Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Menakar Harga Hyundai Ioniq 5 N di Indonesia

by Ivan
Harga Hyundai Ioniq 5 N di Indonesia

Rasanya masih terbayang di ingatan nikmatnya berkencan dengan salah satu spesies mobil listrik buas besutan divisi N Hyundai. Sederet keasyikan berkendara yang ditawarkan membuat kami penasaran untuk menakar harga Hyundai Ioniq 5 N di Indonesia.

Dalam rangkaian agenda yang dihelat Hyundai Motor Company kepada beberapa perwakilan media dari setiap negara Asia Tenggara sudah terlaksana kegiatan Hyundai Ioniq 5 N Media Driving Experience pada 17-19 Mei 2024 lalu.

Tidak sekadar melihat, para awak media termasuk Moladin juga turun langsung di trek balap yang tersedia di fasilitas HMG Driving Experience Center Taean untuk merasakan kecepatan tinggi, hingga bermanuver di berbagai tantangan seperti lintasan slalom untuk menguji keandalan Hyundai Ioniq 5N.

Lintasan-lintasan ini mencakup Braking Course, Dry Handling Circuit, Wet Handling Circuit, High Speed Oval, Vehicle Dynamics Area, Wet Circular Course, Kick Plate Course, dan Off-road Courses. Setiap lintasan dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengemudi dalam berbagai gaya berkendara dan manuver, mulai dari slalom, drift, cornering, hingga situasi darurat dan kondisi ekstrem. Lantas apa saja hal yang bikin Ioniq 5 N mengasyikan di kendarai?

Perbedaan Hyundai Ioniq 5 N dan Ioniq 5 Biasa

Tes Maksimal Hyundai Ioniq 5 N
Tes Maksimal Hyundai Ioniq 5 N

1. Platform Sama, Aerodinamika Berbeda

Pada Hyundai Ioniq 5 N memang masih menggunakan basis Electric Global Modular Platform (E-GMP) yang sama seperti digunakan Ioniq 5 biasa. Namun pada sang ‘monster buas’, Ioniq 5 N ada sederet penyesuaian yang dilakukan utamanya pasokan teknologi motorsport dari Hyundai N Brand.

Baca juga  Hyundai IONIQ 5 dan IONIQ 6 di Film Spider-Man: Across the Spider-Verse

Ada beberapa aspek diperhitungkan ulang secara matang mulai dari aerodinamika, performa, bahkan hingga hal terkait fungsional seperti pendinginan atau cooling.

2. Dimensi Bodi Berbeda dibanding Ioniq 5 Biasa

Untuk mengejar aerodinamika yang lebih sempurna, maka ada beberapa perubahan pada bodi Hyundai Ioniq 5 N ini. Dimensi panjangnya 4.714 mm, lebar 1.940 mm, tinggi 1.584 mm dan memiliki Jarak sumbu roda 2.999 mm.

Data ini berarti ada perbedaan dengan versi Ioniq 5 biasa dimana ia lebih rendah 20 mm, lebih lebar 50 mm, serta lebih panjang 80 mm. Tak cuma itu beberapa part peningkat aerodinamis sudah dipasang di fascia mulai dari splitter air flaps, air curtains, wing shape elements di samping, spoiler unik yang turut berkontribusi pada aerodinamika dan downforce. juga bagian bumper belakang yang dijejali diffuser.

Sementara untuk mengupgrade kekuatan kaki-kaki, mobil ini didukung velg khusus berukuran 21 inci yang dibalut ban Yokohama Advan V107 275/35R21.

3. Interior Sporty dan Optimalisasi Tombol N

setir hyundai ioniq 5 n
Meski mobil listrik, tapi sensasi berkendara Hyundai Ioniq 5 N diklaim layaknya mobil sport konvensional

Perubahan juga menelusup area kabin dengan beberapa bagian didesain ulang. Mulai dari lingkar kemudi kemudi dan boost starter yang bisa dijangkau dengan gampang oleh jemari tangah. N Grin Boost memberikan pengemudi keunggulan yang diperlukan untuk merespons situasi cepat di trek atau bahkan meningkatkan sensasi kesenangan saat berkendara.

Ioniq 5 N juga dilengkapi dengan paddle shifter logam baru, jok bucked, dan ada bantalan lutut dan penyangga tulang kering untuk berkendara di trek. Beberpa perbedaan lain tentu saja dari sederet fitur tombol N.

Baca juga  Harga Hyundai Ioniq 5 Bluelink 2023 Lebih Mahal, Navigasi Hadir!

Memaksimalkan fitur N e-Shift, N race, N Pedal, N Active Sound, dan N Torque Distribution berguna untuk menaklukan lintasan slalom hingga high speed oval. Pengemudi mobil ini akan dibantu optimalisasi fitur N e-Shift, N race, N Pedal, N Active Sound, dan N Torque Distribution untuk sensasi berkendara listrik yang berbeda.

Sesuai dengan konsep “Never Just Drive”, fitur N e-shift mensimulasikan transmisi dual clutch (DCT) delapan percepatan, mengatur torsi motor, serta meniru sensasi pergantian gigi layaknya mobil ICE dengan transmisi manual. Pengemudi juga dapat menggunakan fitur N Pedal untuk respons berkendara yang cepat dan meningkatkan sensitivitas throttle, kelincahan, dan kemampuan kendaraan dalam menaklukkan setiap tikungan.

Sementara fitur N Race yang memungkinkan pengemudi untuk memilih antara mode “Endurance” dan “Sprint” untuk mengoptimalkan performa kendaraan sesuai kebutuhan.

4. Jantung Ioniq 5 N Lebih Ganas

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N
Spesifikasi Hyundai Ioniq 5 N

Hyundai Ioniq 5 N didukung motor di bagian depan menghasilkan 166 kW (222 hp), motor di belakang memiliki 282 kW (378 hp), dan keduanya digabungkan untuk menghasilkan 448 kW (601 hp).

Di samping itu, IONIQ 5 N dilengkapi dengan baterai terbaru berkapasitas 84.0 kWh yang menggunakan dual motor listrik yang mampu beroperasi hingga 21.000 RPM. Keberadaan teknologi inovatif ini memungkinkan IONIQ 5 N untuk menghasilkan output sebesar 609 PS dan torsi 740 Nm (650 PS dan 770 Nm dengan N Grin Boost diaktifkan), menghadirkan pengalaman berkendara yang lebih menantang dan dinamis.

Baca juga  4 Perbedaan Hyundai Creta Facelift dan Creta Lama, Siap-siap Mesin Baru?

Mobil berpenggerak AWD (All Wheel Drive) ini dapat mencapai kecepatan maksimum hingga 260 km/jam dan mempercepat dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,5 detik (3,4 detik dengan N Grin Boost aktif), menjadikannya sebuah mobil performa tinggi sekelas kendaraan bermesin konvensional.

Berapa Kisaran Harga Hyundai Ioniq 5 N di Indonesia ?

Dengan semua penyempurnaan dan kedinamisan yang ditawarkan, kami akan sangat wajar jika Harga Hyundai Ioniq 5 N nantinya akan dibenderol lebih mahal dibanding versi biasa.

Sebagai pembanding, Harga Ioniq 5 biasa dijual saat ini di Indonesia mulai dari Rp 681,9 – 902,4 juta. Lalu berapa Harga yang pas untuk Hyundai Ioniq 5 N?

Kami sekilas mengacu pada Harga Hyundai Ioniq 5 N yang rilis di Amerika Serikat. Di negeri Paman Sam tersebut mobil ini dijual seharga $ 66.100 atau jika dikonversi mencapai Rp 1,056 miliar. Namun tentu harga tersebut akan berbeda jika sampai di Tanah Air, prediksi kami akan dibenderol Rp 1,5 miliaran.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika