oleh

Kenali Perbedaan Coating dan Detailing Mobil, Jangan Salah!

Jika kamu sedang bingung mengenai perbedaan coating dan detailing mobil, artikel ini bakal membahas secara detail. Jadi jangan bingung lagi ya!

Coating dan detailing mobil adalah dua hal berbeda. Coating merupakan proses penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil sehingga lapisan baru ini bisa membuat tampilan warna cat pada mobil selalu terlihat baru, mengkilap, tidak kusam, dan lebih sedap dipandang.

Agus, sales perusahaan jasa Coating Scuto di bilangan Jakarta Selatan mengatakan coating merupakan solusi untuk menjaga tampilan warna cat mobil agar selalu tampak bening, glossy, dan selalu terlihat cerah.

“Bahan yang digunakan untuk coating umumnya SiO2 atau silikon dioksida yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca,” kata Agus.

Umumnya bagian yang dicoating hanya mencakup eksterior. Karena memang bertujuan untuk memberi lapisan khusus untuk body luar mobil sehingga terlihat lebih mengilap.

Sedangkan detailing mobil  atau auto detaling adalah melakukan pembersihan dan perawatan ekstra secara mendetail, baik pembersihan pada interior, eksterior, bahkan sampai bagian dalam mesin.

“Pembersihan ini bertujuan untuk membersihkan mobil dari segala kotoran seperti debu jalanan, goresan kerikil, kerak dari kotoran, dan lainnya, baik di ekterior maupun interior,” tambah Agus.

Menurut Agus, detailing mobil umumnya mengerjakan pembersihan velg, kolong mobil, baut-baut, jok, dashboard, plafon. Dengan menggunakan detailing juga mampu membuat cat yang kusam, jamur, dan bau tidak sedap pada kabin dapat teratasi. Melakukan auto detailing artinya menjaga keawetan komponen-kompaonen pada eksterior dan interior juga.

Baca juga  Estimasi Harga Salon Mobil, Mahal?

“Selain itu salon mobil coating biasanya bisa menerima permintaan detailing. Tapi salon mobil detailing belum tentu memiliki kemampuan atau menerima coating. Karena butuh alat dan kimia yang berbeda dengan coating,” beber Agus.

Apakah sudah jelas tentang coating dan detailing mobil? Berikut akan dibahas lebih lanjut terkait kelebihan masing-masing serta harganya.

Kelebihan Detaling Mobil

Perbedaan Coating dan Detailing Mobil
Karena dengan detailing mobil kamu akan menjaga tampilan mobil supaya tidak terlihat tua, dan juga untuk menambah harga jualnya saat akan dijual.

Ada pun kelebihan detailing, adalah tentu saja sesuai namanya, detail. Dalam artian pengerjaan perawatannya akan lebih detail dan teliti.

Membersihkan tiap-tiap komponen pada eksterior dan interior. Pengerjaan detailing mobil pun terbilang rumitnya, apa lagi pada bagaian mobil yang sulit dijangkau seperti di celah-celah mobil.

Kelebihan lainnya tentu saja mobil akan lebih bersih luar dan dalam, karena dalam proses pengerjaannya detailing mobil juga bertujuan untuk mematikan kuman dan bakteri yang membuat kendaraan lebih sehat.

Maka dari itu jika kamu melakukan detailing mobil umumnya mobil kamu joknya akan di lepas dan diturunkan semuanya agar pembersihan sampai maksimal ke lantai-lantai dalam mobil.

Selain itu hal ini juga berfungsi unutk mengecek semua bagian interior mobil jikalau kemungkinan ada bagian yang rusak. Sebut saja seperti karpet yang sobek, sarung jok sobek atau bagian atap mobil yang rusak bisa sekalian diperbaiki.

Baca juga  Estimasi Harga Salon Mobil, Mahal?

sedangkan pada eksterior biasnaya bagian mesin akan dicuci. Dan dilakukan pemeriksaan pada komponen elektronik seperti kabel yang mungkin kerapiannya kurang terjaga bisa dirapihkan.

Selain itu mesin juga akan dilap dengan disemprotkan cairan pembersih minyak agar bekas pelumas yang ada pada ruang mesin mobil bisa bersih kembali.

Setelah bersih, dalam proses detailing ruang mesin ini nantinya akan disemprotkan silikon agar komponen-komponen kabel di dalamnya lebih terjaga dari debu dan kotoran.

Pada dasarnya detailing mobil adalah perawatan kendaraan yang penting, sepenting kita mencuci mobil. Karena dengan detailing mobil kamu akan menjaga tampilan mobil supaya tidak terlihat tua, dan juga untuk menambah harga jualnya saat akan dijual.

Harga Detailing Mobil

Berbicara tentang detailing mobil, sebenarnya berapa sih biaya untuk pengerjaannya?

Biayanya sendiri itu sangat berbeda-beda tergantung workshop yang akan kamu pilih. Nantinya, kisaran harganya ada yang ratusan ribu bahkan juga ada yang jutaan, tergantung kualitas yang kamu inginkan.

Hanya saja yang paling umum, kalau bicara harga detailing sekitar Rp 300 ribuan. Itu sudah termasuk eksterior, interior, hingga bagian mesin mobil.

Kelebihan Coating Mobil

Perbedaan Coating dan Detailing Mobil
Coating juga membuat body mobil lebih mengkilap, tahan gores dan bertahan lebih dari 2 tahun.

Beda dengan detailing, coating akan lebih fokus pada pengerjaan perawatan eksterior khususnya body. Coating sendiri akan memberikan perlindungan pada cat untuk jangka panjang.

Baca juga  Estimasi Harga Salon Mobil, Mahal?

Maka dari itu coating umumnya memiliki treatmen yang khusus di banding dengan auto detaling biasa. Pengerjaan coating pun bisa memakan waktu lebih dari 3 hari, sedangkan poles body pada detailing umumnya hanya memakan waktu satu hari, dan ketahannya pun tidak sekuat dan sepanjang coating.

Ada pun manfaat coating lainnya adalah Meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur.  Selain itu coating juga membuat body mobil lebih mengkilap dan bertahan lebih dari 2 tahun.

Tidak heran jika kita menemui jasa coating mobil yang memberikan garansi hingga 3 tahun bahkan 5 tahun.

Coating juga berfungsi melindungi body dari goresan halus, yang bisa terjadi karena kesalahan mencuci, terkena ranting pohon, kerikil di jalan, dan lain sebagainya.

Harga Coating Mobil

“Untuk harga coating mobil, baik ceramic coating ataupun nano umumnya dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 8 juta,” kata Agus salah satu sales Scuto yang dihubungi Moladin.com.

Iya mengatakan harga coating mobil tersebut juga tergantung jenis kendaraan yang akan digarap. Rinciannya mobil dengan kategori small seperti honda Brio, Suzuki Karimun, dibanderol mulai Rp 3 jutaan.

Sedangkan mobil dengan ukuran medium seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dibanderol mulai Rp 4 jutaan. Sedangkan di kelas Large seperti Innova besarannya bisa mencapai Rp 6,5 juta. Dan Luxury seperti Alphard harga dimulai Rp 8 jutaan.

Jadi memang harga coating mobil tergantung pada ukuran kendaraan. Semakin besar mobil, maka semakin mahal banderolnya.

Demikian ulasan terkait perbedaan coating dan detailing mobil. Kiranya ulasan ini bisa menjadi bahan pertimbangan kamu dalam menemukan tratment perawatan mobil yang terbaik.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru