oleh

7 Cara Membersihkan Interior Mobil, Jangan Salah

Perawatan mobil tidak melulu hanya bagian mesin dan eksteriror saja, namun juga bagian kabin alias interiornya. Meski begitu, cara membersihkan interior mobil juga tidak boleh sembarangan.

Sebab untuk membersihkan bagian interior dibutuhkan beberapa peralatan dan cairan khusus. Disamping itu treatmentnya juga berbeda dengan membersihkan bagian eksterior.

Umumnya imbas dari bagian interior yang tidak pernah dibersihkan adalah muncul bau tak sedap. Tentu hal tersebut akan menganggu kenyamanan berkendara, baik bagi pengemudi maupun penumpang.

“Kebersihan bagian interior mobil sangat penting untuk diperhatikan. Sebab jika dibiarkan kotor karena debu bisa menganggu pernafasan, dan jika kotor karena bekas makanan yang tumpah bisa menimbulkan bau tak sedap serta muncul noda yang nantinya susah untuk dibersihkan,” ungkap Imam, staff salah satu salon mobil di bilangan Tangerang Selatan. (20/1/2022).

Imam juga menghimbau bagi pemilik mobil untuk membersihkan bagian interior tidak boleh menggunakan pembersih sembarangan. Sebab akibat buruknya bisa merusak materialnya.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh cara membersihkan interior mobil yang benar. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Siapkan Peralatan Dengan Lengkap

cara membersihkan interior mobil
Peralatan membersihkan interior mobil

Langkah pertama cara membersihkan interior mobil adalah dengan menyiapkan peralatan dengan lengkap. Sebab membersihkan bagian interior mobil peralatan yang dibutuhkan berbeda dengan membersihkan eksterior mobil. Adapun peralatan yang harus disiapkan adalah:

  • Kain micro fiber
  • Sikat kecil (sikat gigi) dan kuas kecil
  • Vacuum cleaner
  • Cairan pembersih
Baca juga  Biaya Pasang Anti Karat Mobil, Semahal Apa?

“Membersikan bagian interior tidak boleh sembarangan, karena nanti malah bisa merusak materialnya. Cairan pembersih serta peralatannya harus sesuai peruntukkannya,” tambah Imam.

2. Pakai Vacum Cleaner untuk Bersihkan Debu dan Kotoran Sejenis

cara membersihkan interior mobil
Bersihkan seluruh bagian interior mobil dengan vacum cleaner

Langkah awal cara membersihkan interior mobil yaitu dengan membersihkan debu dan kotoran lain yang hinggap di interior mobil dengan vacuum cleaner. Sedot ke seluruh bagian mulai dari jok, konsol tengah, kolong jok mobil dan bagian lainnya.

“Gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran lain dengan maksimal diseluruh bagian interior mobil. Copot terlebih dahulu karpet mobil agar kotoran yang ada di bawahnya juga bisa tersedot vacum cleaner,” terang Imam.

3. Bersihkan Bagian Dashboard dan Konsol Mobil

cara membersihkan interior mobil
Bersihkan dashboard mobil

Setelah selesai divacum, lanjutkan dengan  membersihkan bagian dashboard mobil. Semprotkan cairan khusus pembersih dashboard secukupnya dan merata, kemudian lap dengan kain micro fiber.

Begitu juga dengan bagian konsol tengah, semprotkan cairan pembersih secukupnya dan kemudian keringkan dengan kain micro fiber. Jika diperlukan, bersihkan juga bagian sela-sela konsol dengan kuas untuk membersihkan kotoran dan debu yang ada dan kemudian dilap kembali.

4. Bersihkan Bagian Jok Mobil

cara membersihkan interior mobil
Membersihkan jok mobil.

Kemudian, cara membersihkan interior mobil berikutnya adalah dengan membersihkan bagian jok mobil. Sebagai catatan, sesuaikan cairan pembersih yang digunakan untuk jok mobil. Sebab ada beberapa jenis pembungkus jok, antara lain kulit, fabric, atau sintetis.

Baca juga  Cara Membersihkan Jok Mobil yang Benar

“Kalau tidak ada kotoran yang membandel, tidak usah disemprotkan cairan pembersih jok. Cairan tersebut digunakan jika ada bercak bekas makanan yang menempel. itu juga tidak boleh kebanyakan, secukupnya saja, terus keringkan dengan kain micro fiber yang baru (jangan bekas mengeringkan dashboard) .Kemudian jika diperlukan, gunakan sikat gigi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada jok mobil,” imbuh Imam.

5. Doortrim Mobil Jangan Sampai Lupa

cara membersihkan interior mobil
Membersihkan doortrim mobil

Setelah membersihkan jok selesai, lanjutkan dengan membersihkan bagian doortrim mobil. Caranya sama dengan membersihkan bagian jok. Namun umumnya bagian doortrim ada dua jenis material yang digunakan, plastik (bagian atas) seperti dashboard dan fabric pada bagian tengahnya.

Karenanya gunakan cairan pembersih sesuai peruntukannya, jangan sampai keliru yang bisa berakibat akan muncul bercak.

6. Lantai Mobil Harus Pula Dibersihkan

cara membersihkan interior mobil
Bersihkan bagian lantai mobil

Selanjutnya, cara membersihkan interior mobil berikutnya adalah dengan membersihkan lantai mobil. Angkat dahulu karpet mobil, kemudian cuci karpet tersebut dan jemur hingga kering.

Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan bagian lantai tersebut dengan vakum cleaner. Setelah selesai lanjutkan dengan membersihkan bagian sudut-sudutnya menggunakan kuas atau sikat gigi.

Bersihkan dengan merata agar kotoran yang menyelip di bawah jok atau bagian lain di lantai bisa terangkat dan dibersihkan. Kemudian, untuk memastikan kotoran yang dibersihkan dengan kuas atau sikat tersebut hilang, gunakan kembali vacuum cleaner untuk menyedotnya.

Baca juga  Fungsi Poros Engkol dan Komponen-Komponenya

7. Agar Awet, Interior Harus Dibersihkan Secara Rutin

cara membersihkan interior mobil
Tempat sampah mobil

Untuk menjaga interior mobil agar tetap awet dan warnanya tidak kusam adalah dengan cara membersihkannya secara rutin. Dalam arti, selesai berkendara wajib dibersihkan, minimal dari kotoran yang terlihat. Kalau untuk bersih-bersih secara detail bisa seminggu sekali atau satu bulan dua kali.

Kemudian siapkan tempat sampah agar sisa makanan dan bungkusnya tidak berserakan. Hindari pula mengkonsumsi makanan basah seperti bakso serta makanan yang beraroma menyengat seperti durian di dalam mobil. Sebab makanan basah jika tumpah resikonya bisa menimbulkan bercak dan noda yang susah dihilangkan. Sementara makanan yang beraroma menyengat baunya akan susah dihilangkan.

“Penyebab interior mobil bau tak sedap adalah adanya sisa-sisa makanan yang tidak langsung dibersihkan. Bahkan ada yang sampai makanannya yang jamuran. Jika sudah begitu bau tak sedapnya tidak bisa langsung hilang saat pertama kali dibersihkan. Harus rutin dibersihkan dan taruh produk penetral bau,” tutup Imam.

Moladiners, itulah ulasan mengenai cara membersihkan interior mobil. Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru