5 Keunggulan Ban Motor Tubeless, Simak Yuk!

Moladin – Saat berkendara dengan motor dua hal yang perlu jadi perhatian, yakni keamanan dan kenyamanan. Soal keamanan erat kaitannya dengan kesiapan dari motor itu sendiri, mulai dari ban sampai dengan mesin yang juga berperan.

Salah satu bagian motor yang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan berkendara adalah ban motor. Bagian ini perlu mendapat perhatian lebih karena bersentuhan langsung dengan badan jalan. Jika kualitas ban kurang baik, bisa dipastikan pengendara motor akan merasa tidak nyaman.

Ban tubelessBan tubeless punya keunggulan dibanding tubetype

 

Mengenal Ban Motor Tubeless

Keunggulan Ban tubelessBan tubeless tidak menggunakan ban dalam

Ada 2 jenis ban yang saat ini umum digunakan, yaitu tubetype atau ban biasa dan  tubeless. Perbedaan terletak pada penggunaan ban dalam. Ban model tubetype menggunakan ban dalam, sedangkan ban tubeless tidak. Saat ini, model tubeless semakin banyak digunakan. Mengapa? Yuk, ketahui terlebih dahulu 5 keunggulan ban tubeless ini:

Tidak butuh ban dalam

Karakteristik ban tubeless adalah tanpa penggunaan ban dalam. Artinya, Anda hanya perlu mengganti satu jenis ban saja apabila kondisinya sudah tidak layak. Pada umumnya, ban dalam untuk melengkapi ban motor tubetype harus disesuaikan dengan ukuran ban luar dan velg motor. Hal ini tentu tidak terlalu praktis.

Di sisi lain, model ban tubeless tinggal dipasang saja karena ukurannya sudah disesuaikan dengan jenis motor tertentu. Ketika membeli, Anda hanya perlu menyebut jenis motor yang digunakan.

Tidak mudah bocor

Salah satu keunggulan ban tubeless adalah tidak mudah bocor saat tertusuk benda tajam. Sebenarnya, ban tubeless pun terisi angin sama seperti ban dalam motor. Namun, lapisan ban tubeless jauh lebih tebal dibandingkan ban tubetype dan ban dalam.

Dengan kondisi ini, pengendara tidak perlu terlalu khawatir dengan insiden ban bocor di tengah jalan. Karena kondisi ban yang tebal tersebut, Anda masih bisa berkendara untuk mencari ban baru atau tambal ban.

Lebih awet

Keunggulan lain ban tubeless adalah lebih awet. Meskipun durasi penggunaan ban di tiap motor berbeda-beda, pada umumnya ban tubeless dapat digunakan hingga 1,5 tahun. Hal ini disebabkan oleh material penyusunnya.

Kebanyakan ban tubeless pakai tipe mid-compound. Dengan demikian, tekstur ban lebih keras dan lebih awet. Kualitas seperti ini sangat berguna, apalagi jika motor melintasi medan yang tidak ideal, termasuk aspal yang panas.

 

Yamaha X Ride 125 All New

*DP mulai dari

 

Lebih nyaman saat motor menikung

Ada banyak kecelakaan yang terjadi karena pengemudi kendaraan tidak mampu menguasai keseimbangan saat motor sedang menikung. Bukan hanya karena ketidakmampuan mengemudi dengan baik, faktor kondisi motor juga berpengaruh dalam hal ini.

Saat menikung, ban seharusnya dapat mencengkram badan jalan dengan kuat. Untuk melakukan itu, ban yang paling ideal adalah ban tubeless. Jenis ban ini didesain sedemikian rupa, yaitu bertekstur lebih keras, sehingga lebih stabil saat dikendarai. Bagi Anda yang senang memacu kendaraan dengan cepat, ban tubeless merupakan pilihan yang paling cocok.

Lebih aman saat musim hujan

Apakah Anda pernah mengendarai motor saat hujan? Risiko tergelincir biasanya lebih tinggi karena jalanan terasa licin akibat terkena air. Nah, dengan memilih ban tubeless untuk kendaraan motor, risiko ini bisa diperkecil. Pasalnya, tubeless memiliki model alur kembang ban yang lebih variatif sekaligus lebih dalam.

Alur kembang ban sangat penting untuk menjaga keseimbangan serta kenyamanan saat berkendara. Khususnya pada musim hujan, dengan desain alur kembang ban tersebut, motor dapat lebih mudah membelah genangan air.

 

Memilih Ban Tubeless Terbaik

Corsa Ban tubelessPilihlah yang terbaik sesuai dengan kebutuhan

Supaya ban tubeless semakin meningkatkan kenyamanan berkendara, sangat penting untuk memilih jenis ban dari merek yang berkualitas. Biasanya, merek berkualitas telah melewati tahap quality control yang ketat untuk memastikan ban tersebut memang layak pakai. Jadi, ban tubeless benar-benar dijamin kualitasnya.

Ada banyak merek yang bisa dijumpai di pasaran. Namun, salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli adalah ban tersebut sesuai untuk motor. Jika sampai salah memilih ban, daya cengkramnya saat digunakan tidak sebaik yang diharapkan.

Hal lain yang perlu dilihat adalah motif kembang ban. Semakin sulit medan yang Anda tempuh, semakin penting untuk mempertimbangkan hal ini. Pasalnya, motif kembang ban sangat memengaruhi keamanan berkendara, terutama di jalanan yang tidak stabil. Sebagai contoh, jika ingin menggunakan motor untuk kebutuhan offroad, motif kotak-kotak lebih disarankan.

Nah, inilah sejumlah hal penting yang perlu Anda ketahui tentang ban tubeless. Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki, tak heran jika jenis ban ini semakin banyak dipilih untuk motor. Bagaimana dengan motor Anda, apakah sudah menggunakan ban tubeless? Anda bisa membeli ban tubeless di Moladin karena kualitasnya terjamin.

 

Honda Beat Street

*Angsuran mulai dari

 

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *