oleh

Mau Tahu Harga Coating Mobil, Semahal Apa?

Mungkin saat ini kamu sedang mencari tahu harga coating mobil di pasaran. Banderolnya memang cukup mahal, tapi ternyata banyak manfaatnya.

Sebelum membahas lebih jauh soal harga coating mobil, ada baiknya kita mengenal dahulu apa itu coating. Coating mobil merupakan treatment penting supaya tampilan eksterior selalu glowing.

Coating sendiri adalah penambahan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Lapisan baru ini bisa membuat tampilan warna cat pada mobil selalu terlihat baru, mengilap, tidak kusam, dan lebih sedap dipandang.

Menurut laman Auto2000, coating menggunakan bahan dasar SiO2 atau silikon dioksida yang juga merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca. Perlindungan yang ditawarkan coating akan membuat cat mobil senantiasa nampak mengilap.

Nah, bila terdapat lapisan coating yang hilang, bisa diaplikasikan kembali cukup pada permukaan yang hilang saja. Umumnya coating pada mobil mempunyai daya tahan sekitar 3 tahun lebih.

Jenis – jenis Coating

Harga Coating Mobil
Baik nano dan ceramic coating menggunakan bahan dasar sama yakni cairan bening silikon.

Ada dua jenis coating yang saat ini tengah populer dan banyak digandrungi pemilik mobil, yakni nano dan ceramic coating. Baik nano dan ceramic coating menggunakan bahan dasar sama yakni cairan bening silikon dioksida, namun punya daya tahan dan harga yang berbeda.

Nano coating merupakan pelapis cat mobil berteknologi tinggi dengan partikel kecil yang diklaim mampu mengisi pori-pori cat mobil dan memberikan perlindungan cat yang lebih optimal.

Cedangkan ceramic coating berupa cairan silika yang dapat mengeras atau mengkristal sehingga akan tampak seperti lapisan akrilik tipis saat mengering.

Baca juga  Cara Membersihkan Oli Mesin yang Bercampur Air, Mudah!

Dua jenis coating tersebut mampu meresap ke pori-pori cat dengan baik, sekaligus mengangkat kotoran, kerak, atau residu yang menempel pada cat mobil.

Manfaat Coating

Harga Coating Mobil
Coating menciptakan efek daun talas yang mencegah air dan kotoran sulit menempel sehingga tidak menyebabkan bercak putih pada bodi mobil

Pemilik mobil yang ingin cat mobilnya awet untuk jangka panjang, maka perlu mempertimbangkan coating yang menawarkan sejumlah kelebihan berikut:

Mencegah warna cat memudar

Lapisan coating mobil mampu memberikan perlindungan dari paparan sinar ultraviolet yang terdapat dalam pancaran sinar matahari. Paparan ini bisa menyebabkan warna pada mobil menjadi lebih cepat pudar dan kusam. Dalam istilah otomotif, ini disebut dengan Anti-UV.

Meningkatkan daya tahan terhadap air dan jamur

Coating juga membuat bodi mobil serta permukaan cat menjadi lebih tahan terhadap air dan jamur. Hal ini disebabkan karena coating menciptakan efek daun talas yang mencegah air dan kotoran sulit menempel sehingga tidak menyebabkan bercak putih pada bodi mobil.

Mobil lebih mengilap

Coating memberikan sentuhan berbeda. Mobil Anda akan terlihat mengilap lebih dari mobil baru. Daya kilap mobil diklaim mampu bertahan hingga 1 tahun lebih. Pada mobil lama atau cat mobil yang kusam proses coating memakan waktu lebih lama.

Melindungi dari goresan halus

Coating dianggap cara terbaik melindungi mobil dari goresan halus. Goresan halus bisa terjadi karena banyak hal diantaranya kesalahan mencuci, terkena ranting pohon, kerikil di jalan, dan lain sebagainya.

Baca juga  Ini Syarat Lulus Uji Emisi Mobil dan Motor

Ini Kisaran Harga Coating Mobil

Harga Coating Mobil
Proses pemasangan lapisan coating mobil.

Setelah tahu apa itu coating, lalu berapa sih harganya? Memang cukup mahal, terlebih buat kamu yang tidak terlalu memperhatikan penampilan mobil.

