Minggu, April 14, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N, Harganya Semahal Apa?

by Firdaus Ali
Kelebihan Hyundai Ioniq 5 N

Mobil sport listrik, Hyundai Ioniq 5 N resmi dijual di Korea pada awal September 2023. Harganya tembus 76 juta Won atau setara Rp 875 juta, Lalu bagaimana dengan spesifikasinya?

Bicara spesifikasi Ioniq 5 N, tentunya banyak ubahan dibanding Ioniq 5 standar. Sebut saja di eksterior punya dimensi yang lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, dan lebih panjang 80 mm. Kemudian dari tampilannya, mobil listrik ini tentu lebih sporty dengan berbagai penambahan body kit.

Tidak hanya tampilan, tapi performanya Ioniq 5 N semakin istimewa dengan motor elektrik yang bisa berpacu hingga 21.000 RPM dan menghasilkan tenaga hingga 650 PS dengan N Grin Boost. Performa tersebut dihasilkan oleh inverter two-stage dengan peningkatan efisiensi daya untuk output yang lebih kuat dari baterai 84 kWh.

Bukan cuma itu, Ioniq 5 N juga memberikan pengalaman berkendara yang memacu adrenalin melalui N e-shift untuk simulasi perpindahan gigi manual. Hadir pula N Active Sound + yang menyajikan simulasi suara mesin dan knalpot layaknya di mobil sport konvensional. Masuk interior, mobil listrik berperforma tinggi layaknya mobil sport ini punya jok ala bucketseat dengan headrest terintegrasi, layaknya Hyundai N lain.

“Hyundai N memelopori kepemimpinan Hyundai Motor Company di bidang teknologi. Perpaduan inovasi teknologi dan pengalaman motorsport pada Hyundai N mendobrak batasan performa berkendara. Hasilnya bisa kita lihat pada IONIQ 5 N, sebuah gebrakan mobil elektrik high-performance. Perkembangan IONIQ 5 N menjadi kunci untuk memperkuat daya saing seluruh model Hyundai ke depan,” kata President and CEO Hyundai Motor Company, Jaehoon Chang dalam rilis resminya.

Wajar kalau spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N istimewa, lantara pengujiannya dilakukan di berbagai lokasi ekstrem. Pabrikan H miring menjajalnya lebih dulu di daerah salju Swedia bersama dengan Hyundai i20 N WRC Rally 1, serta di sirkuit Nurburgring Jerman. Hanya saja bukan tanpa kekurangan, mobil sport listrik ini punya jarak tempuh yang cuma 351 Km.

Ingin tahu lebih detail soal harga dan spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N 2023 secara menyeluruh, baik dari sisi eksterior, interior, performa mesin? Simak artikelnya sampai habis: 

1. Eksterior Ioniq 5 N Pakai Body Kit Aerodinamis

spesifikasi hyundai ionqi 5 n - tampak samping

Velg aluminium 21 Inch hadir di Ioniq 5 N

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N dari sisi eksterior sangatlah istimewa. Bodinya dipenuhi berbagai komponen yang meningkatkan aerodinamika. 

Di bagian depan eksterior Hyundai Ioniq 5 N, terdapat N Mask graphic fascia dengan sirat fungsional serta jendela dan katup udara untuk pendinginan ekstra. Hadir pula lip spoiler terpasang di bagian bawah bumper mobil, menegaskan performa. Tidak ketinggalan, ada ‘Luminous Orange’ eksklusif di bagian bawah penutup bumper hitam yang melintang di sepanjang sisi mobil, memberikannya tampilan khas mobil balap. Aura sporty ini ditegaskan dengan velg aluminium berukuran 21 inci yang dibungkus dalam ban high-grip 275/35R21 Pirelli P-Zero untuk pengalaman berkendara dan handling serta grip yang lebih baik di lintasan.

Sektor belakang eksterior Hyundai Ioniq 5 N, hadir spoiler jenis sayap eksklusif Hyundai N dengan diffuser oranye dan air outlet. Ini membantu mengendalikan aliran udara demi performa aerodinamis terbaik yang menekankan kemampuan high-performance mobil listrik yang agresif.

Spoiler tersebut juga memiliki lampu rem HMSL berbentuk segitiga yang eksklusif dari Hyundai N. Di bawah palka belakang, terdapat penutup bumper berwarna hitam eksklusif Hyundai N dengan reflektor bermotif checkered flag. Selain itu, mobil sport elektrik ini pun tetap memiliki wiper belakang.

Body kit tersebut menjadikan spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N dalam hal dimensi lebih bongsor dari Ioniq 5 standar. Di atas kertas mobil litrik ini memiliki panjang 4.715 mm, lebar 1.940 mm, dan tinggi 1.585 mm. Sementara jarak sumbu rodanya 3.000 mm.

2. Interior Hyundai Ioniq 5 N, Ada Bucket Seat!

spesifikasi hyundai ioniq 5 n - interior jok depan

Jok bucket seat di Ioniq 5 N

Kemudian untuk interior, spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N tidak kalah sporty dibanding eksteriornya. Tampilan mobil sport elektrik ini membawa aura khas Hyundai N, termasuk setir, jok, door scuff panel, serta pedal logam, yang dioptimalkan untuk berkendara di lintasan balap.

Baca juga  Stargazer Versi SUV Bakal Hadir di Indonesia? Ini Kata Hyundai

Desain setrinya, menampilkan logo “N” untuk pertama kali, diapit oleh tombol-tombol N untuk menentukan mode kemudi yang bisa disesuaikan oleh pengemudi. Mode-mode kemudi bisa dikustomisasikan dan diatur ke tiap tombol dalam berbagai kombinasi untuk memaksimalkan pengalaman berkendara Ioniq 5 N.

Tombol N Grin Boost ditempatkan di arah jam 3 untuk mempermudah akses yang meningkatkan akselerasi dan keseruan berkendara. Tongkat kendali ditempatkan secara optimal dekat dengan tangan pengemudi untuk memudahkan akses ke fitur N e-shift dan N Pedal.

Konsol tengah Ioniq 5 N dioptimalkan untuk berkendara di lintasan balap dengan pelindung lutut dan tulang kering, serta sandaran lengan yang bisa digeser. Sementara untuk penggunaan sehari-hari, mobil ini tetap memiliki port USB Type-C, wireless charger, dan cupholder.

Jok Hyundai Ioniq 5 N tidak kalah istimewa, memiliki bantalan yang lebih empuk. Jadi, meskipun akselerasi lateral terjadi saat cornering tajam, jok mobil menyokong bagian atas dan bawah tubuh dengan kokoh untuk menjamin postur berkendara yang stabil di tiap saat. Jok ini didesain 20 mm lebih rendah dibanding spesifikasi dasar untuk pengemudi yang menginginkan pengalaman berkendara high performance. Emblem N disusun di bagian depan dan belakang jok dengan lampu yang menyambut pengendara di bagian depan. Tema desain dua warna di jok depan juga diterapkan di bagian belakang.

Tema checkered flag baru yang terinspirasi dari Parametric Pixels Ioniq 5, terpasang di door scuff panel, pedal logam, dan sandaran kaki sebagai perwujudan semangat motorsport Hyundai N. Lalu seperti Ioniq 5 standar, material ramah lingkungan digunakan untuk memproduksi IONIQ 5 N, termasuk kertas hiasan untuk dekorasi pintu yang bisa didaur ulang, benang BIO PET dari tebu, benang PET dari botol PET yang didaur ulang, BIO TPO dari tebu, dan kulit yang diproses secara ramah lingkungan. Ioniq 5 N juga menambahkan pigment paint dari ban yang didaur ulang serta kain penutup jok poliester Alcantara hasil daur ulang.

3. Handling Hyundai Ioniq 5 N Layaknya Mobil Sport

spesifikasi hyundai ioniq 5 n - pelunuran di goodwood

Ioniq 5 N punya banyak revisi di rangkanya

Hyundai Ioniq 5 N tetap menggunakan platform e-GMP dengan fleksibilitas tinggi yang dikombinasikan dengan penggerak All Wheel Drive (AWD). Hanya saja, terdapat beberapa penyesuaian.

Dimulai dari peningkatan struktur body-in-white (BIW) dengan tambahan 42 welding point dan tambahan perekat hingga 2,1 meter. Motor penggerak dan baterai Ioniq 5 diperkuat sementara subframe depan dan belakang juga ditinggikan untuk mengokohkan sisi mobil. Integrated drive axles (IDA) yang terinspirasi World Rally Championship dipasang di bagian depan dan belakang mobil, serta diperkuat untuk menahan torsi motor elektrik. Hadir pula velg aluminium 21 inci, mengurangi unsprung mass.

Agar mobil listrik ini semakin istimewa respons dan umpan balik kemudinya, batang setir Ioniq 5 N diperkokoh. Ada pula sistem N R-MDPS (Rack-Mounted Motor-Driven Power Steering) khusus dengan rasio setir lebih tinggi dan umpan balik torsi yang ditingkatkan. 

N Pedal untuk Ioniq 5 N pun dikembangkan sebagai solusi masalah bobot dan ukuran EV, serta mencapai karakteristik respons handling juara seperti di model i20 N WRC. Peranti lunak cerdas tersebut dirancang untuk memberikan turn-in instan dan meningkatkan sensitivitas throttle.  Berbasis teknologi serupa di sistem regenerative braking i-Pedal, N Pedal memprioritaskan cornering cepat dan bertenaga daripada efisiensi daya. Gaya deselerasi menciptakan transfer beban agresif untuk corner entry yang lebih tajam.

Baca juga  Mobil Listrik KIA EV6 Banjir Pesanan

Untuk mempertahankan sudut drift di Hyundai Ioniq 5 N, hadir N Drift Optimizer menyeimbangkan berbagai kendali kendaraan sesuai input waktu nyata. Torque Kick Drift yang terintegrasi memampukan pengemudi menyimulasikan clutch kick action seperti kendaraan rear-wheel-driven ICE untuk skenario berkendara yang membutuhkan inisiasi drift yang lebih cepat. Inilah hasil teknologi kontrol elektronik yang mutakhir.

Lalu, N Torque Distribution memastikan distribusi torsi depan dan belakang yang bisa disesuaikan hingga 11 tingkat. Electronic limited slip differential (E-LSD) di as roda belakang meningkatkan performa dan kendali cornering. Sensor roda tambahan serta peningkatan kapasitas peredaman dengan ukuran peredam yang lebih luas menambah performa suspensi yang dikendalikan secara elektronik.

4. Tenaga Buas Hyundai Ioniq 5 N

spesifikasi hyundai ioniq 5 n - eksterior tampak belakang

Tenaga maksimal Ioniq 5 N tembus 650 PS

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N semakin istimewa dengan baterai 84 kWh dan dual motor elektrik yang bisa berpacu hingga 21.000 RPM. Khusus motor elektrik di roda depan mampu menghasilkan tenaga hingga 226 PS dan yang di belakang 383 PS. Dengan kata lain, total tenaganya tembus 609 PS.

Hyundai juga memberi mobil listrik ini fitur N Grin Boost yang bisa meningkatkan akselerasi dengan 10 detik tambahan daya menjadi total 650 PS. Fitur N Grin Boost di Ioniq 5 N tersebut persis dengan attack mode di mobil-mobil Formula e.

Alhasil untuk akselerasi Hyundai Ioniq 5 N dari 0-100 Km/jam cuma butuh 3,4 detik. Sementara kecepatan maskimalnya tembus 260 Km/jam. Terkait pengecasan baterai, bisa pakai daya 350 kW dengan waktu tunggu 10-80 persen cuma 18 menit.

Ioniq 5 N juga memiliki N Launch Control menyediakan daya tarik tiga tingkat untuk starter tercepat, sehingga pengemudi bisa memacunya seperti mobil balap profesional. Ada pula Track state-of-charge (SOC) yang secara otomatis menghitung konsumsi daya per lap.

Sebelum berkendara, pengemudi bisa menggunakan N Battery Pre-Conditioning untuk mengoptimalkan sel baterai demi temperatur yang paling efisien daya dengan memilih antara dua mode: ‘Drag’ untuk letupan daya penuh yang singkat atau ‘Track’ untuk mengoptimalkan temperatur baterai paling rendah untuk lebih banyak lap.

Ioniq 5 N pun memiliki Fitur N Race untuk meningkatkan daya tahan EV di sirkuit, sehingga memberikan pengemudi kendali langsung terhadap konsumsi energi mobil listrik tersebut. N Race menerapkan pendekatan motorsport untuk memaksimalkan sumber daya demi mencatat waktu tercepat. Tak perlu tim mekanik atau berbagai perlengkapan, Ioniq 5 N menawarkan pengaturan ini hanya lewat tombol.

Dengan N Race, pengemudi Ioniq 5 N memiliki pilihan strategis dengan mode berkendara “Endurance” atau “Sprint”. Mode “Endurance” mengutamakan jangkauan jarak di lintasan dengan membatasi peak power untuk menghambat kenaikan suhu. Sementara mode “Sprint” mengutamakan daya dan memberikan letupan daya penuh yang lebih singkat sehingga pengemudi bisa mengelola daya lebih akurat serta menciptakan performa ideal untuk mencapai target performa.

Sistem Pengereman N Brake Regen

spesifikasi hyundai ioniq 5 n - test drive

Sistem pengereman N Regen dibuat khusus untuk Ioniq 5 N

Soal pengereman, hadir rem yang di-tuning Hyundai N. Sistem ini berupa cakram depan berdiameter 400 mm dengan monobloc caliper empat piston dan cakram belakang 360 mm. Rem ini diproduksi dengan material ringan dan aliran udara yang dioptimalkan untuk pendinginan yang efisien.

Selain itu, sistem regenerative braking yang efisien hadir di IONIQ 5 N untuk menambah performa pengereman. Sistem ini hadir sebagai sumber utama daya rem, sementara rem mekanis memberi daya rem tambahan saat dibutuhkan, menjamin ketahanan di lintasan.

Ada pula N Brake Regen, sistem region braking spesifikasi Hyundai N yang dikembangkan khusus untuk Ioniq 5 N. Sistem ini menawarkan gaya deselerasi maksimal 0,6 G yang terbaik di kelasnya dan terus aktif dengan aktivasi ABS dengan daya maksimal 0,2 G. Risiko melemahnya rem karena bobot EV diperkecil dengan memaksimalkan daya regen braking, jadi daya rem terhadap rem mekanik lebih rendah.

Baca juga  Komparasi Hyundai Staria Vs Toyota Alphard, Mana Lebih Mewah?

Perpaduan N Brake Regen dan rem hidrolik menciptakan transisi mulus yang tak dirasakan oleh pengemudi. Adapun left-foot braking memampukan rem dan pedal gas bekerja di waktu yang sama saat berkendara di lintasan.

5. Hyundai Ioniq 5 N Punya N e-shift dan N Active Sound + untuk Sensasi Ala Mobil Sport

setir hyundai ioniq 5 n

Meski mobil listrik, tapi sensasi berkendara Hyundai Ioniq 5 N diklaim layaknya mobil sport konvensional

Sesungguhnya spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N semakin istimewa dengan fitur-fitur yang meningkatkan kesenangan berkendara. Walau dari sisi performa sangat istimewa, namun mobil listrik sering dianggap sebelah mata karena tidak memiliki suara dan sensasi khas layaknya berkendara mobil sport bermesin bensin. Itulah yang coba untuk dihadikan oleh Hyundai ke Ioniq 5 N.

Alhasil mobil listrik sport ini mendapat N e-shift dan N Active Sound +. Fungsi N e-shift di Ioniq 5 N untuk memberikan sensasi kendali atas daya dan perpindahan gigi, jadi pengemudi bisa melakukan simulasi perpindahan gigi manual. Fitur tersebut menirukan sistem perpindahan gigi di sistem transmisi 8-percepatan dual clutch, baik itu sentakan perpindahan giginya, hingga pengendalian output torsi.

Sementara N Active Sound +, tidak hanya menghasilkan suara EV yang futuristik, melainkan juga deru knalpot dan mesin serupa mobil sport bermesin konvensional. Fitur ini memadukan sistem 10-speaker (8 internal dan 2 eksternal) yang menawarkan tiga tema suara khas: Ignition, Evolution, dan Supersonic.

Khusus untuk suara artifisial di Ioniq 5 N dengan mode Ignition, menirukan mesin 2.0T Hyundai N. Lalu suara Evolution menirukan suara mobil high-performance RN22e. Sementara suara Supersonic menirukan suara yang terinspirasi mesin jet twin-engine dengan variasi volume saat cornering. Tujuan N Active Sound + adalah memberikan pengemudi referensi akustik untuk mengukur penggunaan daya saat pedal gas diinjak.

Tidak cuma itu, Ioniq 5 N juga dilengkapi dengan N Road Sense yang secara otomatis merekomendasikan aktivasi N Mode saat mobil mendeteksi rambu tanda jalan dengan lengkungan ganda. Dengan begitu, para pengemudi bisa menikmati pengalaman berkendara terbaik.

Seperti Ioniq 5 standar, Ioniq 5 N pun memiliki fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang mengizinkan pengguna menggunakan daya dari baterai bertegangan tinggi EV untuk mengecas perangkat, seperti sepeda elektrik, perlengkapan berkemah, hingga peralatan domestik. Benar-benar mobil sport yang praktis, bukan?

6. Jarak Tempuh Baterai Cuma 351 Km

spesifikasi dan harga hyundai ioniq 5 n 2023

Kekurangan Hyundai Ioniq 5 N ada di jarak tempuh baterainya

Dengan performa mantap untuk berakselerasi, Hyundai Ioniq 5 N ternyata punya kelemahan dari sisi jarak tempuh. Mobil sport elektrik ini dalam kondisi baterai penuh cuma bisa melaju hingga 351 Km. Pabrikan H miring menjelaskan lagi lebih detail, khusus untuk penggunaan dalam kota bisa mencapai 377 Km dan di jalan bebas hambatan atau TOL cuma 319 Km.

Jika dibanding Hyundai 5 Long Range yang bisa mencapai jarak tempuh 481 Km, tentu ini jadi kelemahan buat Ioniq 5 N. Sebagai konsumen, harusnya kamu paham bahwa mobil ini dibuat untuk performa berkendara yang menyenangkan, bukan menghemat konsumsi listrik.

7. Harga Hyundai Ioniq 5 N 2023

spesifikasi dan harga hyundai ioniq 5 n 2023 - interior

Ioniq 5 N kalau masuk Indonesia bisa tembus Rp 1,5-2 miliar

Setelah tahu spesifikasinya, harga Hyundai Ioniq 5 N 2023 di Korea Selatan mencapai 76 juta Won atau setara Rp 875 juta. Walau begitu, saat masuk Indonesia tentu banderolnya bakal lebih mahal lagi.

Kemungkinan besar, mobil listrik berperforma tinggi ini akan dijual melebihi Kia EV 6 GT Line dengan banderol Rp 1,299 miliar (OTR Jakarta). Maka bukan tidak mungkin, harga Hyundai Ioniq 5 N tembus Rp 1,5-2 miliar.

Walau demikian, hingga saat ini harga Ioniq 5 N cuma diumumkan untuk pasar Korea Selatan. Sementara untuk pasar Indonesia, harus bersabar.

Moladiners, itulah ulasan mengenai spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N yang telah resmi meluncur pada Juli 2023 di gelaran Goodwood Festival of Speed. Akankah masuk ke Indonesia? Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika