Jumat, Mei 31, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Maserati GranTurismo Folgore, Mobil Sport Listrik Pertama!

by Firdaus Ali
maserati granturismo folgore tampak belakang

Maserati GranTurismo Folgore resmi diperkenalkan untuk pasar global. Inilah produk mobil sport listrik pertama dari merek premium berlogo trisula asal Italia.

Soal harga, memang belum ada pengumuman resmi. Pasalnya Maserati baru akan menjualnya pada 2023. Walau demikian, berbagai media asing memprediksi sekitar $170,000 atau setara Rp 2,6 miliar. Walau demikian, kalau nanti benar-benar masuk Indonesia, pasti banderolnya akan berkali-kali lipat!

Hadirnya Maserti GranTurismo merupakan salah satu bukti babak baru dalam kisah yang dimulai dari 75 tahun yang lalu dengan Maserati A6 1500. Sudah menjadi ciri khas, bahwa merek Maserati selalu menghadirkan kenyamanan selain tentunya performa tinggi khas mobil sport.

Begitu juga dengan New Maserati GranTurismo. Mobil dengan model coupe ini juga hadir dengan menggabungkan dua hal yaitu, kenyamanan dan performa mesin yang buas. Bahkan, untuk Maserati GranTurismo Folgore yang full elektrik, tenaga maksimumnya diklaim mencapai 760 hp.

Dari sisi eksteriornya, mobil sport ini tetap mempertahankan aura elegan dan sporty yang juga menggabungkan keseimbangan ideal antara keindahan dan fungsionalitas. Hal itu bisa dilihat dari lekukan bodi yang tidak terlalu agresif namun membantu aerodinamika.

Baca juga  Mobil Listrik Buatan Israel, Bisa Berubah Ukuran!

Disamping itu, material body mobilnya juga tidak sembarangan. Yaitu menggunakan kombinasi material Magnesium dan aluminium yang ringan dan kuat. Tak hanya Magnesium dan Aluminium saja. Sports car ini juga menggunakan material baja, sehingga perpaduan 3 material ini menghasilakan kualitas yang mumpuni dan bobot mobil yang ideal.

Dan untuk identitas serta adanya sentuhan elegan, mobil sport ini menyematkan desain grill honeycomb berbentuk oval dan logo Maserati dibagian tengahnya.

Spesifikasi New Maserati GranTurismo Folgore

New Maserati GranTurismo Folgore

New Maserati GranTurismo Folgore (Elektrik)

Maserati GranTurismo hadir dengan 3 varian, yaitu Modena, Trofeo dan Folgore. Adapun kedua varian yang disebut pertama menggunakan mesin 3.0L V6 Nettuno Engine Twin Turbo. Namun begitu, untuk tenaga maksimumnya antara Modena dan Trofeo berbeda.

Dilansir dari laman resmi Maserati, untuk Maserati GranTurismo Modena, tenaga maksimumnya diklaim mencapai 490 hp. Sementara untuk Maserat Trofeo tenaganya lebih besar yaitu 550 hp.

Lalu, bagaimana dengan Maserati GranTurismo Folgore atau yang versi elektrik. Mobil sport listrik pertama dari pabrikan asal Italia ini menggunakan 100 persen baterai sebagai sumber penggerak tenaganya. Sistem kelistrikan yang diadopsi berdaya 800 volt seperti yang sudah digunakan untuk ajang balap mobil listrik Formula E. Di mana mobil ini memungkinkan untuk dipasang tiga motor magnet kuat dengan daya 300 kW.

Baca juga  Spesifikasi Lightyear 0, Bisa 7 Bulan Tanpa Cas

Untuk baterai, Folgore menggunakan kapasitas 92,5 kW dan arus listrik yang bisa dimuntahkan diklaim sebesar 560 kW atau setara 760 hp. Akselerasi dari 0-100 Km/jam diklaim cuma 2,7 detik. Lalu top speed dari Maserati Granturismo Fologre adalah 320 Km/jam.

Hebatnya, Maserati juga sangat fokus pada titik rendah kendaraan yang tentunya bertujuan agar mobil bisa melaju kencang dengan seimbang dan aman. Hal itu dibuktikan dengan penempatan baterai yang inovatif dan menghasilkan ground clearance sebesar 1.353 mm.Selain itu, untuk tetap mempertahankan sifat sporty, mobil sport ini juga mengemas baterai yang ringkas dan lebih dikenal dengan T-Bone. 

Berbicara fitur, salah satu pabrikan otomotif juga tentunya menghadirkan beberapa deretan fitur modern dan canggih. Salah satunya adalah fitur VDCM (Vehicle Domain Control Module) yang bisa memindai mobil dengan kamera 360 derajat.

Kemudian ada pula fitur MIA (Maserati Intelligent Assistant) sebagai sistem multimedia dan entertainment melalui headunit layar sentuh yang dapat mengakomodasi sistem audio dan informasi mobil. Oh ya, untuk memanjakan telinga penumpang, dihadirkan 19 titik speaker dengan sistem 3D sound.

Baca juga  Toyota Bocorkan Harga bZ4X, Siap Masuk Indonesia!

Moladiners, itulah ulasan mengenai New Maserati GranTurismo Folgore. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika