oleh

Estimasi Harga Salon Mobil, Mahal?

Harga salon mobil beragam dan tergolong ramah di kantong. Hal tersebut dsebabkan populasi salon mobil yang semakin menjamur utamanya di kota besar seperti Jakarta. Alhasil karena persaingan yang makin ketat makanya harga juga semakin kompetitif.

Kehadiran salon mobil merupakan salah satu solusi bagi pemilik mobil yang ingin selalu tunggangannya tampil kinclong. Sebab dengan menggunakan jasa salon mobil , semua bagian dan sudut mobil akan dibersihkan dengan cairan khusus.

Kaca jamuran, bodi kusam, serta penyebab bau tak sedap di dalam kabin interior akan dibersihkan sehingga mobil kembali bersih dan mengkilap layaknya mobil baru yang keluar dari diler. Soal biaya, umumnya salon mobil memasang harga paling murah Rp 500 ribu.

Oh ya, sebelum mengulas lebih jauh mengenai harga salon mobil. Ada baiknya kita mengetahui apa itu salon mobil?

Pengertian Salon mobil sebenarnya hampir sama dengan salon kecantikan, yaitu sama-sama mempercantik tampilan. Nah, pada salon mobil, sisi eksterior kendaraan akan dicuci dan dibersihkan menggunakan cairan khusus sehingga kotoran-kotoran bandel yang menempel bisa rontok.

Selain itu, pada bagian interiornya juga dibersihkan di seluruh bagian. Mulai dari jok, pladfon, dashboard dan doortrim. Bahkan, sejak tahun 2020 beberapa salon mobil juga menawarkan paket semprot disinfektan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Harga Salon Mobil dan Jenisnya 

  • Cleaning (kisaran Rp 500 ribu)

harga salon mobil
Proses cleaning mobil

Sesuai namanya, salon mobil merupakan jenis perawatan yang dilakukan dengan cara membersihkan mobil. Perawatan ini dilakukan dengan membersihkan beberapa bagian mobil dengan air dan sampo.

Baca juga  Kenali Perbedaan Coating dan Detailing Mobil, Jangan Salah!

Namun, seiring perkembangan zaman, cleaning lazim dilakukan dalam berbagai metode. Dry washing, snow washing, serta cuci mobil biasa adalah beberapa contoh metode yang dimaksud.

Proses salon mobil jenis cleaning meliputi pembersihan interior, eksterior, dan juga mesin. Khusus untuk mesin, proses pembersihannya harus hati-hati dan disarankan dilakukan oleh salon mobil yang sudah berpengalaman.

“Proses cleaning mesin tidak boleh sembarangan, jangan sampai ada air yang masuk ke dalam ruang udara mesin. Sebab jika masuk maka air akan masuk ke ruang bakar dan bisa bikin mesin jebol,” ungkap Imam, salah satu staff salon mobil di bilangan Bintaro. (19/1/2022).

Soal harga, salon mobil jenis cleaning ini rata-rata dibanderol mulai kisaran Rp 500 ribu. Harga tersebut bisa lebih mahal, sebab masing-masing tempat salon mobil menggunakan merek shampo dan cairan pembersih yang berbeda-beda.

  • Detailing (Rp 1 juta – Rp 2,5 Jutaan)

harga salon mobil
Proses detailing mobil

Lebih detail dari cleaning. Pada proses detailing proses pengerjaannya lebih detail, bukan hanya membersihkan bagian bodi dan interior, dan mesin, kaki-kaki dan kolong saja. Namun juga sampai ke velg, baut-baut bodi, dan lantai.

Baca juga  Kenali Perbedaan Coating dan Detailing Mobil, Jangan Salah!

“Proses detailing lebih lengkap dari cleaning. Selain bagian-bagian eksterior dan interior, jok dan karpet juga kami copot semua untuk membersihkan lantai mobil. Selain itu ban juga kami copot untuk membersihkan velg dan bagian kaki-kaki serta kolong mobil,” imbuh Imam.

Untuk durasi pengerjaanya, proses detailing bisa memakan waktu satu hari penuh jika tidak ada antrian. Jadi mobil biasanya ditinggal oleh pemiliknya dan nanti dihubungi jika sudah selesai untuk diambil kembali mobilnya.

“Untuk mengerjakan proses detailing satu mobil kita memakai 3 sampai 5 orang agar prosesnya lebih cepat. Selain itu untuk setiap orang juga sudah ada tugas masing-masing sesuai keahliannya, misalnya yang biasa pegang bodi ya sudah pegang bodi terus, ga megang bagian kaki-kaki atau mesin,” tambah Imam.

Soal harga, untuk detailing mobil tergantung dari jenis mobilnya. Namun rentang kisaran harganya Rp 1 juta sampai Rp 2,5 jutaan.

  • Coating (Rp 3 Juta – Rp 8 Jutaan)

harga salon mobil
Proses pemasangan lapisan coating mobil.

Perawatan salon mobil jenis coating ini dilakukan dengan melapisi bodi mobil dengan cara tertentu. Selain membuat bodi mobil mengkilap, Coating berguna melindungi mobil dari sinar UV, debu dan zat kimia lain yang membuat cat mobil menjadi kusam.

Coating sendiri terbagi lagi ke dalam dua jenis. Yaitu nano coating dan ceramic coating. Nano ceramic sendiri terbuat dari bahan utama silika yang mengandung partikel kecil berukuran nano dengan tingkat kerapatan yang sangat tinggi.

Baca juga  Kenali Perbedaan Coating dan Detailing Mobil, Jangan Salah!

Karena sangat baik dari sisi kerapatan dibanding pelindung cat lainnya, nano ceramic lebih cepat meresap ke pori-pori cat sekaligus mengangkat kotoran, jamur, kerak, dan residu yang menempel di cat mobil.

Sementara itu, ceramic coating juga terbuat dari cairan SiO2 yang dapat mengeras atau mengkristal, namun dengan kandungan ceramic. Ceramic coating dianggap mampu melindungi bodi mobil, terutama dari air hujan. Air hujan sendiri merupakan salah satu penyebab utama karat pada bodi mobil.

“Proses pengerjaan coating antara 3 sampai 4 hari untuk satu mobil. Memang agak lama karena semua bagian termasuk baut-baut roda kita bersihkan dan dibikin kinclong lagi. Untuk ketahanan coating sampai 3 tahun. Jangka waktu tersebut juga merupakan garansi dari salon mobil yang mengerjakannya,” terang Imam.

Nah, untuk biaya coating memang tergolong mahal, tergantung dari ukuran atau jenis mobilnya. Untuk mobil jensi City car ada dikisaran Rp 3 juta. Sedangkan untuk mobil seperti Xpander, CR-V atau sedan harganya kisaran Rp 5 jutaan. Berbeda lagi untuk mobil seperti Alphard atau Pajero kisaran Rp 8 jutaan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai harga salon mobil dan jenis-jenisnya. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru