Minggu, September 25, 2022

5 Ciri Thermostat Mobil Rusak, Harus Tahu!

by Tigor Sihombing
ciri thermostat mobil rusak

Berikut kami sampaikan ciri – ciri thermostat mobil rusak. Tapi sebelumnya tidak ada salahnya jika kita mengenal fungsi thermostat.

Menurut Putera, mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Timur, dikatakan fungsi thermostat adalah untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin yang berasal dari radiator.

“Mungkin sering terjadi di jalan saat macet mobil mogok, itu bisa jadi karena thermostat bermasalah,” kata Putera. Maka dari itu komponen ini jangan dianggap remeh.

Karena jika thermostat tidak berfungsi, otomatis suhu ideal yang dibutuhkan mesin sulit tercapai. Hal tersebut menyebabkan jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam silinder mesin tidak seimbang, sehingga terjadi efek getaran yang lebih kuat pada mesin.

Sedangkan dampak dalam jangka panjang, mesin tidak akan awet. Tanpa adanya thermostat, perputaran air pendingin terlalu lancar, sehingga air yang belum mengalami proses pendinginan di radiator sudah kembali masuk menuju ke bagian mesin.

Air yang belum mencapai suhu optimal juga langsung dialirkan ke radiator. Kondisi ini membuat mesin tidak akan mengalami proses pendinginan yang optimal dan berisiko membuat mesin lebih mudah overheat.

Terkait cara kerjanya, menurut laman Auto2000, thermostat akan mengikuti kinerja komponen sistem pendingin lainnya. “Suhu kerja mesin mobil biasanya ada sekitar 87-95 derajat Celcius. Suhu kerja ini yang mesti dijaga selama mesin mobil dinyalakan,” tulis laman tersebut.

Baca juga  Daftar Harga Nissan Serena Bekas, Mulai Rp 35 Juta

Analoginya jika suhu terlalu dingin, pembakaran tidak bisa sempurna. Sebaliknya, jika suhu terlalu tinggi, mesin mobil bisa cepat rusak atau mengalami overheat.

“Yang paling ketara saat thermostat mengalami kerusakan adalah kipas radiator pasti tidak akan menyala secara otomatis, suhu mesin menjadi sangat panas atau overheat, lalu air di radiator mudah habis.”

“Pada dasarnya thermostat juga tak memiliki perawatan khusus, makanya mudah perawatannya. Dalam sistem pendinginan, penting bagi pemilik untuk selalu memantau level air radiator. Selalu gunakan cairan khusus radiator, agar tidak ada penumpukan kerak pada thermostat,” kata Putera.

Nah agar mobil kamu tidak mogok di jalan. Maka dari itu ciri – ciri thermostat mobil rusak harus bisa dikenali sejak awal, karena jika dibiarkan akan menimbulkan kerusakan lain pada mesin mobil. Berikut ulasan lengkap mengenai ciri-ciri thermostat mobil rusak:

1. Thermostat Terbuka Terus

ciri thermostat mobil rusak

Cara diteksi thermostat terbuka terus adalah dengan memperhatikan ketika temperature baru 30 derajat atau baru beberapa menit dinyalakan maka suhu akan berubah dengan cepat.

Ciri thermostat mobil rusak yang pertama adalah ciri yang paling mudah untuk disadari, yakni kondisinya terbuka terus. Karena jika keadaannya normal thermostat pasti akan selalu tertutup pada temperatur ruang.

Baca juga  Syarat, Lokasi, dan Jam Buka Samsat Drive Thru

Atau sederhananya, jika temperatur masih berkisar 30 derajat celcius dan sudah terbuka, maka sudah bisa dipastikan bahwa sirkulasi air pendingin atau water pump pada thermostat mobil kamu memiliki masalah.

Kalau kalian tidak tahu kapan terbuka dan tertutupnya thermostat maka hal yang bisa dilakukan untuk mengeceknya. Perhatikan ketika temperature baru 30 derajat atau baru beberapa menit dinyalakan maka suhu akan berubah dengan cepat.

Berarti itu menandakan bahwa thermostat pada mobil kalian rusak. Kalau sudah begini, maka tidak ada hal lain yang bisa kamu lakukan selain mengganti Thermostat mobil dengan yang baru.

2. Thermostat Macet

ciri thermostat mobil rusak

Thermostat macet membuat kondisi di mana saluran air di dalam radiator tidak bisa bersiklus dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas.

Ciri thermostat mobil rusak berikutnya adalah kebalikan dari sebelumnya. Di mana temperatur sudah cukup tinggi bahkan hingga mencapai suhu 90 derajat celcius, namun thermostat juga tidak kunjung terbuka, atau istilah mudahnya sering disebut dengan Thermostat macet.

Hal ini akan membuat kondisi di mana saluran air di dalam radiator tidak bisa bersirkulasi dan membuat mesin tetap dalam keadaan panas. Adapun cara mengatasinya adalah tentu saja dengan mengganti yang baru. agar kinerja mesin kembali maksimal.

Baca juga  4 Solusi Pintu Mobil Tidak Tertutup Rapat, Mudah!

3. Mesin Membutuhkan Waktu yang Lama untuk Mencapai Kinerja Maksimal

ciri thermostat mobil rusak

Thermostat rusak atau terus menerus terbuka juga bisa membuat mesin lama mencapai temperatur kerjanya.

Ciri thermostat mobil rusak berikutnya adalah kinerja maksimal mesin yang sulit dicapai dalam waktu singkat. Hal ini juga masih berkaitan dengan ciri yang pertama tadi, di mana jika thermostat rusak atau terus menerus terbuka juga bisa membuat mesin lama mencapai temperatur kerjanya.

Kondisi ini membuat suhu kerja mesin tidak dapat tercapai maksimal. Alhasil kinerja mesin pun terganggu.

4. Bahan Bakar Menjadi Jauh Lebih Boros

ciri thermostat mobil rusak

Ilustrasi indikator bensin

Ciri thermostat mobil rusak berikutnya adalah kondisi mesin yang menjadi lebih boros. Mungkin sebagian dari masih belum mengerti mengapa masalah pada Thermostat busa membuat penggunaan bahan bakar menjadi boros.

Hal ini dikarenakan suhu mesin yang terus dalam keadaan rendah, sehingga konsumsi bahan bakarnya menjadi lebih banyak, lantaran mesin mobil bekerja lebih berat. 

5. Mesin Sering Mengalami Overheating

ciri thermostat mobil rusak

Mesin overheat besar kemungkinan disebabkan oleh thermostat yang mengalami masalah.

Ciri thermostsat mobil rusak berikutnya adalah mesin overheating. Beberapa ciri overheating diantaranya ketika mobil sedang berjalan akan terasa seperti menggelitik.

Selain itu AC menjadi terasa lebih panas, tenaga mobil berkurang, pengukur temperatur menunjukkan suhu lebih tinggi dan lain sebagainya.

Nah, demikian pembahasan mengenai ciri – ciri thermostat mobil rusak. Jika kamu merasa sulit untuk memperbaikinya, silahkan hubungi bengkel mobil terpercaya untuk segara dilakukan perbaikan. 

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika