Lihat Langsung Sedan Listrik Xiaomi SU7 Diantre Sampai Mejeng di Counter Hape-nya di Mall

by Ivan
Lihat langsung Xiaomi SU7 diantre

Xiaomi Motor tampilkan banyak kejutan dalam keikutsertaannya di Beijing Auto Show 2024. Menempati Hall W2 pameran, antara Buick dan Geely, ini dia impresi lihat langsung Xiaomi SU7 diantre sampai mejeng dan bisa dibeli di mall.

Pada pemeran otomotif tersebut, booth Xiaomi memang bukan yang terbesar tetapi mampu mengumpulkan kerumunan terbesar. Banyak orang rela menunggu berjam-jam untuk melihat Xiaomi SU7 diantre lalu melihat lebih dekat mobil ini di Beijing Auto Show.

Sedan listrik pertama Xiaomi SU7 memang sudah diluncurkan secara resmi sebulan lalu pada tanggal 28 Maret 2024. Dan hebatnya langsung mengumpulkan lebih dari 70.000 pesanan terkunci (artinya deposit sekitar 800 USD tidak dapat dikembalikan) bahkan terjual habis sepanjang sisa tahun 2024 ini.

Bagian samping versi flagship Xiaomi SU7 Max
Bagian samping versi flagship Xiaomi SU7 Max

Selama bulan April, Xiaomi mengirimkan sekitar 5.000 mobil yang disebut SU7 Founders Edition. Model-model ini diproduksi secara massal sebelum diluncurkan pada bulan Februari dan Maret, dan masing-masing memiliki nomor unik sendiri.

Pada hari pembukaan Beijing Auto Show 2024, konferensi pers Xiaomi sukses menyedot animo penonton terbanyak. CEO Xiaomi Lei Jun disambut dengan tepuk tangan dan teriakan ke mana pun dia pergi saat dia bertemu dengan CEO produsen mobil lainnya, seperti Wang Chuanfu dari BYD atau William Li dari Nio.

Baca juga  Dapat Subsidi, Inden Hyundai Ioniq 5 Berapa Lama?

Bahkan saat press day, masyarakat mengantri sekitar 40 menit untuk sekadar masuk ke booth. Melihat mobil ini lebih dekat, dan duduk di dalamnya. Lebih mengejutkannya lagi seusai pressday dan ameran dibuka untuk umum pada hari Sabtu (27/4), antrean menjadi lebih panjang, bahkan Waktu tunggu untuk masuk ke booth mulur sekitar dua jam.

Spesifikasi Xiaomi SU7

Pengembangan  SU7 digarap Xiaomi menggandeng perusahaan lain seperti BAIC dan BYD
Pengembangan SU7 digarap Xiaomi menggandeng perusahaan lain seperti BAIC dan BYD

Untuk memproduksi mobil listrik pertamanya, Xiaomi SU7 rupanya tetap dibantu beberapa pabrikan otomotif ternama lain di Cina. Untuk produksi, Xiaomi bekerja sama dengan produsen mobil listrik BAIC namun tetap dengan perangkat lunak dari Xiaomi. Sementara baterai Xiamoi SU7 dipasok oleh BYD.

“Dengan baterai ini, Xiaomi SU7 dapat menempuh jarak hingga 800 kilometer dengan sekali pengisian,” kata Lei Jun. Melihat antusias besar terhadap mobil ini, Lei juga menegaskan bahwa Xiaomi berencana menjadi salah satu dari lima produsen mobil listrik terbesar di dunia dalam 15 hingga 20 tahun ke depan.

Mereka berencana untuk memasarkan produk dengan harga terjangkau tetapi tetap mengusung teknologi digital canggih. Xiaomi SU7 dilengkapi dengan motor listrik E-motors Hyper Engine V6/V6s. Motor ini didukung teknologi canggih seperti Bidirection Full Oil Cooling, serta menggunakan laminasi baja silikon.

Baca juga  4 Perbedaan Seres E1 Type L Vs Type B 2023, Beli yang Murah?
Antrean pengunjung masuk ke booth Xiaomi di Beijing Auto Show 2024
Antrean pengunjung masuk ke booth Xiaomi di Beijing Auto Show 2024

Untuk dimensinya, Xiaomi SU7 memiliki panjang 4,997 meter, lebar 1,963 meter, tinggi 1,455 meter, dan wheelbase 3 meter. Nama SU7 sendiri merupakan kependekan dari Speed Ultra, telah menarik perhatian banyak orang berkat teknologi penggeraknya yang canggih.

Awalnya, Xiaomi memperkenalkan dua varian, yaitu SU7 dan SU7 Max, namun Kementerian Perdagangan dan Teknologi Cina menyatakan bahwa ada tiga varian, yakni SU7, SU7 Pro, dan SU7 Max.

Ada dua opsi sistem gerak yang tersedia, yakni penggerak belakang (RWD) dengan motor 220 kW dan torsi 400 Nm. Varian ini dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam waktu 5,28 detik. Varian ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas 73,6 kWh, yang memberikan jangkauan 668 km sesuai standar CLTC (China Light-Duty Vehicle Test Cycle).

Kabin pintar Xiaomi SU7 jadi rebutan untuk dicoba
Kabin pintar Xiaomi SU7 jadi rebutan untuk dicoba

Untuk varian teratas, dengan penggerak semua roda (AWD) didukung oleh motor 495 kW dan torsi 838 Nm. Mobil ini dapat berakselerasi dari 0-100 km per jam dalam 2,78 detik, dengan kecepatan maksimum 265 km per jam, dan mampu menempuh jarak hingga 800 km sekali pengisian.

Bobot mobil ini mencapai 1.980 kg, sedangkan varian tertinggi dengan baterai memiliki berat 2.205 kg. Baterainya menggunakan teknologi lithium iron phosphate (LFP) dari BYD.

Baca juga  Mobil Listrik Lebih Hemat, Jakarta-Bali Cuma Rp 200 Ribu

Kabinnya mengekspos layar sentuh 16,1 inci dan panel instrumen 7,1 inci untuk menampilkan informasi kendaraan. Sistem operasinya menggunakan HyperOS buatan Xiaomi yang ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 8295, serta dilengkapi dengan fitur ADAS untuk meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

Xiaomi SU7 Bisa Dibeli Counter Hape

Xiaomi SU7 mejeng di mall Wanda Plasa, Wuhu
Xiaomi SU7 mejeng di mall Wanda Plasa, Wuhu

Sejalan dengan rilis resmi Xiaomi SU7, mobil ini memang bisa dinikmati oleh masyarakat Cina, termasuk melihat langsung penampilannya di mall. Salah satunya kami lihat langsung di Wanda Plaza, Wuhu, Cina satu area di counter smartphone Xiaomi.

Meski bukan varian teratas, penampakan Xiaomi SU7 gabung di counter hape-nya jelas menjadi pemandangan menarik. Siapa yang menyangka jika perusahaan elektronik swasta dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing dan didirikan sejak tahun 2010 akhirnya benar-benar bisa mewujudkan mimpi tak sekadar menjual smartphone tapi juga mobil listrik canggih.

Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika