5 Tempat Wisata di Kediri yang Hits dan Rute Mobilnya

by Tigor Sihombing
tempat wisata Kediri

Moladin akan mengulas rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits dan kekinian, serta nyaman didatangi dengan naik mobil pribadi. Sangat menarik untuk mengetahuinya, terutama ketika kamu sedang berada di Jawa Timur. Pasalnya provinsi ini bukan cuma memiliki Surabaya sebagai daya tarik wisata, tapi juga ada Kediri.

Kota Kediri sendiri terletak sekitar 130 kilometer sebelah selatan ibu kota Provinsi Jawa Timur, Surabaya. Jika kamu mau mengunjunginya langsung naik mobil dari Jakarta, jaraknya berkisar 712 kilometer atau sebelum Surabaya.

Buat yang belum tahu, Kediri memiliki sejarah yang kaya dan dikenal sebagai salah satu pusat kerajaan di Jawa Timur pada masa lampau. Maka dari itu, tempat wisata di Kediri juga banyak di dominasi oleh candi. Salah satu tokoh terkenal dari Kerajaan Kediri adalah Raja Jayabaya yang terkenal dengan ramalannya.

Kediri juga memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti perkebunan tebu, padi, dan tambang batu bara. Selain itu, Kediri juga terkenal dengan kerajinan tangan, seperti batik, kerajinan anyaman bambu, dan keramik. Secara keseluruhan, Kediri merupakan kota dengan sejarah dan kebudayaan yang kaya serta memiliki potensi ekonomi dan pariwisata yang menarik.

Nah dengan sederet keunikannya, Moladin akan menyampaikan rekomendasi tempat wisata Kediri yang hits dan kekinian, serta bisa menjadi referensi berlibur kamu dan keluarga dengan naik mobil pribadi. Berikut ulasannya.

1. Situs Candi Tondowongso

rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits dan kekinian -  candi tondowongso

Candi Tondowongso di Kediri

Tempat Wisata di Kediri yang bisa kamu kunjungi naik mobil adalah Komplek Candi Tondowongso. Ini adalah situs purbakala yang ditemukan pada awal tahun 2007, lokasinya di Dusun Tondowongso, Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Situs seluas lebih dari satu hektare ini dianggap sebagai penemuan terbesar untuk periode klasik sejarah Indonesia dalam 30 tahun terakhir. Situs Tondowongso berada di antara dua dusun, yakni Dusun Tondowongso dan Dusun Sumberpetung yang keduanya berada di Desa Gayam.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Surabaya yang Ramah Mobil

Untuk akses mobil menuju jalan ini lumayan baik, lantaran di lokasi Candi Tondowongso dihuni banyak masyarakat dan menjadi jalan penghubung ke beberapa daerah di Jawa Timur. Dari pusat Kota Kediri ke lokasi wisata ini tidak jauh, cuma sekitar 20 Km atau perjalanan naik mobil sekitar 40 menit. Kediri juga memiliki wisata candi lainnya seperti Candi Tegowangi, Candi Surawana, dan Arca Totok Kerot.

2. Goa Maria Pohsarang

rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits dan kekinian - Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang

Goa Maria Pohsarang adalah salah satu rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits dan kekinian. Utamanya ini pas buat kamu umat Kristen yang mau melakukan wisata religi. Lokasinya di Desa Bendogerit, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Lokasi ini biasa menjadi lokasi wisata religi bagi umat Katholik.

Tampilan dari Goa Maria Pohsarang ini mirip dengan Sanctuary of Lourdes yang ada di Prancis. Dalam kawasan tersebut juga memiliki fasilitas cukup lengkap seperti rumah serbaguna, gereja, pusat perbelanjaan/oleh-oleh, toilet, penginapan dan parkir yang luas.

Menariknya tempat ini tidak hanya dikhususkan untuk umat Katolik, melainkan dibuka untuk umum. Untuk akses parkir mobil di Goa Maria Pohsarang lumayan mudah lantaran luas dan dikelola secara baik. Lokasinya dari pusat Kota Kediri sangat dekat, cuma 15 Km atau setara perjalanan naik mobil 30 menit.

3. Wisata Air Sumber Sugih Waras

rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits dan kekinian - Sumber Sugih Waras

Sumber Sugih Waras

Rekomendasi tempat wisata di Kediri yang hits selanjutnya adalah Wisata Air Sumber Sugih Waras. Terletak di Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih. Perjalanan naik mobil dari pusat kota cuma 8 Km atau setara 15 menit.

Tempat wisata yang berada di sisi jalan raya atau tepatnya di Jalan Thamrin, Krajan, Kecamatan Ngadiluwih ini posisinya bersebelahan dengan Kantor Desa Dukuh. Wisata Air Sumber Sugih Waras cukup direkomendasikan untuk dikunjungi bersama keluarga, sebab lokasinya sangat cocok untuk segala usia.

Baca juga  7 Tempat Wisata di Garut yang Hits, Ramah Mobil!

Sumber Sugih Waras dibuka setiap hari dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 17.00 sore. Harga tiket masuk yang ditawarkan relatif murah, sekitar Rp 5.000 per orang dan gratis untuk anak balita. Di destinasi ini tersedia fasilitas parkir yang cukup luas, dengan biaya parkir mobil Rp 2.000 untuk kendaraa roda dua.

Fasilitas yang disediakan oleh pihak pengelola adalah kegiatan Outbond seperti flying fox dan berenang di kolam dengan air yang sangat jernih yang berasal dari sumber mata air.

4. Gunung Kelud

tempat wisata Kediri

Gunung Kelud Kediri

Tempat wisata di Kediri yang hits selanjutnya adalah Gunung Kelud. Walau lokasinya ada di luar kota atau Kabupaten Kediri, tapi kamu wajib datang ke sini naik mobil.

Gunung Kelud sendiri adalah gunung berapi aktif yang terletak di Jawa Timur, tetpatnya di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Malang, dan Blitar. Dari pusat Kota Kediri, Gunung Kelud terletak sekitar 27 kilometer di sebelah timur atau perjalanan naik mobil selama 1 jam. Gunung ini menawarkan pemandangan alam yang indah serta trekking yang menantang.

Meki berada di gunung, akses jalan menuju lokasi terbilang baik dan bisa menggunakan mobil. Seiring banyaknya tempat wisata di kawasan tersebut, pemerintah daerah setempat sudah banyak membangun akses jalan sejak tahun 2016 silam.

Sedikitnya ada beberapa lokasi wisata lagi yang bisa kamu kunjungi di sekitaran Gunung Kelud, seperti :

Puncak Gunung Kelud

Menikmati pemandangan sunrise di pagi hari di puncak Gunung Kelud adalah suatu kesempatan yang sayang untuk kamu lewati saat mengunjungi wisata Gunung Kelud.

Wisata Air Panas Gunung Kelud

Air panas di kolam ini berasal dari sumber mata air yang terbentuk secara alami di Gunung Kelud. Air panas yang keluar dari mata air ini kemudian bercampur dengan air sungai yang dingin, menciptakan kolam air hangat yang nyaman untuk di nikmati.

Baca juga  8 Tempat Wisata Hits di Bandung Yang Nyaman Dijangkau Mobil

Flying Fox Gunung Kelud

Flying Fox Gunung Kelud memiliki lintasan sepanjang 100 meter. Sepanjang lintasan ini, kamu bisa menikmati keindahan pemandangan alam pegunungan di Gunung Kelud.

Jalan Misteri Gunung Kelud

Ada satu keunikan tersendiri dari jalan ini. Di sini kendaraan akan tetap bisa berjalan meskipun mesinnya dimatikan. Padahal, kalau kita lihat jalan misteri ini terlihat menanjak.

5. Agrowisata Margomulyo

tempat wisata di Kediri - agrowisata margomulyo

Agrowisata Margomulyo

Tempat wisata di kediri lainnya adalah Agrowisata Margomulyo atau yang juga dikenal sebagai Taman Agro Kediri. Lokasinya di dalam kawasan wisata Gunung Kelud. Di tempat ini, para pengunjung akan disuguhi pemandangan taman yang ditata dengan rapi dan indah.

Jadi kalau naik mobil ke Agrowisata Margomulyo lumayan jauh, lantaran perlu menempuh jarak sekitar 35 km atau setara 1 jam perjalanan. Walau demikian, tidak ada salahnya mampir ke lokasi wisata ini ketika kamu mengunjungi Kediri.

Salah satu yang menarik minat para pengunjung di taman ini ialah pemandangan berbagai macam bunga yang cantik, seperti bunga mawar, matahari, krisan, kana, hujan mas, refugia, dan lainnya. Pemandangan indah taman bunga ditambah segarnya udara pegunungan membuat tempat ini cocok untuk dikunjungi bersama keluarga. Terkait urusan parkir yang mudah kerena lahannya luas, lokasi ini lumayan mudah dijangkau dengan mobil pribadi. Terlebih dengan banyak kondisi jalan yang sudah dibeton.

Demikian ulasan rekomendasi tempat wisata di kediri yang hits dan kekinian. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika