil

Proses instalasi audio mobil. Foto: Istimewa

Jika komponen dan alat pendukung sdah disiapkan semua, tips pasang audio mobil untuk harian selanjutnya adalah melakukan proses instalasi. Dalam hal ini, pemasangan atau instalasi harus dilakukan dengan benar dan cermat agar tidak terjadi konslet.

Baca juga  8 Penyebab Mesin Mobil Tiba-tiba Mati

“Bongkar dahulu doortrim dan bagian lain yang sekiranya dilewati jalur kabel, pasang kabel dengan rapi jangan sampai menumpuk dan sambung kabel dengan rapi dan benar. Kemudian pasang peredam pintu 3 layer, bikin juga tempat dudukan baru untuk speaker atau subwoofer agar tampilan lebih rapi. Setelah semuanya terpasang, tes dahulu kinerja audio yang sudah terpasang, apakah sudah sesuai keinginan atau belum, suara pecah atau tidak dan cek kembali jalur kabel dan sambungannya. Setelah itu tutup kembali doortrim dan bagian lain dengan rapi dan benar,” jelas Puji.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tips pasang audio mobil untuk harian. Dalam hal ini, pemasangan tidak boleh sembarangan karena berhubungan dengan arus listrik yang bisa mengakibatkan konsleting jika pemasangannya tidak benar.

Jika dirasa kurang kompeten dalam pemasangan sistem audio mobil sendiri di rumah, disarankan untuk menyerahkan pemasangan audio mobil ke tempat yang sudah berpengalaman. Umumnya toko audio juga melayani jasa pemasangan audio mobil.

“Kelihatanya memang simpel, namun pemasangan sistem audio harus dilakukan oleh tenaga yang sudah berpengalaman. Kalau ngasal hasilnya malah suara yang keluar tidak optimal. Jadi saat beli komponen, sekalian saja minta dipasangin sama tokonya, lebih terjamin hasilnya,” pungkas Puji.

Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika