7 Rekomendasi Merek Air Radiator Mobil, Murah Berkualitas!

by Tigor Sihombing

Kali ini Moladin akan menyampaikan rekomendasi merek air radiator mobil dan harganya yang tersedia di pasaran. Secara air radiator mobil merupakan komponen penting yang memastikan mesin tetap beroperasi pada suhu yang aman.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, seperti memeriksa tingkat cairan, membersihkan radiator, dan mengganti coolant secara teratur, kamu dapat memperpanjang umur mesin mobil dan menghindari kerusakan yang tidak perlu.

Maka dari itu jangan abaikan peran penting air radiator dalam menjaga kondisi mobil. Karena meskipun terlihat sederhana, penggunaan air radiator mobil yang baik dapat menghindarkan mesin dari masalah overheating. Oleh karena itu, jangan sekali-kali mencoba mengisi air radiator dengan air keran atau yang tidak direkomendasikan.

Supaya kamu tidak salah pakai, berikut Moladin sampaikan rekomendasi merek air radiator mobil yang terbaik dan tersedia di pasaran dengan harga cukup terjangkau.

1. Vegacool

rekomendasi merek air radiator mobil

Rekomendasi merek air radiator mobil yang pertama adalah Vegacool. Tidak hanya mampu mencegah terjadinya overheating pada kendaraan, namun Vegacool juga bekerja mencegah terjadinya korosi pada mesin.

Korosi sendiri terjadi akibat karat dapat menumpuk di sistem radiator lalu menyebabkan kebocoran radiator, termostat yang tersumbat, dan pompa air yang rusak.

Produk ini di market place harganya terbilang murah berkisar dari Rp 46 – 55 ribu untuk ukuran 5 liter . Meski murah, produk cairan untuk radiator mobil ini sendiri sangat berkualitas dan memenuhi standar ISO 9001.

Baca juga  Master Radiator Coolant Series Meluncur di GIIAS 2023, Cocok Untuk Iklim Tropis

2. Power Coolant Top One

rekomendasi merek air radiator mobil

Rekomendasi merek air radiator mobil berikutnya adalah Power Coolant Top. Cairan Top One Power Coolant berwarna hijau dan diproduksi menggunakan air demineralisasi yang telah diolah dengan teknologi Long Life Formula.

Power Coolant Top One diklaim mengandung senyawa aditif ethylene glycol  sebanyak 20 persen dari volume totalnya. Selain itu untuk mencegah korosi dan meningkatkan proteksi pendingin, Top One mengandung zat organic dari Amerika berupa carboxylate rush inhibitors.

Menariknya, titik didih dalam coolant Top One bisa dikatakan cukup tinggi yakni mencapai 118 derajat Celcius. Dengan titik didih tinggi, kemungkinan penguapan dan overheat pun rendah.

Top One Power Coolant telah memenuhi banyak standar internasional berupa ASTM, MTU, ASTM B6210, Caterpillar EC-1 dan banyak lagi. Tanpa kandungan silika, Top One Power Coolant dapat menukar panas lebih cepat. Power Coolant Top One dibandrol dengan harga mulai Rp 80 ribu untuk kemasan 4 liter.

3. Brystone

rekomendasi merek air radiator

Rekomendasi merek air radiator mobil berikutnya adalah Brystone. Air radiator merek ini mengusung teknologi Jepang degan karakter cairan berwarna merah. Brystone memiliki kemampuan optimal untuk melindungi kinerja mesin mobil dari korosi dan juga overheating.

Selain itu kamu juga tidak perlu khawatir mobil menjadi overheating saat digunakan di bawah sinar matahari terik karena Brystone diklaim mampu menurunkan suhu dengan optimal.

Baca juga  7 Penyebab Radiator Mobil Bocor, Waspada!

Kemampuan lain Brystone adalah menjamin asupan udara sejuk dari AC. Dengan masa pakai yang panjang, Brystone bisa menjadi salah satu pilihan ekonomis.

Di pasaran air radiator Brystone dijual dengan harga Rp 50 ribuan.

4. Winmax

rekomendasi merek air radiator mobil

Winmax adalah merk radiator coolant dari Jepang dengan warna cairan hijau. Cairan ini memiliki tambahan bahan aditif berkualitas sehingga dapat menurunkan suhu dari berbagai jenis mesin.

Winmax dapat mencegah terjadinya korosi pada mesin termasuk meningkatkan performa pendinginan untuk AC. Tidak hanya itu, Winmax juga mampu memproteksi mesin dari risiko terjadinya thermostat dan water pump.

Winmax tersedia dalam berbagai kemasan. Yang paling terlaris adalah ukuran 5 liter dengan harga mulai Rp 50 – 55 ribu

5. Prestone

rekomendasi merek air radiator mobil

Cairan air radiator Prestone memiliki berbagai variasi produk cairan pendingin, antara lain Prestone Coolant/Antifreeze Concentrate. Ini adalah cairan konsentrat yang perlu dicampur dengan air sebelum digunakan. Biasanya memiliki perlindungan terhadap suhu rendah dan tinggi serta melindungi mesin dari korosi.

Ada pula Prestone 50/50 Prediluted Antifreeze/Coolant. Ini merupakan air radiator siap pakai. Pasalnya sudah secara otomatis dicampur dengan air dalam rasio 50:50, jadi kamu tidak perlu mencampurkan air tambahan. Coolant tersebut bisa melindungi mesin dari korosi dan suhu ekstrem. Dalam kemasan 4 Liter, air radiator Prestone dipasarkan  mulai harga Rp 52 ribu.

Baca juga  Kisaran Biaya Service Radiator Mobil, Murah?

6. Master Radiator Coolant

rekomendasi merek air radiator mobil

Master Radiator Coolant

Cairan pendingin radiator dari Master ini siap pakai dan tidak perlu dicampur air. Keunikan produk ini dikemas bukan dalam bentuk konsentrat, sehingga pemilik kendaraan tidak akan direpotkan untuk mencampurkan air dengan rasio ideal.

Produk ini diklaim dapat menstabilkan suhu mesin mobil dan mencegah terjadinya karat dan kerak di dalam radiator. Radiator coolant dari Master ini mampu menahan titik didih air hingga 126 derajat celcius. 
Titik didih yang lebih tinggi, menjadikan mesin mobil menjadi lebih tahan saat menghadapi panas saat harus menghadapi kemacetan lalu lintas.   

7. Air radiator Pro-V

rekomendasi merek air radiator mobil
Pilihan air radiator mobil yang bagus berikutnya yaitu Pro-V. Tak jauh berbeda dengan merk lainnya, Pro-V coolant juga mampu memberikan pendinginan yang baik pada mesin mobil sekaligus mampu membuat suhu AC mobil tetap terjaga.

Alasannya karena air radiator mobil dari Pro-V memakai material atau formula terbaik. Pro-V juga diklaim 100 persen bebas mineral. Harga air radiator mobil ini mula dari Rp 70 dengan kemampuannya untuk mencegah korosi mesin yang bagus.

Demikia ulasan rekomendasi merek air radiator mobil yang murah dan terbaik. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika