Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Perkembangan dan Kualitas Cat Mobil Daihatsu, Awalnya Pakai Kuas

by Tigor Sihombing
Perkembangan cat mobil ala pabrikan Daihatsu

Perkembangan cat mobil Daihatsu hingga saat ini, pastilah telah melalui proses yang panjang. Dari masa ke masa, proses pengecatan di pabrik tentu berkembang berkembang dan menghasilkan kualitas cat pada kendaraan yang semakin baik. Hal ini pun dirasakan oleh pabrikan mobil PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Maka dari itu pabrikan mobil yang bermarkas di Sunter ini mengadakan workshop kepada jurnalis otomotif di ADM Technical Training Center, Jakarta, untuk menyampaikan berbagai macam mengenai perkembangan perkembangan metode pengecatan mobil ala mereka. Tema kegiatannya adalah “Basic Painting” pada mobil Daihatsu, yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dasar dan wawasan seputar proses pengecetan pada bodi mobil, hingga tips & trick menjaga cat bodi mobil agar mobil kesayangan konsumen tetap terjaga.

Menurut Daihatsu dalam keterangan resminya, cat merupakan lapisan terluar bodi mobil yang berfungsi untuk melindungi plat bodi mobil dari cuaca dan karat, sekaligus mempercantik tampilan pada eksterior mobil. Daihatsu mengatakan, tren warna yang disukai konsumen dalam 3 tahun terakhir ini adalah putih, hitam, silver, dan grey.

Baca juga  Daihatsu Terios 7 Wonders 2023 Tuju Indonesia Timur

Walau demikian, yang cukup menarik adalah fakta bahwa proses pengecetan di industri otomotif termasuk Daihatsu, diawali menggunakan metode “kuas/brushing”. Lalu spraying dengan memanfaatkan udara bertekanan tinggi, kemudian mulai menerapkan teknologi “semi robot”. Hingga saat ini, proses pengecatan melibatkan “full robotic“ pada keseluruhan bodi mobil.

Soal kualitas cat mobil Daihatsu tidak perlu diragukan, karena menggunakan standar manufaktur, yakni Heat Polymerization dengan proses pengecatan yang dipanaskan dengan suhu minimal 140 derajat celcius. Perlu kamu juga ketahui, proses pengecetan manufaktur di ADM memiliki proses 4 tahap, dimulai dari cleaning atau pembersihan bodi, pelapisan anti karat, surfacer & sealing dan lapisan terakhir adalah top coating.

Selain itu, cat bodi mobil juga dapat dibagi menjadi beberapa karakter pigmen, seperti warna Solid, Metallic dan Pearl yang memiliki perbedaan dalam proses pengecatannya tergantung dari kebutuhan pemilik mobil.

Cara Merawat Cat Mobil

Perkembangan cat mobil Daihatsu

Dalam perkembangannya, proses pengecetan di industri otomotif diawali menggunakan metode “kuas/brushing”.

Dalam workshop ini juga dijelaskan cara merawat cat pada mobil. Pasalnya kalau kualitas cat mobil Daihatsu sudah baik setelah keluar dari pabrik, tetaplah harus dirawat agar kondisinya selalu kinclong. Berikut cara merawat cat mobil ala Daihatsu:

  1. Simpan kendaraan di garasi untuk menghindari terik matahari, air hujan, kotoran hewan, getah pohon dan faktor eksternal lainnya. Apabila tidak memiliki garasi, kamu dapat menggunakan cover mobil yang berbahan halus dan kuat terhadap cuaca (tidak luntur).
  2. Mencuci mobil secara rutin minimum seminggu sekali menggunakan yang air bersih, shampoo mobil dan dilakukan pada tempat yang sejuk.
  3. Periksa cat bodi mobil secara berkala dari benda asing maupun cairan dan bersihkan dengan menggunakan kain halus seperti microfiber.
  4. Perawatan pemolesan perlu dilakukan paling tidak 6 bulan sekali untuk menjaga tampilan mobil tetap dalam kondisi baik dan mengkilap. Kamu dapat memilih material poles atau wax yang baik dan tidak berbahaya terhadap cat atau bebas amonia.
Baca juga  Sigra Kalahkan Xenia, Mobil Terlaris Daihatsu di Awal 2022

“Kami berharap, Workshop kali ini dapat memberikan pemahaman yang baik tentang Basic Painting pada Mobil, termasuk tips dan trick dalam menjaga cat bodi mobil, sehingga penampilan tetap terjaga dan menambah kenyamanan dalam berkendara”, kata Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Demikian ulasan kualitas cat mobil Daihatsu, serta cara merawatnya. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika