Minggu, Februari 25, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Modifikasi Honda CR-V Hybrid Racer, SUV 800 HP!

by Tigor Sihombing

Honda CR-V Hybrid Racer mungkin menjadi salah satu SUV pertama Honda yang dimodifikasi sedemikan rupa, hingga memenuhi spesifikasi mobil balap dengan tenaga buas. Tidak tanggung-tanggung Honda Performance Development (HPD) di California, Amerika Serikat dan Honda of America Racing Team meracik jantung pacu mobil hybrid ini dari standar hanya 204 HP menjadi 800 HP.

Maka tidak heran, jika mobil tersebut mereka beri nama The Beast atau Monster. Secara konsep, CR-V Hybrid ini memang dirancang sebagai mobil balap dengan spesifikasi layak untuk mengukit ajang bergengsi Indy Car. Walau demikian, tujuan utama pabrikan berlogo H dalam melakukan modifikasi hanyalah untuk kepentingan riset semata.

“Mobil itu dibuat untuk memberikan gambaran tangguhnya teknologi hybrid yang diusung oleh Honda. Sebelumnya kami pernah bekerja sama dengan HPD saat membuat mobil balap Acura ARX-06. Mobil ini menggambarkan keinginan kami betapa mobil yang sangat popular bisa memiliki kekuatan layaknya mobil balap Indy Car,” kata Dave Marek dari Honda of America Racing Team.

Baca juga  Daftar 10 Mobil Paling Laku di Dunia, Ada Wuling!

Untuk menunjang penambahan tenaga yang berlimpah, mereka menambah beberapa komponen parts sport guna meningkatkan aerodinamika mobil SUV itu. Contohnya sayap belakang berukuran besar, body kit baru, hingga fender yang jauh lebih besar guna mengakomodir ban tapak lebar.

Sebagai informasi, basis dari Honda CR-V Hybrid Racer adalah CR-V Gen-6. Hanya saja memang modifikasinya terlampau banyak.

Mesin 2.200 cc Twin Turbo CR-V Hybrid Racer Pakai Bahan Bakar Khusus Racikan Shell

Honda CR-V Hybrid Racer

Honda CR-V Hybrid Racer menggunakan sepasang turbo Borg Warner EFR7163, ECU McLaren Tag 400i, motor listrik, dan super capasitor Skeleton.

Bagian perubahan besar di Honda CR-V Hybrid Racer adalah mesinnya. Mobil hyrbid itu kini dilengkapi dengan mesin V6 2,2 liter twin turbo (HI23TT) yang pas untuk berlaga di arena Indycar tahun 2024.

Adapun dapur pacunya menggunakan dua pasang turbo Borg Warner EFR7163, ECU McLaren Tag 400i, motor listrik, dan super capasitor Skeleton. Selain itu untuk mendorong tenaga bertenaga 800 daya kuda, Honda menggunakan bahan bakar racing khusus ramah lingkungan racikan Shell.

Baca juga  2 Mobil Honda RS Terbaru Meluncur Hari Ini!

Sedangkan untuk transmisinya pakai XTRAC 6-speed yang dibekali paddle shift. Sasis pakai pipa chromoly dengan bodi yang terbuat dari serat karbon.

Tapi bagian bodi atas dan kaca depan masih pakai standar Honda CR-V generasi terakhir. Pada suspensi, di depan pakai Acura NSX GT-3 Evo22 yang diracik khusus oleh HPD. Sementara buat suspensi belakang pakai Dallara IR-18 yang juga sudah lebih dulu digunakan di arena Indycar.

Pelek alloy two-piece yang dipakai racikan 2Elle Engineering dengan ukuran 20×10,5 inci (depan) dan 20×11 inci (belakang). Pelek tersebut dibalut ban Firestone Firehawk Indy 500 Ultra-High Performance Summer Tires. Ukuran ban depan 285/35-20 sedang belakang 305/35-20.

Dengan mengusung teknologi dan spesifikasi yang begitu tinggi, Honda CR-V Hybird Racer ini nantinya akan menjadi  mobil balap Honda di ajang Indy Car tahun depan. Mantap kan?

Demikian ulasan Honda CR-V Hybrid Racer. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika