Minggu, September 25, 2022

Ini Penyebab Cat Hyundai Ioniq 5 Terkelupas, Kata Ahli!

by Firdaus Ali
penyebab cat ioniq hyundai ioniq 5 terkelupas

Ada beberapa kemungkinan penyebab cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas. Bisa jadi karena kesalahan pabrik, hal lain adalah kesalahan pemilik mobil. Hal tersebut diungkapkan oleh pemilik bengkel restorasi bodi mobil di bilangan Tangerang Selatan, Nugie.

Menurut prediksi Nugie selaku pemilik bengkel JP Auto 24, penyebab cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas sangatlah kecil kalau dari kesalahan pabrik. Pasalnya quality control dari pabrik biasanya cukup ketat, termasuk untuk pengecatan bodi mobil warna doff.

“Kemungkinan yang pertama adalah kesalahan bukan pada pabrik. Kecil kemungkinan pabrik sekelas Hyundai melakukan kesalahan. Karena kalau di pabrik itu mobil tidak ada diamplas, langsung naik ke poxy dicelup dan kemudian naik ke warna menggunakan elektrostatik biar lengket. Kemudian juga, pabrik umumnya sudah mengatur viskositas catnya biar nempel di panel. Dan untuk warna doff, setahu saya, pernis langsung dicampur dengan warnanya,” terang Nugie melalui pesan suara yang kami terima (12/9/2022).

Nugie juga memaparkan, jika ada kesalahan dari pabrik kemungkinannya karena salah pada pengaturan temperature ruang pengecatan. Bisa juga kesalahan pemilihan bahan, ini sangat berpengaruh karena cuaca di Indonesia itu iklimnya tropis, berbeda dari Korea Selatan dan Eropa.

Baca juga  DFSK Hadirkan Seres SF5, SUV Listrik 1.000 Km

“Ioniq 5 kan CKD dan dicat di pabrik Hyundai di Cikarang. Nah, jika pun memang kesalahan dari pabrik, kemungkinannya karena salah temperature ruangan pengecatan dan salah pemilihan bahan. Sebab cuaca di Indonesia kan iklimnya tropis,” imbuh Nugie.

Nah, kemungkinan penyebab cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas selanjutnya adalah pada pemilik. Ada indikasi, mobil listrik seharga Rp 800 jutaan itu sudah pernah disol atau dicat ulang pada objek yang terkelupas.

“Jika melihat dari videonya, kemungkinan bagian yang terkelupas itu pernah disol atau dicat ulang namun di bengkel biasa yang kualitasnya kurang bagus. Jadi catnya mudah terkelupas. Karena dari video yang beredar, saat isolasi ditarik itu ada warna silver nempel di isolasinya. Nah, tapi di bawahnya ada warna silver lagi. Karena kemungkinan pabrik ngecat dua kali tidak mungkin. Abis dari epoxy ya langsung naik warna, entah shabis itu pakai pernis atau langsung dicampur ke warnanya. Namun begitu, alangkah lebih baik pihak Hyundai harus menelusuri penyebabnya agar lebih jelas,” ungkap Nugie.

Baca juga  7 Pabrikan Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

banner atas

Tanggapan Hyundai Indonesia Soal Kasus Cat Ioniq 5 Terkelupas

Penyebab cat Hyundai Ioniq 5 terkelupas

Hyundai Ioniq 5

Saat kami mencoba menanyakan perihal kasus cat Ioniq 5 terkelupas, pihak Hyundai memang masih belum mau menjelaskan penyebabnya. Mereka hanya fokus pada pelayanan ke konsumen yang mengalami hal serupa.

“Terkait video soal pengelupasan cat di mobil Ioniq 5, untuk pengurusan dengan unit pelanggan sudah selesai dan sudah diterima dengan baik oleh pelanggan terkait. Untuk para pelanggan, tidak perlu khawatir karena setiap unit pelanggan termasuk Ioniq 5 itu sudah mendapatkan garansi dari Hyundai. Namun apabila ada concern atau kekhawatiran terkait unit mobilnya, dapat segera melakukan pengecekan ke dealer terdekat untuk memastikan kondisi mobil para pelanggan dalam kondisi yang baik,” jelas Uria Simanjuntak selaku Head of Public Relation PT Hyundai Motors Indonesia.

Moladiners, itulah ulasan mengenai penyebab cat Ioniq 5 terkelupas. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika