oleh

Goodyear Bikin Ban Mobil Listrik, Ini Spesifikasinya

Pabrikan ban asal Amerika Goodyear bikin merilis produk baru yaitu ban mobil listrik, beranama ElectricDrive GT. Karet bundar tersebut diproduksi untuk memenuhi kebutuhan mobil listrik yang semakin berkembang.

ElectricDrive GT adalah ban mobil listrik yang digambarkan memiliki performa tinggi untuk sepanjang musim. Tentu ini ideal bagi mobil listrik yang umumnya menghasilkan angka torsi tinggi, serta bobot mobil lebih berat dibandingkan dengan mobil sport bermesin konvensional atau menengak BBM.

Menariknya, Goodyear sangat megoptimalkan desain dan pola tapak asimetris. Sehingga gaya seperti itu mampu memberikan traksi dan penanganan yang baik, dalam kondisi jalan basah maupun kering. Selain itu, ElectricDrive GT juga menawarkan keausan tapak yang lebih tahan lama.

Ada pula SoundComfort Technology dari Goodyear membantu mengurangi kebisingan jalan. Fitur ini cukup penting untuk mobil listrik, karena memang powertrain yang senyap.

“Kendaraan listrik menghadirkan serangkaian persyaratan yang sangat spesifik untuk beban, torsi, kebisingan, jangkauan, hambatan gelinding, dan kinerja keseluruhan,” ungkap Wakil Presiden, Pengembangan Produk Goodyear Americas, David Reese beberapa waktu lalu seperti dikutip dari laman resminya.

Baca juga  Toyota Patenkan Transmisi Manual di Mobil Listrik

Sementara itu, Manajer pemasaran produk, Andrew Lau mengatakan bahwa dengan pertumbuhan yang berkelanjutan di segmen EV, Goodyear mengakui peluang untuk menyediakan ban yang dirancang untuk memenuhi dan menyesuaikan kebutuhan mobil listrik.

“Dengan menetapkan kelompok sasaran sebagai pengemudi EV yang mencari pengganti. ban ini akan menghasilkan treadwear yang disempurnakan tanpa harus mengorbankan performa,” imbuh Andrew.

Sebagai informasi, ban mobil listrik Goodyear ElectricDrive GT tersedia dalam ukuran 255/45R19 104W XL. Ukuran tersebut ideal untuk Tesla Model 3 dan Model Y.

Sepak Terjang Goodyear di Indonesia

ban mobil listrik
Ilustrasi pabrik Goodyear

Hingga saat ini, ban mobil listrik Goodyear ElectricDrive GT memang belum dipasarkan di Indonesia. Wajar, karena populasi kendaraan elektrifikasi masih jarang di Tanah Air. Meski begitu, kami rasa ketika mobil listrik sudah populer di Indonesia, pastilah ban khusus produk EV tersebut bakal masuk.

Kiprah Goodyear di Indonesia dan di dunia sendiri, sudah tidak diragukan lagi. Berbagai jenis ban mobil sudah diproduksi dan dipasarkan untuk memenuhi segala jenis segmen mobil. Mulai dari mobil harian, mobil komersial serta mobil balap.

Baca juga  Bocoran Harga Ioniq 5, Tembus Rp 850 Juta!

Goodyear Indonesia pertama kali hadir pada tahun 1917 di Surabaya dengan nama N.V Goodyear Tire & Rubber Company Limited. Kemudian pada bulan Oktober 1977 perusahaan tersebut berubah menjadi nama PT Goodyear Indoonesia. Setelahnya, pada tahun 1980 nama perseroan berubah menjadi PT Goodyear Indonesia Tbk.

Saat ini untuk mobil berpenumpang, Goodyear menawarkan ban Goodyear Assurance Maxguard SUV, Wrangler AT Silenttrac, Assurance Duraplus 2, Assurance Triplemax 2, Assurance Triplemax, Goodyear Assurance Duraplus, serta Goodyear Eagle Efficientgrip.

Sementara untuk mobil segmen SUV atau mobil berpenggerak 4×4, Goodyear menawarkan Goodyear Assurance Maxguard SUV, Goodyear Efficientgrip Performance SUV, Wrangler AT Silenttrac, Wrangler Triplemax, Goodyear Efficientgrip SUV, Goodyear Wrangler AT/SA serta Goodyear Wrangler HP AW.

Moladiners, itulah ulasan mengenai Goodyear bikin ban mobil listrik ElectricDrive GT. Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru