oleh

Apa itu Coating Mobil? Fungsi, Jenis, dan Biayanya

Moladin kali ini akan mengenalkan apa itu coating mobil, fungsi dan biayanya. Hal ini penting untuk diketahui terutama jika saat ini kamu berencana ingin melakukan perawatan kendaraan.

Coating sendiri merupakan suatu metode treatment atau perawatan mobil yang saat ini sudah mudah dijumpai, khususnya pada bagian bodi. Di mana bodi mobil akan mendapat tambahan lapisan khusus di atas cat. 

Fungsi Coating Mobil

Coating Mobil
Coating melindungi cat dari goresan halus, yang bisa terjadi karena kesalahan mencuci, terkena ranting pohon, kerikil di jalan, dan lain sebagainya.

Fungsi coating mobil sesungguhnya ada banyak. Salah satunya dengan adanya lapisan tambahan di bodi, bisa membuat warna cat terlindungi dan tidak mudah pudar. Efeknya, mobil jadi terlihat mengilap atau kinclong terus. 

Hal menarik dari coating adalah memiliki manfaat jangka panjang. Dengan kata lain, setelah bodi mobil kamu terlapisi, maka bukan cuma dalam hitungan hari, minggu, atau bulan. Melainkan coating bisa bertahan hingga tahunan.

Coating juga berguna melindungi cat bodi mobil dari berbagai bahaya luar. Misal saja jamur, air, hingga goresan halus. Selanjutnya dengan coating, kotoran yang menempel di mobil pun lebih mudah dibersihkan. Menarik bukan?

Jenis – jenis Coating Mobil

Coating Mobil
Proses pemasangan lapisan coating mobil.

Ada dua jenis coating yang saat ini sedang populer dan sedang digandrungi pemilik mobil, yakni nano dan ceramic coating. Baik nano dan ceramic coating menggunakan bahan dasar sama yakni cairan bening silikon dioksida, namun punya daya tahan, dan harga yang berbeda.

Baca juga  Biaya Pasang Anti Karat Mobil, Semahal Apa?

Nano coating merupakan pelapis cat mobil berteknologi tinggi dengan partikel kecil yang diklaim mampu mengisi pori-pori cat mobil. Alhasil sanggup memberikan perlindungan cat yang lebih optimal.

Sedangkan ceramic coating berupa cairan silika yang dapat mengeras atau mengkristal. Dengan demikian, dipermukaan bodi mobil akan tampak seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Dua jenis coating tersebut mampu meresap ke pori-pori cat dengan baik, sekaligus mengangkat kotoran, kerak, atau residu yang menempel pada cat mobil.

Coating Mengandung Beberapa Bahan Kimia

Coating Mobil
Permukaan cat pada umumnya tidak rata. Ada pori-pori yang tidak terlihat. Nah bahan inilah yang dirancang sedemikian rupa supaya masuk ke pori-pori cat dan membentuk lapisan tipis yang memproteksi permukaan body mobil.

Menurut Agus, sales perusahaan jasa coating mobil, Scuto di bilangan Jakarta Selatan mengatakan, coating mengandung beberapa bahan kimia. “Umumnya coating mengandung unsur SiO2 atau silikon dioksida. Bahan kimia ini merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca,” kata Agus.

Selain itu ia juga mengatakan jika beberapa cairan untuk coating juga mengandung bahan Polysilazane. Bahan ini merupakan bahan polimer yang mampu melekat dan mengeras di permukaan seperti cat.

Baca juga  Biaya Perbaikan Bodi Mobil Penyok, Semahal Apa?

“Ya cat itu kan tidak rata sebenarnya. Ada pori-pori yang tidak terlihat. Nah bahan inilah yang dirancang sedemikian rupa supaya masuk ke pori-pori cat dan membentuk lapisan tipis yang memproteksi permukaan cat,” tambah Agus.

Untuk campurannya, ia mengatakan umumnya penggunaan bahan Polysilazane mencapai 80% dan sisanya hanya pelarut saja.

Harga Coating Mobil

Coating Mobil
Semakin besar kendaraannya, maka harga coating untuk mobil bakal semakin mahal

Jika kita melakukan coating, bagian yang dikerjakan umumnya hanya mencakup eksterior. Karena memang tujuannya adalah untuk memberi lapisan khusus pada body.

Terkait harganya tentu saja berbeda jauh dengan poles mobil biasa. “Untuk harga coating mobil, baik ceramic coating ataupun nano umumnya dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 8 juta,” kata.

Dia mengatakan, harga untuk coating mobil tersebut juga tergantung jenis kendaraan yang akan digarap. Rinciannya mobil dengan kategori small seperti honda Brio, Suzuki Karimun, dibanderol mulai Rp 3 jutaan.

Sedangkan mobil dengan ukuran medium seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dibanderol mulai Rp 4 jutaan. Sedangkan di kelas Large seperti Innova besarannya bisa mencapai Rp 6,5 juta. Dan Luxury seperti Alphard harga dimulai Rp 8 jutaan.

Jadi memang harga coating mobil tergantung pada ukuran kendaraan. Semakin besar mobil, maka semakin mahal banderolnya, karena pengerjaannya akan semakin lama dan bahan kimia yang digunakan akan semakin banyak.

Baca juga  5 Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil, Bisa Pakai Lemon!

Nah coating mobil juga bisa dikerjakan sendiri. Tapi hasilnya tidak akan maksimal. Bukan karena obat cairannya tidak bagus, tapi alat-alat coating di rumah biasanya tidak mendukung untuk pengerjaan coating secara maksimal.

Karena coating mobil juga memerulukan beberapa spescial tools yang mahal untuk dimiliki secara probadi. Misal seperti ruang pemanas infra merah, alat poles yang berbagai macam type dan pengalaman ketrampilan dalam memoles itu sendiri.

Kalau untuk paket coating mobil yang dijual bebas di pasaran, banyak tersedia. Untuk merek-mereknya seperti Mr Fix, Orix Quartz, jaysuing dan sebagainya. Harganya juga beragam di pasaran mulai dari Rp 40 ribuan – 2 jutaan. Walau demikian, proses pelapisannya harus kamu lakukan sendiri di rumah.

Coating Mobil Bisa Dilakukan di Rumah

Coating Mobil
Memoles body mobil adalah salah satu proses coating agar hasilnya maksimal.

Jika kamu ingin melakukan coating mobil sendiri di rumah ada beberapa hal yang harus dilalkukan. Misalnya dengan mencuci bersih mobil, lalu lap sampai mobil benar-benar kering.

Bila bodi mobil sudah kering sempurna, kamu bisa lakukan coating mobil. Lalu jangan lupa untuk melakukannya di ruang tertutup yang bebas debu dan kotoran dengan pencahayaan merata.

Demikian ulasan terkait coating mobil. Jika kamu ingin melakukan coating, sebaiknya memperhatikan brand spesialis jasa coating tersebut.

Karena saat ini banyak bermunculan layanan jasa coating yang tidak bisa dipertanggungjawabkan hasilnya. Beberapa workshop, bahkan menawarkan harga layanan yang sangat terjangkau tanpa menyebutkan produk coating yang digunakan. Ujung-ujungnya menjadikan bodi mobil kamu rusak.

Maka dari itu penting untuk memiliki jasa spesialis coating yang memiliki  cabang resmi atau perwakilannya di Indonesia, sehingga garansi yang diberikan merupakan garansi jaringan. 

Jangan lupa untuk selalu menyimak Moladin.com untuk mendapatkan update berita seputar otomotif.

Terbaru