Thursday, February 9, 2023
Banner

Road Trip Jakarta Bali 2023: Biaya BBM, TOL, dan Estimasi Waktunya!

by Firdaus Ali
road trip jakarta bali

Berikut akan kami informasikan mengenai biaya dan estimasi waktu road trip Jakarta Bali 2023. Adapun biaya tersebut mencakup tarif jalan tol, penyeberangan di pelabuhan Ketapang-Gilimanuk, hingga uang yang perlu dikeluarkan untuk bahan bakar minyak (BBM) mobil kamu. Penting untuk mengetahui hal tersebut, supaya kamu bisa bersiap secara fisik, mental, dan uang, sebelum melakukan perjalanan.

Bali memang menjadi magnet tempat wisata bagi masyarakat Indonesia. Keindahan pantai, nuansa alam serta budayanya membuat siapa saja ingin berlibur kesana.

Melakukan perjalanan jauh atau road trip dengan menggunakan mobil pribadi memang menyenangkan. Sebab akan ada banyak cerita dan kenangan selama melakukan perjalanan. Selain itu, melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan mobil pribadi atau road trip, Kita bisa lebih leluasa berhenti di kota-kota yang dilalui untuk berwisata kuliner atau mengunjungi tempat-tempat hits di kota yang kita lewati.

Beberapa kota yang dilewati selama perjalanan Jakarta sampai Bali, juga bisa kamu singgahi untuk membeli souvenir atau berwisata kuliner. Misalnya Cirebon punya makanan khas Empal Gentong, Pekalongan dengan Batiknya, Semarang lewat Lumpianya, dan lain-lain.

Terkesan menyenangkan memang, tapi road trip Jakarta Bali perlu memiliki persiapan matang. Maklum, perjalanan naik mobil ke Pulau Dewata tidaklah singkat. Totalnya menempuh jarak 1.186 Km dengan estimasi waktu berkendara hingga 20 jam. Biaya yang perlu dikeluarkan juga tidak sedikit, totalnya bisa tembus Rp 2.279.950 atau Rp 2,27 jutaan. Rinciannya adalah untuk bensin Pertamax Rp 1,23 juta, penyeberangan kapal Rp 238.450, dan tarif tol Rp 811.500.

Supaya lebih matang dalam melakukan persiapa melakoni perjalanan darat dari Jakarta ke Bali, coba simak artikel berikut ini:

Persiapan Sebelum Melakukan Road Trip

Road trip Jakarta Bali

Pastikan kondisi mobil dalam keadaan sehat sebelum road trip

Sebelum melakukan road trip Jakarta Bali, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan. Hal ini bertujuan agar nyaman selama melakukan perjalanan. Berikut persiapan yang harus dilakukan:

Kondisi Mobil

Persiapan pertama sebelum melakukan road trip adalah memastikan kondisi mobil dalam keadaan sehat. Pastikan kondisi mesin, kelistrikan, kondisi ban, kelistrikan, AC dan bagian kaki-kaki. Agar lebih akurat, lakukan servis berkala di bengkel resmi beberapa hari sebelum melakukan perjalanan road trip.

Barang Bawaan

Selain kondisi mobil, persiapan yang tidak boleh lupa adalah barang bawaan. Dalam hal ini harus menyesuaikan kapasitas bagasi dari mobil yang digunakan.

Namun begitu, jika dirasa kapasitas bagasinya terbatas, bisa menggunakan roof box. Adapun jika tidak memiliki roof box, saat ini sudah banyak tempat penyewaan roof box dan harga yang terjangkau. Jika ingin melihat detailnya bisa cek langsung artikel kami mengenai sewa roof box beberapa waktu lalu.

Oh ya, mengingat perjalanan yang akan dilalui dengan jarak jauh, maka beberapa equipment seperti lampu senter, kotak P3K serta Apar kecil sebaiknya dibawa juga.

Uang Perjalanan

Persiapan yang tak kalah penting adalah budget. Estimasi terlebih dahulu semua biaya yang wajib dikeluarkan. Seperti makanan, biaya untuk beli bahan bakar (BBM), tarif tol, biaya penyeberangan, hingga sewa hotel untuk menginap. Jangan oupa siapkan juga biaya tak terduga, sekitar 10 persen dari total bujet yang harus dikeluarkan sepanjang perjalanan.

Nah, Jika persiapan sudah sebelum melakukan perjalanan sudah aman, selanjutnya kita akan membahas lebih jauh mengenai biaya dan estimasi waktu road trip Jakarta Bali. Berikut ulasannya.

Fisik Pengemudi Harus Prima

Road trip juga butuh fisik yang prima, khususnya untuk pengemudi. Perjalanan yang dilewati pastilah bisa berjam-jam, seperti Jakarta-Bali yang estimasinya mencapai 20 jam. Oleh karenanya perlu strategi selama berkendara. Misalnya berhenti setiap sudah lelah. Umumnya tiap 2-4 jam perjalanan, pengemudi wajib beristirahat, walau itu sekadar meregangkan tubuh. 

Minum air putih juga penting sepanjang perjalanan untuk meningkatkan konsentrasi dan menjaga fisik tetap prima. Tentunya ini pun harus diimbangi dengan makan teratur yang tidak boleh terlewat ketika melakukan road trip.

Tarif Tol Jakarta ke Bali Terbaru 2023

Road trip Jakarta Bali

Gerbang Tol Cikampek

Pembahasan mengenai road trip Jakarta Bali yang pertama adalah jarak tempuhnya. Berdasarkan informasi dari Google Map, jarak tempuh dari Jakarta ke Bali menggunakan mobil pribadi melalui jalur Pantura (tol Trans jawa) hingga sampai ke Denpasar adalah 1.186 Km. Estimasi waktu tempuh sekitar 18,5 jam hingga 20 jam untuk perjalanan tanpa berhenti.

Lalu berapa tarif tol Jakarta Bali? Perjalanan ke Bali menggunakan mobil dari Jakarta, tidak sepenuhnya menggunakan tol. Kehadiran jalan tol cuma bisa sampai Probolinggo Timur dengan total biaya Rp 811.500. Berikut rincian pintu tol dan tarif tol Jakarta Bali untuk kendaraan golongan 1 atau mobil pribadi tahun 2023:

  • Tarif Tol Jakarta-Cikampek: Rp 20.000
  • Tarif Tol Cikopo-Palimanan: Rp 119.000
  • Tarif Tol Palimanan-Kanci (Palikanci): Rp 12.500 
  • Tarif Tol Kanci-Pejagan: Rp 29.500
  • Tarif Tol Pejagan-Pemalang: Rp 60.000
  • Tarif Tol Pemalang-Batang: Rp 45.000
  • Tarif Tol Batang-Semarang (Kalikangkung): Rp 86.000
  • Tarif Tol Semarang ABC: Golongan I Rp 5.500
  • Tarif Tol Semarang-Solo: Rp 66.500
  • Tarif Tol Solo-Ngawi: Rp 104.500
  • Tarif Tol Ngawi-Kertosono: Rp 91.000
  • Tarif Tol Kertosono-Mojokerto: Rp 49.000
  • Tarif Tol Mojokerto-Surabaya: Rp 39.000
  • Tarif Tol Surabaya-Gempol: Rp 18.000
  • Tarif Tol Gempol-Pasuruan: Rp 36.000
  • Tarif Tol Pasuruan-Probolinggo Timur: Rp 30.000

Setelah kamu keluar pintu tol Probolinggo Timur akan dilanjutkan lewat jalur tanpa tol hingga ke Banyuwangi. Di sinilah kamu akan menemukan pelabuhan Ketapang untuk menyeberang dari ke Pulau Bali. Sebenarnya, Pemerintah Indonesia saat ini sedang membangun jalan tol hingga ke Banyuwangi. Hanya saja saat ini belum jadi.

Biaya Penyeberangan Kapal Ketapang – Gilimanuk

Road trip Jakarta Bali

Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi. Foto: Istimewa

Lalu berapa biaya penyeberangan kapal dari Ketapang (Banyuwangi) ke Gilimanuk (Bali)? Khusus untuk mobil pribadi atau Golongan IVA, tarifnya Rp 199.850. Hanya saja untuk kendaraan lain, tarifnya berbeda-beda. Berikut daftar tarif penyeberangan di Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk terbaru tahun 2023:

  • Golongan I (sepeda): Rp 10.050
  • Golongan II (sepeda motor (< 500cc)): Rp 29.050
  • Golongan III (sepeda motor (>= 500cc)): Rp 42.500
  • Golongan IVA (mobil/sedan (<= 5 m)): Rp 199.850
  • Golongan IVB (mobil barang (<= 5 m)): Rp 172.150
  • Golongan VA (bus sedang (<= 7 m)): Rp 392.000
  • Golongan VB (truk sedang (<= 7 m)): Rp 291.650
  • Golongan (bus besar (<= 10 m)): Rp 593.350
  • Golongan VIB (truk besar (<= 10 m)): Rp 484.900
  • Golongan VII (truk trailer (<= 12 m)): Rp 598.500
  • Golongan VIII (truk trailer (<= 16 m)): Rp 843.100
  • Golongan IX (truk trailer (> 16 m)): Rp 1.167.650

Kemudian untuk biaya orang menyeberang dari Ketapang ke Gilimanuk juga ada. Rinciannya sebagai berikut:

  • Bayi (0-2 tahun) Rp 1.700
  • Dewasa: Rp 9.650

Jadi, kalau kamu melakukan road trip Jakarta-Bali dengan dua orang dewasa dan dua anak-anak (di atas 2 tahun). Maka hitungannya untuk penyeberangan dari Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk Rp 9.650 x 4 orang = Rp 38.600. Totalnya dengan mobil berarti: Rp 38.600 (4 orang) + Rp 199.850 (mobil pribadi) = Rp 238.450.

Biaya BBM Mobil Pribadi untuk Road Trip Jakarta Bali

road trip jakarta bali - mitsubishi xpander

Biaya BBM mobil Xpander dari Jakarta ke Bali habis Rp 1,23 juta dengan bensin Pertamax

Pembahasan mengenai road trip Jakarta Bali selanjutnya adalah biaya bahan bakar alias BBM. Kami coba melakukan simulasi menggunakan mobil sejuta umat yaitu Mitsubishi Xpander yang berkapasitas mesin 1.500 cc dan pakai bensin Pertamax RON 92.

Adapun perhitungannya adalah konsumsi BBM Mitsubishi Xpander rata-rata adalah 12,3 km/liter. Artinya dalam satu liter bensin, mobil keluarga ini bisa melaju hingga 12,3 km. Sementara Jarak tempuh Jakarta-Bali adalah 1.186 Km. Maka sepanjang perjalanan, Xpander bakal membutuhkan bensin 96,4 Liter. Dengan tangki bensin Xpander cuma berkapasitas 45 Liter, artinya akan butuh setidaknya 3 kali isi bensin sepanjang perjalanan.

Kemudian harga BBM Pertamax RON 92 saat ini adalah Rp 12.800 per liter untuk Januari 2023. Jadi total biaya BBM untuk road trip Jakarta Bali dengan mobil Xpander sekitar Rp 1,23 juta.

Bila kamu mau biaya BBM untuk perjalanan Jakarta Bali jadi lebih murah, bisa pakai BBM Pertalite atau RON 90 yang harganya cuma Rp 10 ribu. Hanya saja Pertalite buat Mitsubishi Xpander dan mobil-mobil modern saat ini, tidak terlalu direkomendasikan. Kalau pakai Pertalite, maka biaya BBM untuk road trip Jakarta Bali cuma sekitar Rp 964 ribu.

Sebagai catatan, biaya estimasi BBM ini tidak bisa menjadi patokan pasti, karena kondisi jalan saat melakukan perjalanan bisa berbeda-beda. Semakin macet jalanan, maka konsumsi BBM juga semakin boros. Maka biaya yang harus dikeluarkan unutk bensin pasti lebih mahal. Selain itu, gaya mengemudi setiap orang juga berbeda-beda, hal ini tentunya juga mempengaruhi konsumsi BBM.

Total Biaya Road Trip Jakarta Bali Pulang Pergi (PP)

Road trip Jakarta Bali

Biaya road trip jakarta bali pulang pergi mencapai Rp 4,55 jutaan

Setelah mengetahui biaya road trip Jakarta Bali yang menghabiskan sekitar Rp 2,27 jutaan, apakah kamu masih mau melakukan perjalanan ini? Perlu diingat, itu pun hanya biaya perginya saja. Kalau ditambah biaya pulang ke Jakarta lagi, maka perlu dikalikan dua. 

Maka total biaya road trip Jakarta Bali pulang pergi (PP) bisa tembus Rp 4,55 jutaan. Lagi-lagi, ini hanya biaya perjalanannya saja, belum termasuk makan dan penginapan. Memang cukup mahal, tapi perjalanan dengan mobil pribadi ini banyak kelebihannya. Kamu bisa berhenti di lokasi wisata mana pun yang dilewati. Kemudian sesampainya di Bali, kamu bisa berkeliling Pulau Dewata dengan mudah.

Hanya saja memang waktu tempuhnya cukup lama. Dari Jakarta ke Bali saja butuh 20 jam. Maka ditambah perjalanan pulang jadi total 40 jam. Artinya sudah 2 hari sendiri untuk perjalanan. Belum lagi kalau kamu bermalam di tengah-tengah road trip, tentu butuh waktu yang lebih lama lagi.

Moladiners, itulah ulasan mengenai biaya tol, BBM, penyeberangan kapal, dan estimasi waktu untuk road trip Jakarta Bali (PP) menggunakan mobil pribadi. Di mana jika ditotal semuanya membutuhkan biaya kisaran Rp 4,55 jutaan. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika