oleh

4 Mobil Konsep di GIIAS 2021, Siap Produksi Massal?

Hardirnya mobil konsep di GIIAS 2021, menjadi daya tarik tersendiri. Baik untuk pengunjung maupun awak media otomotif.

Apalagi mobil konsep mengusung desain yang futuristik. Kemudian mengadopsi teknologi yang belum pernah diterapkan pada mobil-mobil yang sudah beredar saat ini.

Mobil konsep yang dipamerkan dari beberapa merek otomotif kenamaan tersebut bukan hanya sebuah prototipe isapan jempol belaka. Namun kemungkinan akan diwujudkan menjadi mobil yang tentunya bisa dijual dan digunakan oleh konsumen. Meskipun terkadang desainnya tidak akan sama persis dengan mobil konsep tersebut.

Beberapa mobil konsep di perhelatan Gaikindo International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2021 beragam modelnya. Ada mobil sedan, SUV serta mobil listrik mini yang saat ini sedang di gadang-gadang pemerintah Indonesia menjadi kendaraan pengganti mobil konvensional alias mobil berbahan bakar bensin.

Nah, merek apa saja yang memperkenalkan mobil konsep di GIIAS 2021 dan bagaimana model-modelnya? Simak bahasan berikut:

1. Hyundai Prophecy

mobil konsep di giias
Hyundai Prophecy

Salah satu mobil konsep di GIIAS 2021 yang menjadi pusat perhatian pengunjung adalah Hyundai Prophecy. Produk dari negeri ginseng ini bertenaga listrik. Pertama kali ditampilkan pada event Geneva Motor Show 2020 lalu.

Nama Prophecy itu sendiri mencerminkan sebuah tujuan dari konsep tersebut. Konsep itu dinilai  menentukan arah desain Hyundai di masa depan, sekaligus memantapkan dirinya sebagai ikon desain untuk jajaran EV Hyundai.

Baca juga  GIIAS 2021: Harga Hyundai Creta, Mulai Rp 279 Juta

Tampilannya begitu sporty, layaknya mobil-mobil sport kenamaan seperti Porsche. Dengan warna hitam serta velg berukuran 21 inch berkerlir silver membuat Hyundai Prophecy menjadi pusat perhatian dan menjadi objek ajang selfie para pengunjung GIIAS 2021.

Sayangnya pihak Hyundai Indonesia belum bisa memastikan kapan unit tersebut akan diproduksi secara massal, begitu juga dengan bocoran spesifikasinya belum dibocorkan.

Meski demikian, hadirnya Hyundai Prophecy merupakan simbol bahwasanya era mobil elektrifikasi semakin kental mendominasi industri otomotif.

2. Wuling GSEV

mobil konsep di giias 2021 - Wuling GSEV
[Ki-Ka] Danang Wiratmoko dan Handi Ahmad Shidiq selaku Product Planning Wuling Motors bersama GSEV Wuling

Sesungguhnya Wuling GSEV adalah sebuah platform yang bisa diaplikasikan ke berbagai mobil listrik berdimensi ringkas. Kali ini di GIIAS 2021, pabrikan merek Cina itu memajang mobil-mobil yang sudah menggunakan platform GSEV.

Rencananya mobil konsep di GIIAS 2021 yaitu Wuling GSEV, akan diwujudkan pula dalam produksi massal untuk pasar Indonesia pada 2022. Tentu dimensinya juga mungil. Kemudian harganya bakal terjangkau.

Menarik bukan? Apalagi mampu menempuh jarak dari 120 hingga 300 Km dalam sekali isi baterai. Mari kita tunggu saja kemunculan mobil listrik mungil dari Wuling pada tahun depan.

Baca juga  GIIAS 2021: MG Luncurkan 3 Mobil Baru

3. Lexus LF 30 Electrified

mobil konsep di giias
Lexus LF 30 Electrified Concept

Lexus LF 30 Electrified mengusung model futuristik layaknya mobil-mobil yang ada di film fiksi.

Desain eksteriornya dipenuhi dengan lekukan-lekukan simetris yang apik dan terlihat layaknya mobil masa depan. Ditambah pintu mobil Lexus LF 30 mengusung sistem gullwing alias sistem buka ke atas seperti mobil Batman.

Saat pintu mobil dibuka, terlihat jelas desain interiornya yang minimalis khas mobil masa depan yang menggunakan sistem autonomous driving.

Kabarnya, mobil konsep di GIIAS 2021 bertenaga listrik ini akan mulai diproduksi untuk massal pada tahun 2030.

4. Honda SUV RS

mobil konsep di giias
Honda SUV RS

Jika mobil konsep di GIIAS 2021 didominasi oleh mobil listrik, berbeda dengan Honda. Yup, Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan Honda SUV RS.

Umumnya label RS melekat pada mobil Honda dengan model sedan atau hatchback, seperti Honda City atau Honda Jazz.

Honda SUV RS tampilannya terlihat sporty, kental dengan aura khas mobil SUV yang mudah untuk diajak berpetualang.

Sekilas memang desain eksteriornya mirip dengan Honda BR-V, namun jika dilihat lebih dekat berbeda, terlihat dari sentuhan desain grill yang minimalis serta perpaduan dengan desain lampu utama yang sipit.

Baca juga  GIIAS 2021: Promo Wuling dari Diskon Hingga Trade-in

Selain itu bumper depan juga terlihat seperti menyatu dengan grillnya, di tambah pada bagian bawah dikombinasikan warna hitam dengan sentuhan garis merah untuk menandakan mobil ini berlabel RS.

Bagian sampingnya jufa didesain bergaya sporty. Terlihat dari minim lekukan yang signifikan namun bagian bawahnya diberi warna hitam bergaris merah.

Kemudian pada bagian belakangnya mengusung desain yang terlihat modern. Lampu belakang berdesain garis horizontal yang menyatu antara lampu kanan dan kirinya.

Bumper belakangnya juga didesain seperti menungging, bagian sudut kanan dan kirinya terdapat lubang ventilasi angin, serta dibagian tengahnya terdapat warna hitam untuk menyelaraskan bagian bumper depan.

“Kami meluncurkan SUV RS Konsep ini, karena kami ingin tahu masukan dari konsumen untuk pengembangan produk kami di segmen SUV. Kami ingin minta masukan dari konsumen agar nantinya kendaraan ini akan tampil sebagai kendaraan yang bergaya sporty,” ungkap Yusak Billy dalam keterangan resminya beberapa waktu lalu di GIIAS 2021.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil konsep di GIIAS 2021. Untuk informasi otomotif menarik lainnya simak terus Moladin.com.

Terbaru