“Untuk harga coating mobil, baik ceramic coating ataupun nano umumnya dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 8 juta,” kata Agus salah satu sales Scuto yang dihubungi Moladin.com.

Iya mengatakan harga coating mobil tersebut juga tergantung jenis kendaraan yang akan digarap. Rinciannya mobil dengan kategori small seperti honda Brio, Suzuki Karimun, dibanderol mulai Rp 3 jutaan.

Sedangkan mobil dengan ukuran mediaum seperti Toyota Avanza, Suzuki Ertiga dibanderol mulai Rp 4 jutaan. Sedangkan di kelas Large seperti Innova besarannya bisa mencapai Rp 6,5 juta. Dan Luxury seperti Alphard harga dimulai Rp 8 jutaan.

Jadi memang harga coating mobil tergantung pada ukuran kendaraan. Semakin besar mobil, maka semakin mahal banderolnya.

Lama Pengerjaan Coating

Harga Coating Mobil
Proses coating memerlukan banyak tahap agar hasil sempurna.

Untuk kamu yang ingin coating mobil, ada baiknya jangan terburu-buru. Karena pengerjaan pelapisan tersebut tidak bisa cepat. Butuh waktu 3-4 hari. 

Agus mengatakan untuk keseluruhan proses coating tidak mungkin dalam waktu sehari. Pasalnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

“Ada beberapa rangkaian, yakni washing, paint correction dan terakhir coating itu sendiri,” katanya.

Untuk proses washing atau mencuci mobil tidak lama. Hanya perlu beberapa jam saja. Namun proses paint correction inilah yang memakan waktu cukup lama, bisa memakan waktu 2 hari.

Sebab, sebelum proses pelapisan coating, pihaknya harus memastikan bidang yang akan dilapisi sudah tidak ada bercak atau ada luka dicat. Menurut Agus, pengerjaan ini harus detail.

Baca juga  Biaya Perbaikan Dinamo Starter Mobil, Mahal?

“Jadi disisir wilayah mana yang kemungkinan ada bidang yang harus diperbaiki. Proses inilah yang memakan waktu,” tambahnya.

Untuk proses coatingnya sendiri menurut Agus memang tidak terlalu lama. Waktu ini bisa dipercepat, lantaran pihaknya memiliki alat berupa infra red.

Mobil yang Sudah Dicoating Perlu Dirawat

Harga Coating Mobil
Mobil yang dicoating tetap harus dirawat.

Mobil yang sudah dicoating juga perlu dirawat. Sebaik dan semahal apapun coating ceramic yang kamu gunakan jika tidak seimbang dengan perawatan harian tentunya dapat mengurangi daya kilapnya.

Berikut kami rangkum secara singkat perawatan harian yang disarankan agar mobil anda dapat selalu terlihat mengkilap:

Cuci Mobil

Cuci mobil secara berkala sangat penting untuk menjaga kualitas coating. Jika mobil dipakai setiap hari, disarankan dicuci paling lama seminggu sekali jika tidak hujan.

Kalau hujan, kamu juga perlu membilas mobil dengan air bersih. Kemudian mengelapnya agar kandungan pada air hujan yang bersifat asam tidak merusak lapisan coating.

Gunakan Shampo Cuci Mobil

Saat mencuci mobil pastikan kamu menggunakan shampo mobil yang tepat. Kami menyarankan untuk tidak menggunakan sembarang sabun atau kimia pembersih lainnya yang belum tentu tepat dengan lapisan coating.

Karena beresiko malah akan merusak lapisan coating. Di pasaran ada shampo mobil yang khusus untuk coating.

Jangan Pakai Lap Sembarang

Cara pemilihan dan pengunaan lap saat mencuci pun merupakan hal yang penting untuk diketahui. Pilihlah lap yang halus seperti microfiber dan gunakan lap yang berbeda untuk bagian kaki-kaki, kaca, dan body mobil.

Tujuannya adalah untuk mencegah baret halus yang dapat mengurangi ketahanan lapisan nano ceramic.

Demikian ulasan terakit harga coating mobil. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru