oleh

Rekomendasi Cairan Pembersih Interior Mobil, Awas Salah Beli!

Kebersihan interior mobil sangat mendukung kenyamanan berkendara. Sebab jika interior mobil tidak dirawat dan kotor maka akan merusak estetika penampilan serta menimbulkan bau tak sedap. Nah, pada artikel ini kami akan membahas mengenai 6 rekomendasi cairan pembersih mobil yang beredar dipasaran saat ini.

Cairan pembersih interior mobil berbeda dengan cairan pembersih yang digunakan untuk membersihkan sisi eksteriornya. Sebab, ada beberapa jenis cairan yang dibutuhkan untuk membersihkan bagian interior mobil.

Misalnya saja untuk membersihkan bagian jok dan dashboard, jenis cairan yang dibutuhkan juga berbeda. Sebab objek materialnya berbeda. Jadi kandungan yang ada di cairan pembersih dari masing-masing objek tersebut tentunya tidak sama.

“Cairan pembersih interior mobil ada beberapa jenis sesuai peruntukannya. Misalnya saja jok mobil yang masih menggunakan jenis bahan fabric, tentunya cairan pembresih yang digunakan berbeda dengan jenis jok yang menggunakan bahan leather alias kulit,” terang Imam, salah satu Staff salon mobil di bilangan Tangerang Selatan. (24/1/2022).

Nah, untuk lebih mengtahui lebih jauh jenis-jenis cairan pembersih interior mobil yang beredar di pasaran saat ini. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Daftar 6 Cairan Pembersih Interior Mobil Terbaik

1. Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner

cairan pembersih interior mobil
Meguiars quick intrior cleaner

Rekomendasi pertama cairan pembersih interior mobil adalah Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner. Yup, brand Meguiars tentu sudah sering didengar oleh kalangan pemilik mobil dan menjadi salah satu cairan pembersih yang banyak digunakan oleh salon mobil.

Baca juga  5 Cara Merawat Aki Basah Agar Tidak Cepat Tekor

Kelebihan dari cairan merek ini adalah tidak meninggalkan bau yang menyengat saat digunakan. Sehingga banyak pemilik mobil mempercayakan Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner untuk membersihkan bagian interior mobilnya.

Cara penggunaannya mudah, semprotkan cairan tersebut ke bagian-bagian interior seperti dashboard dan jok berbahan kulit atau sintetis dan kemudian gosok dengan sikat halus atau lap bersih. Oh ya, cairan ini hanya bisa digunakan untuk material plastic, vinyl, kulit, karet dan besi.

Soal harga, Meguiars Quick Interior Detailer Cleaner berukuran 473 ml dijual dengan kisaran harga Rp 187 ribuan.

2. STP Tuff Stuff

cairan pembersih interior mobil
STP Tuff Stuff

Produk STP Tuff Stuff banyak digunakan oleh pemilik kendaraan untuk membersihkan bagian jok mobil, baik yang berbahan kulit, sintetis ataupun fabric. Produk ini dijual dengan kisaran harga Rp 80  ribu denga ukuran 623 gram.

Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan ke bagian yang terdapat noda. Diamkan selama kurang lebih 5 sampai 10 menit dan kemudian lap dengan menggunakan kain bersih. Untuk membersihkan noda yang membadnel bisa dilakukan dengan cara berulang sesuai kebutuhan.

Oh ya, menariknya produk STP Tuff Stuff kandungannya diklaim tidak kulit tangan.

3. Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant

cairan pembersih interior mobil
Turtle wax ice interior

Cairan pembersih interior mobil selanjutnya adalah Turtle Wax Ice Interior Cleaner and Protectant. Produk ini dijual dengan kisaran harga Rp 230 ribu dengan ukuran 900  gram.

Baca juga  Kenali Gejala Steering Rack Avanza Bermasalah

Produk ini aman untuk digunakan pada material berbahan vinyl, plastk, kulit, dan fabric. Selain itu produk ini juga diklaim bisa membunuh kuman serta melindungi dari sinar ultra violet.

Car penggunaanya adalah dengan mengocok terlebih dahulu dan kemudian semprotkan ke bagian yang terkena noda. Setelah itu gosok dengan menggunakan kain micro fiber.

4. Sonax Xtreme Interior Cleaner

cairan pembersih interior mobil
Sonax xtreme interior cleaner

Produk Sonax Xtreme Interior Cleaner aman untuk digunakan pada material berbahan kulit, plastik, sintetis dan fabric. Makanya Sonax Xtreme Interior Cleaner selain digunakan untuk membersihkan dashboard dan jok juga untuk bagian plafon.

Cara menggunakannya adalah dengan menyemprotkan cairan ini ke bagian objek yng terkena noda. Kemudian lanjutkan dengan gosok secara perlahan dengan menggunakan kain micro fiber.

Jika sudah selesai, lap kembali dengan menggunakan kain bersih. Oh ya, untuk harganya, produk ini ada dikisaran Rp 200 ribuan.

5. Waxco Tough Stain

cairan pembersih interior mobil
Waxco tough stain cleaner

Produk ini dijual dengan kisaran Rp 75 ribuan denga nisi 500 gram. Waxco Tough Stain diklaim dapat memberishkan noda yang menempel pada material fabric, suede, plafon bahan kain, karpet, serta beludru.

Cara menggunakannya sama dengan cairan-cairan sebelumnya. Hanya setelah disemprotkan, diamkan sekitar 1 – 2 menit kemudian lap dengan kain bersih yang sedikit dibasahi dengan air.

6. Armor All Cleaning Wipes

cairan pembersih interior mobil
Armor all leather wipes

Dan rekomendai cairan pembersih interior mobil selanjutnya adalah Armor All Cleaning Wipes yang dijual dengan kisaran Rp 80 ribuan untuk isi 20 pc. Sebagai informasi, produk ini bentuknya seperti tisu basah.

Baca juga  5 Penyebab RPM Naik Turun di Mobil dan Solusinya

Cara  menggunakannya adalah dengan mengelap langsung ke bagian yang terkenda noda sembari digosok secara pelan. Setelahnya lap kembali dengan kain bersih.

“Sebenarnya pemilik mobil juga bisa menggunakan bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan interior mobil jika enggan membeli produk aftermarketnya. Beberapa bahannya adalah cuka apel dan campuran sabun cuci piring dan ammonia. Aduk dengan rata dan kemudian semprotkan ke bagian yang terkena kotoran,” jelas Imam.

Cara Membersihkan Interior Mobil

cairan pembersih interior mobil
Membersihkan jok mobil dengan vacum cleaner

Cara membersihkan interior mobil sebenarnya tidak rumit jika dilakukan secara berkala. Paling mudah, kalau setiap selesai berkendara, bersihkan mobil dari sisa-sisa makanan dan minuman.

“Seminggu sekali baiknya bagian interior dibersihkan. Selain itu, jika kondisinya baru terkena noda makanan atau lainnya, sebaiknya langsung dibersihkan agar noda mudah dihilangkan. Gunakan cairan pembersih yang sesuai dengan peruntukannya serta siapkan kain micro fiber, kainlap bersih dan vacum cleaner,” tutup Imam.

Jika hal tersebut dilakukan secara berkala, dijamin interior akan selalu berada dalam kondisi terbaik. Walau mobil kamu usianya sudah tidak muda lagi, tapi interior bakal tampak istimewa.

Moladiners, itulah ulasan mengenai rekomendasi 6 cairan pembersih interior mobil. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru