Friday, February 3, 2023
Banner

5 Tempat Wisata Kekinian di Medan dan Sekitarnya

by Firdaus Ali
Tempat wisata di Medan

Bicara tempat wisata hits dan kekinan di Medan, kami tidak akan hanya memberi informasi di wilayah perkotaannya saja. Melainkan juga, kami beberkan wisata alam yang bisa kamu datangi dengan mobil di sekitaran kota Medan

Hal ini lantaran di Sumatera Utara, memang Medan ibu kotanya. Jadi, kebanyakan orang lebih akrab dengan nama tersebut dibanding wilayah lain. Padahal bicara liburan dengan keindahan alam memukau dan eksotis, letaknya banyak di kabupaten seperti Karo, Dairi, hingga Tapanuli Tengah.

Wisata alam yang bisa kamu lihat berbagai macam, dari mulai danau, air terjun, hingga pantai. Ya, Sumatera Utara memang memiliki kontur alam yang berbeda-beda. Indah!

Di Medan pun kamu bisa berkeliling kota, sambil berkunjung ke tempat wisata kuliner seperti Ucok Durian. Menjadikan Medan sebagai tempat singgah utama juga pas, karena di sana banyak tersedia hotel-hotel berbintang. Sementara kalau di kabupaten, tentu akan sulit mendapatkannya.

Nah, mau tahu lebih detail soal tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang menyenangkan untuk dijangkau mobil? Berikut bahasan lengkapnya:

1. Danau Toba

Tempat wisata di Medan

Danau Toba. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Medan yang pertama adalah Danau Toba. Yup, tempat wisata ini sudah dikenal sejak lama baik dikalangan masyarakat domestik maupun luar negeri.

Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata andalan Indonesia. Dengan luas kurang lebih 1.145 kilometer persegi dan kedalaman sekitar 450 meter, Danau Toba dianggap sebagai danau vulkanik terbesar di Asia Tenggara.

Danau Toba berlokasi di Sumatera Utara. Dikelilingi oleh 7 Kabupaten, yaitu Simalungun, Tobasa (Toba Samosir), Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Dairi, Karo, dan Samosir.

Danau yang lebih menyerupai lautan ini juga punya beragam aktivitas menyenangkan bagi para wisatawan. Mulai dari menikmati keindahan alam, kegiatan berkayak atau naik sampan, hingga glamping.

Baca juga  5 Tempat Wisata Hits di Tangerang, Mudah Dijangkau Mobil

Tak hanya itu saja, ada juga Pulau Samosir yang berada di tengah danau. Dari Samosir kita dapat melihat hamparan danau dari ketinggian di Bukit Holbung dan Menara Pandang Tele. 

Kemudian ada pula Desa Tomok. Di sana kita dapat mempelajari kebudayaan dan peninggalan leluhur suku Batak Toba, mulai dari rumah adat, makam raja-raja kuno, hingga benda-benda zaman megalitikum. Kemudian ada pula Desa Lumban Suhi-Suhi yang merupakan penghasil kain khas Batak, Ulos.

Oh ya, lokasi Danau Toba berjarak sekitar 90 km dari Kota Medan dengan jarak tempuh naik mobil sekitar 4,5 jam. Namun begitu, saat ini Pemerintah pusat sedang membangun jalan tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Nantinya jika jalan tol ini sudah beroperasi, dari kota Medan ke Danau Toba hanya membutuhkan waktu 1,5 jam dengan naik mobil. Sementara itu, untuk tiket masuk Danau Toba tergolong murah. Yaitu Rp 10 ribu per orang.

Hotel Dekat Danau Toba

Ketika sudah sampai danau toba, kamu juga bisa menginap di sana. Pasalnya di sekitarannya banyak sekali lokasi wisata lain. Mulai dari air terjun hingga pantai. Udara di sekitaran sini juga sejuk, jadi sangat menyenangkan untuk berlibur. Buat kamu yang belum tahu tempat menginap di Danau Toba, berikut kami beberkan rekomendasi hotelnya:

  • Taman Simalem Resort Rp 1,5 Jutaan
  • Prapat View Hotel Rp 600 ribuan
  • Toba Beach Hotel Rp 500 ribuan
  • Hotel Niagara Rp 700 ribuan
  • Grand Tamaro Hotel Rp 500 ribuan

2. Air Terjun Sipiso-piso

Tempat wisata di Medan

Air Terjun Sipisopiso. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang menarik untuk dikunjungi berikutnya adalah Air Terjun Sipiso-piso. Wisata alam ini lokasinya ada di Desa Tongging, Kabupaten Karo. Letaknya tidak jauh dari salah satu viewpoint ke Danau Toba yang tersebar di sisi danau terluas di Indonesia tersebut. Jadi kalau dari Danau Toba, ada baiknya langsung menuju ke sini saja.

Baca juga  7 Tempat Wisata Hits di Berastagi yang Wajib Disambangi Naik Mobil!

Pasalnya kalau naik mobil dari Medan kamu menuju Kabanjahe sekitar 2 jam, dengan jarak tempuh 75 Km. Kemudian dilanjutkan ke arah utara menuju desa Tongging dengan perjalanan sekitar 30 menit dengan jarak tempuh 24 Km.

Adapun wisatawan bisa parkir mobilnya di Desa Tongging dan dilanjutkan membeli tiket masuk Kawasan Air Terjun Sipiso-piso dengan tarif Rp 2.500 per orang. Sebagai catatan, untuk menuju dasar Air Terjun Sipiso-piso ini dibutuhkan fisik yang prima. Sebab wisatawan akan menuruni ratusan anak tangga.  Sepanjang perjalanan turun, wisatawan akan melewati perbukitan dan dimanjakan dengan pemandangan indah Tanah Karo dan juga bisa menyaksikan keindahan Danau Toba.

Oh ya, buat wisatawan yang kurang fit atau tidak sanggup turun ke dasar bisa melihat pesona Air Terjun Sipiso-piso dari pos pengamatan. Pos ini letaknya tak jauh dari area parkir tempat wisata tersebut.

3. Pantai Parapopo

Tempat wisata di Medan

Pantai Parapopo. Foto: Istimewa

Selanjutnya, tempat wisata di Medan ada Pantai Parapopo yang lokasinya berhadapan langsung dengan Danau Toba. Tepatnya di Kecamatan Silahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara.

Ada baiknya setelah ke Danau Toba, kamu bisa naik mobil ke Pantai Paropo dan menginap di sana dengan cara berkemah. Banyak pula wisatawan lain yang memang camping di sini, karena pemandangannya indah, terlebih sering menawarkan suasana sunset di sore hari. Untuk tiket masuknya dikenakan Rp 15 ribu dan parkir Rp 5 ribu. Namun begitu, jika bermalam maka tarif parkirnya Rp 10 ribu.

Baca juga  6 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Ramah Mobil

Jadi buat kamu yang belum tahu, Pantai Paropo bukanlah pantai yang menghadap ke laut, melainkan ke danau. Meski namanya pantai, tapi ini adalah pesisir danau.

4. Pantai Pandan

Tempat wisata di Medan

Pantai Pandan. Foto: Istimewa

Tempat wisata di Medan dan sekitarnya yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Pandan. Lokasinya berada di Jl. Padang Sidempuran, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Kalau dari Kota Medan, naik mobil butuh waktu sekitar 8 jam, lantaran menempuh jarak 353 Km.

Oleh karenanya, paling tepat mengunjungi Pantai Pandan setelah puas menikmati Danau Toba. Pasalnya dari sana sudah setengah jalan. 

Daya tarik dari Pantai Pandan ini antara lain hamparan pasir putih, ombak tenang, pemandangan sunset yang indah serta flora dan fauna laut seperti terumbu karang. Kemudian di tempat ini juga menyediakan fasilitas penyewaan perahu, toko souvenir, warung dan restoran, serta penyewaan ban renang. Setelah ke sini, kamu jadi tahu kalau Sumatera Utara juga punya pantai indah.

5. Ucok Durian

Tempat wisata di Medan

Kedai Ucok Durian. Foto: Istimewa

Datang ke Medan, kurang lengkap jika belum mengunjungi Ucok Durian. Yup, kedai Durian ini berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim No.68, Babura, Kecamatan Medan Baru.

Kedai Ucok Durin menawarkan berbagai jenis Durian yang berasal dari Medan, Aceh dan wilayah sekitarnya. Menariknya, ada berbagai macam rasa Durian khas masing-masing daerah, ada yang hanya manis saja dan ada pula yang manis pahit.

Tak hanya itu saja, ada pula olahan durian seperti pancake durian, daging durian, durian beku, dan es krim durian. Dibantu oleh 30 orang karyawannya, kedai Durian milik Ucok buka 24 jam.

Moladiners, itulah ulasan mengenai tempat wisata di Medan yang menarik dikunjungi bersama keluarga dan tentunya bisa dijangkau dengan menggunakan mobil pribadi. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika