Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

6 Mobil listrik di KTT G20, Ada Genesis G80 LWB Edisi Khusus!

by Baghendra Lodra
mobil listrik di ktt g20 - genesis g80 lwb

Totalnya ada lebih dari 962 mobil listrik di KTT G20. Ratusan kendaraan roda empat tersebut terdiri dari bermacam-macam merek dan harga.

Paling murah adalah Wuling Air EV Rp 200 jutaan. Sementara yang termahal adalah Genesis G80 dan Lexus UX 300, yang banderolnya di atas Rp 1 miliar.

Khusus untuk Genesis G80, mobil ini sesungguhnya belum dijual di Indonesia. Jadi soal harga masih tidak jelas, tapi prediksinya bisa tembus Rp 2 miliar. Mahal, karena memang mewah dan juga menggunakan penggerak empat roda atau all wheel drive.

Menariknya lagi, ada Genesis G80 Long Wheel Base (LWB) yang diproduksi 44 unit khusus untuk KTT G20. Ciri khasnya punya bodi lebih panjang 20 cm, sehingga menawarkan kelapangan kabin lebih baik untuk penumpang belakang.

Di samping ada mobil listrik di KTT G20, kendaraan berbasis baterai lain juga menjadi transportasi pendukung jalannya acara internasional pada November 2022 tersebut. Menteri Sekretaris Negara, Pratikno mengungkapkan total ada 1.452 kendaraan. Selain 962 mobil listrik, ada pula 36 bus listrik, dan 454 motor listrik.

Nah dalam bahasan kali ini, kami akan menjelaskan lebih detail soal mobil listrik di KTT G20. Ada merek apa saja yang ikut? Bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut informasinya:

Baca juga  SUV Listrik Toyota BZ4X, Akhirnya Muncul Juga!

1. Wuling Air EV

mobil listrik di ktt g20 - wuling air ev

Wuling Air EV jadi salah satu mobil listrik termurah yang jadi alat transportasi untuk KTT G20

Mobil listrik di KTT G20 yang termurah adalah Wuling Air EV. Harganya di pasar otomotif Tanah Air mulai Rp 200 jutaan dan sudah produksi Indonesia.

Walau murah, kelebihan Wuling Air EV untuk varian Long Range punya kapasitas baterai cukup besar mencapai 26,5 kWh. Kemudian jarak tempuhnya, bisa hingga 300 Km.

2. Hyundai Ioniq 5

mobil listrik di ktt g20 - hyundai ioniq 5

Ada 262 unit Hyundai Ioniq 5 yang dipakai untuk KTT G20

Mobil lain yang dipakai untuk KTT G20 adalah 262 unit Hyundai Ioniq 5. Inilah mobil listrik dengan jarak tempuh terjauh di Tanah Air dengan total 481 Km.

Kemudian dari sisi fitur juga sangat modern, salah satunya punya smart cruise control (SCC), wireless smartphone charing, speaker Bose, hingga vehicle to load (V2L). Buat yang belum tahu, V2L adalah teknologi yang memungkinkan Ioniq 5 jadi sumber daya untuk berbagai peralatan listrik lain.

3. Toyota bZ4X

mobil listrik di ktt g20 - toyota bz4x

Toyota bZ4x yang digunakan untuk KTT G20 berjumlah 41 unit

Totalnya ada 41 Toyota bZ4X yang jadi mobil listrik di KTT G20. Menarik, karena sesungguhnya produk ini belum dijual di Indonesia. Walau demikian, Toyota tertarik untuk menjualnya di pasar otomotif Tanah Air. Kisaran harganya sekitar Rp 800 jutaan.

Baca juga  Fakta-fakta Porsche Taycan Khusus Milik Jennie Blackpink, Cuma 1 di Dunia

Buat yang belum tahu, bZ4X merupakan mobil listrik pertama Toyota. Memiliki kapasitas baterai 71,4 kWh, bisa membuatnya melaju hingga 405 Km dalam kondisi penuh. Terkait fitur, hadir Toyota Safety Sense 3.0, ada head unit layar sentuh besar berukuran 12,3 inci, hingga Qi Wireless Charging.

4. Lexus UX300e

Harga Lexus Terbaru 2022

Ini merupakan mobil listrik Toyota pertama dengan brand Lexus yang dijual di Indonesia

Mobil listrik di KTT G20 selanjutnya adalah Lexus UX300e, totalnya ada 102 unit. Ini merupakan produk yang lahir dari brand premium. Alhasil spesifikasinya cukup istimewa dengan 13-speaker Mark Levinson Surround Sound System dan 10.3 inci Center Display.

Kemudian untuk performanya, Lexus UX300e dibekali dengan baterai Lithium-ion yang memiliki kapasitas 54,35 kWh yang dapat menyemburkan tenaga 201 hp dan torsi puncak 300 Nm. Dalam kondisi baterai penuh, bisa melaju hingga 300 kilometer.

5. Hyundai Ioniq Sedan

Hyundai ioniq sedan - mobil listrik di ktt g20

Ioniq Sedan jadi mobil pengamanan Polisi untuk KTT G20

Selanjutnya yang jadi mobil listrik di KTT G20 adalah Hyundai Ioniq Sedan. Ini merupakan salah satu produk pertama di Indonesia dengan sumber tenaga baterai, dijual pertama kali pada 2020.

Baca juga  Spesifikasi Genesis G80 LWB KTT G20, Cuma 44 Unit!

Walau begitu, Hyundai Ioniq Sedan saat ini sudah tidak lagi dijual dalam versi baru. Di Indonesia, penggantinya adalah Ioniq 5.

Kemudian untuk keperluan KTT G20, Ioniq Sedan juga tidak dipakai oleh para delegasi kenegaraan. Mobil listrik ini justru digunakan oleh kepolisian Tanah Air dalam rangka pengamanan di acara internasional tersebut.

6. Genesis G80 LWB

mobil listrik di ktt g20 - genesis g80 lwb tampak belakang

Cuma ada 44 unit Genesis G80 LWB dibuat khusus untuk KTT G20

Kemudian mobil listrik di KTT G20 selanjutnya adalah Genesis G80 LWB. Seperti yang sudah disebutkan di awal tulisan, ini merupakan kendaraan yang diproduksi khusus untuk ajang internasional tersebut.

Totalnya ada 44 Genesis G80 LWB dengan ciri khas bodi lebih panjang 20 cm dibanding versi standar. Di KTT G20, mobil listrik mewah tersebut bakal digunakan oleh kepala negara yang hadir.

Di samping Genesis G80 LWB, ada pula Genesis G80 versi standar yang dipakai untuk KTT G20. Totalnya kalau digabungkan ada 131 unit mobil.

Kelebihan mobil listrik Gensis G80 adalah interiornya mewah. Jika melihat website resmi merek mobil asal Korea tersebut, maka ada penggunaan speaker Lexion di 17 titik. Kemudian buat penumpang belakang, mendapat dua layar monitor besar 9,2 inci untuk hiburan selama perjalanan.

Tidak kalah menarik, sedan mewah ini memanfaatkan tenaga baterai sebagai sumber tenaganya. Genesis G80 Electric punya baterai 87,2kWh, serta memiliki penggerak e-AWD atau semua roda.

Itulah tadi bahasan soal mobil listrik di KTT G20. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika